Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog (pertemuan 4) Lecture: Linda Norhan, ST. http://karyasaidah.wordpress.com/
Ragam Dialog Interaktif (1) Dialoque style: Cara yg digunakan u/mengorganisasikan berbagai teknik dialog. Secara umum dikelompokkan menjadi 9 kategori: command line, programming language, natural language interface, Menu, form filling, ikon, windowing system, manipulasi, interaksi grafis.
Ragam Dialog Interaktif (2) Sifat Penting Inisiatif (sifat dasar: komputer & pengguna) Keluwesan/Fleksibel (kemampuan system mencapai tujuan lewat sejmlh cara berbeda) Kompleksitas (kompleksitas implementasi semakin bertambah besar) Kekuatan (jlh kerja system u/setiap perintah pengguna) dan Beban informasi (penyajian informasi yg baik)
Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line) (1) Ragam yg paling konvensional , tergantung pd sistem komputer yg dipakai, dan berada dlm suatu domain perintah ( command language). Cth: DOS ( C:\>DIR,C:\DOS>FORMAT A: /S) dan UNIX (vi, ls, who, lpr, passwd).
Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line) (2) Keuntungan Kerugian Cepat, efisien, akurat, ringkas, luwes, inisiatif olh pengguna, appealing. Memerlukan pelatihan yg lama, membutuhkan penggunaan yg teratur, beban ingatan yg tinggi, jelek dlm menangani kesalahan.
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman Memungkinkan pengguna u/mengemas sejumlah perintah ke dlm suatu berkas (batch file) Tidak harus menggunakan salah satu bhs pemrograman baik rendah maupun tinggi (Assembler, pascal, C, Fortran atau basic), tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (natural language) (1). Dalam Fiksi Ilmiah seringkali ada Komunikasi IMK lewat suatu bahasa ucapan yg secara jelas memanfaatkan bahasa alami. Cth: Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0 Diterjemahkan dgn dBASE atau FoxPro >>> DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0
Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (natural language) (2). keuntungan kerugian Tidak memerlukan sintaksis khusus, luwes dan powerful, alamiah, merupakan inisiatif campuran. Mempunyai dualisme, tidak presis, bertele-tele, Opaque, perancangan perangkat lunak yg rumit, tidak efisien.
Sistem Menu (1) Pilihan tepat u/menunjukan kemampuan dan fasilitas yg dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu : daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yg biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.
Sistem Menu (2) Dua jenis Sistem : Sistem Menu Datar dan sistem menu tarik (pulldown) yg berbasis hirarki pilihan (struktur pohon pilihan)
Sistem Menu (3) Sistem menu datar : sistem menu yg menampilkan semua pilihan secara lengkap. Sistem menu tarik (pulldown): sistem menu yg akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu.
Sistem Penjendelaan Secara umum window adalah bagian dari layar yg digunakan untuk menampilkan suatu informasi.
Manipulasi Langsung Kontrol proses Editor teks Simulator Kontrol lalu lintas penerbangan Perancangan bentuk/model
Antar muka berbasis interaksi grafis Program-program yang berkemampuan hypertext (link)