Pendahuluan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Advertisements

Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
DESIGN INTERFACE.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Bina Sarana Informatika
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
komponen antarmuka pengguna
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Desain Sistem Informasi (Kebutuhan Hardware Dan Software
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interaksi Manusia dan Komputer
Human Computer Interaction (1)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pendahuluan.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PRINSIP DESAIN Prinsip utama mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia & komputer.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Pendahuluan

LATAR BELAKANG IMK Manusia ( user ) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun awam dengan komputer itu sendiri. Manusia biasanya tidak tahu menahu dengan proses yang terjadi dalam sistem komputer. Muncul istilah User Friendly, WYSYWYG ( What You See What You Get ). Komputer mempunyai prinsip : Input  Proses  Output

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer yang interaktif untuk digunakan manusia

TUJUAN DISUSUNNYA INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Utk memudahkan manusia dlm mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sistem komputer Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif, dan efisien

BENTUK KOMUNIKASI MANUSIA DAN KOMPUTER User Interface ( antarmuka pemakai ) : Bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Antarmuka yang berkembang dari berbasis tekstual kemudian menjadi berbasis grafis ( GUI -> Graphical User Interface ) hingga antarmuka yang didukung oleh compiler dan biasa disebut dengan visual programming.

PRINSIP KERJA SISTEM KOMPUTER Input devices Arithmetic/Logical Unit (ALU) Central Processing Unit (CPU) Control Unit Memory Unit Secondary storage e.g. mouse, keyboard e.g. monitor, printer e.g. hard disk, CD, DVD or floppy drives Output devices

PRINSIP KERJA SISTEM KOMPUTER User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka

Sebenarnya antarmuka seperti apa yg diinginkan oleh User ?

TUJUAN USER INTERFACE Fleksibilitas ( keluwesan ) Kemudahan dipelajari Agar sistem komputer yang digunakan user bisa memperhatikan aspek-aspek kemudahan user : Efektifitas Fleksibilitas ( keluwesan ) Kemudahan dipelajari Sikap orang terhadap sistem Hubungan manusia, interface dan komputer adalah : Manusia  Interface  Sistem Komputer

ANTARMUKA MANUSIA & KOMPUTER Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu : - antarmuka yg bagus - mudah dioperasikan - mudah dipelajari - pengguna merasa senang menggunakan software tsb.

JENIS ANTARMUKA KOMPUTER Antarmuka berbasis teks Antarmuka berbasis grafis / GUI (Graphical User Interface) Antarmuka berbasis web Antarmuka berbasis mobile

PIRANTI BANTU PENGEMBANG SISTEM Semakin ramah antarmuka software maka semakin sulit diimplementasikan Kesulitan dlm pengembangan sistem antara lain : - antarmuka harus menangani piranti kontrol spt : keyboard dan mouse - antarmuka hrs mempunyai kinerja yg handal yaitu tdk terjadi keterlambatan antara masukan pengguna dan tanggapan sistem

PIRANTI BANTU PENGEMBANG SISTEM Pemrograman Berorientasi Objek : Visual Basic Delphi Visual C++ Java Visual dBase dll

KEUNTUNGAN PENGGUNAAN PIRANTI BANTU Antarmuka yg dihasilkan menjadi lebih baik - hasil rancangan dlm bentuk prototipe + dpt diimplementasikan Antarmuka mudah dimodifikasi Program aplikasinya mudah ditulis Lebih ekonomis utk dipelihara Pemakaian sumber daya lebih sedikit

Strategi apa yg diperlukan utk pengembangan antarmuka ?

STRATEGI PENGEMBANGAN ANTARMUKA Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sbg pengguna komputer. Berbagai informasi karakteristik dialog spt : - ragam dialog - struktur - isi tekstual dan grafis - tanggapan waktu - kecepatan tampilan

STRATEGI PENGEMBANGAN ANTARMUKA Penggunaan prototipe yg disusun bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem serta piranti bantu yg dpt digunakan Teknik evaluasi utk mengevaluasi prototipe

IMK DIDASARI BEBERAPA DISIPLIN ILMU YANG LAIN Teknik elektronika dan ilmu komputer Desain grafis : visual komputer dan estetika Teknik industri : meningkatkan produktifitas Psikologi : sifat manusia terhadap sistem komputer Ergonomi ( human engineeering ) : ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia. Antropometri : ilmu yang mempelajari ukuran tubuh dan antropologi manusia. Linguistik : ilmu bahasa Sosiologi : otomasi kantor dengan efek banyak terjadi PHK.