Algoritma & Pemrograman 3

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Advertisements

Java Progamming Operasi I/O
Praktikum Bahasa Pemrograman
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Dasar-Dasar Pemrograman
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Flow Control & Exception Handling
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma & Pemrograman 1
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Dasar pemrograman.
TIPE DATA, VARIABEL, DAN OPERATOR
Mendapatkan input dari keyboard
Input/output dan Kelas File
Pengenalan Pemrograman Java
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
Pengantar Struktur Data Pertemuan 1 Season 1
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
ABAP.
JAVA FUNDAMENTAL.
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Operator Dalam Java, ada beberapa tipe operator. Ada operator aritmatika, operator relasi, operator logika, dan operator kondisi. Operator ini mengikuti.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Aplikasi berbasis teks
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pemprograman Berorientasi Objek
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Dasar pemrograman java
Algoritma & pemrograman 1B
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman berorientasi Objek
JAVA FUNDAMENTAL Dhea Raniasti.
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Dasar Pemrograman Java
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
Pengenalan Program Java
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
S. Indriani Lestariningati, M.T
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN JAVA.
Dasar Bahasa Java.
Interface Umar muhammad JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
PEMROGRAMAN JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Dasar Pemrograman Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Algoritma & Pemrograman 3 Java Technology & Elemen JAVA Sistem Komputer – S1 Universitas Gunadarma

Topik Teknologi JAVA Elemen JAVA - Keyword - Variabel - Tipe Data

TEKNOLOGI JAVA

Java Java SmallTalk TCL Perl Shells C C++ Simple Object Oriented Robust Secure Interpreted Dynamic Portable Neutral Threads Garbage Collection Exceptions Performance High Medium Low Java

Java Technology A Programming Language A Development Environtment An Application Environtment A Deployment Environtment

A Programming Language Sintaks bahasa Pemrograman JAVA mirip dengan bahasa C++

A Development Environtment Teknologi JAVA menyediakan: Kompiler Interpreter Documentation Generator Class File Packaging

An Application Environtment Merupakan Standalone program yang tidak memerlukan web browser untuk mengeksekusi program (Applet).

A Deployment Environtment Terdapat 2 deployment environtment utama: JRE (Java Runtime Environtment) yang menyediakan class-class yang tersimpan dalam package-package, komponen GUI class, dan Collection API. Web Browser : Banyak Web Browser komersial yang menyediakan lingkungan JAVA Technology Interpreter dan Runtime.

Fitur dari JAVA Technology Java Virtual Machine (JVM) Garbage Collection Sekuritas Kode

JVM Menyediakan spesifikasi hardware platform Membaca byte code yang sudah terkompilasi yang mendukung multi-platform Diimplementasikan sebagai software atau hardware Diimplementasikan di JAVA Technology Development Tool atau Web Browser

JVM JVM provides definition for the: Instruction set central processing unit) Register set Class file format Stack Garbage-collected heap Memory Area

Garbage Collection Menangani 3 tugas utama: Melakukan pemanggilan kode Memverifikasi kode Mengeksekusi kode

Operation of the JRE

Example of Code TestGreeting.java Public class TestGreeting{ public static void main (String[]args){ Greeting hello = new Greeting(); hello.greet(); }

Example of Code Greeting.java Public class Greeting{ public void greet(){ System.out.println(“Hi”); }

STRUKTUR PROGRAM JAVA

Struktur Program JAVA Blok Program Tanda brace (kurung kurawal) di dalam program yang membentuk sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.

Struktur Program JAVA Example: public class contoh { //awal blok class } // akhir dari blok class

Struktur Program JAVA Modifier JAVA menggunakan beberapa kata khusus tertentu yang disebut modifiers yang berfungsi untuk menetapkan property dari data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya.

Struktur Program JAVA Macam Modifier ada 3: Public Bisa di akses oleh Class b. Protected Bisa diakses tetapi hanya untuk Class anak c. Private Tidak bisa diakses

Struktur Program JAVA Class Struktur program yang paling mendasar. Untuk melakukan pemrograman dengan menggunakan bahasa Java user harus mengerti dasar pemrograman berorientasi atau berbasis objek.

Struktur Program JAVA Example of Class: public class A{ //statement } private class B{

Struktur Program JAVA Method/Fungsi Sebuah class harus memiliki setidaknya sebuah method. Class utama dalam program Java harus memiliki method utama. Jadi method harus ada di dalam class dan tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.

Struktur Program JAVA Format Penulisan: modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){ } Example of Method: public void A(){

Struktur Program JAVA Main Method Tiap kelas harus memiliki Method, dan class utama dalam program juga harus memiliki Method Utama yang disebut juga main method. Main Method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan tugasnya.

Struktur Program JAVA Example of Main Method public static void main(String[]args){ System.out.println(“Selamat Datang”); }

Compile Program JAVA JAVAC nama_file.java Example: javac contoh.java JAVA nama_file java contoh

KEYWORDS, VARIABEL, TIPE DATA

Keyword Pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh JAVA untuk didefinisikan sebelumnya oleh JAVA untuk tujuan tertentu. User tidak dapat menggunakan keyword sebagai nama variabel, class, method, dsb. Berikut ini adalah daftar dari kata kunci dalam JAVA (JAVA Keywords).

Keyword

Variabel Aturan dasar dalam deklarasi variabel: Setiap variabel harus diawali dengan abjad.huruf Karakter kedua boleh huruf, angka, atau symbol Tidak memakai tanda baca (? ! + - &, dsb) Tidak boleh ada spasi di dalamnya. Bisa dipisah dengan menggunakan underscore “_” Bukan Keywords Sebaiknya nama variabel cukup deskriptif, menyatakan arti dan tujuannya.

Variabel Deklarasi variabel: <tipe> <nama variabel> ; Example : int a; int b; string ab; string uji_coba;

Tipe Data Tipe dapa pada Java dapat dibedakan atas 2 kategori, yaitu : Tipe Data Primitif

Tipe Data Type Default Range boolean False - char \u0000 \u0000 to \uFFFF byte -128 s/d 127 short -32768 s/d 32767 int -2147483648 s/d 2147483647 long -9223372036854775808 s/d 9223372036854775808 float 0.0 1.4E-45 s/d 3.4028235E+38 double 4.9E-324 s/d 1.7976931348623157E+308

Tipe Data b. Tipe Data Kompleks - String: untuk menyatakan tipe deretan karakter, misalnya nama, alamat, dsb. Contoh: String pesan = “Halo”; - Array : int [] x = new int [5];

Tipe Data Karakter Khusus \n : pindah ke baris baru \t : pindah ke tabulasi ke kanan \b : backspace \r : return \f : halaman baru

Tipe Data Konstanta Pendefinisian konstanta melalui kata kunci final Example : final double PI = 3.14

Tipe Data Perubahan Tipe Data Java menyediakan beberapa fungsi/metode untuk keperluan karakter, antara lain: isDigit() : memeriksa apakah karakter tersebut adalah digit angka isJavaLetter() : memeriksa apakah karakter ini adalah Unicode isLowerCase() : memeriksa apakah karakter ini adalah huruf kecil toLowerCase() : mengubah karakter ke huruf kecil toUpperCase() : mengubah karakter ke huruf besar

Tipe Data Dari Tipe Ke Tipe byte short, char, int, long, float, double Berikut ini tipe data yang diperbolehkan Dari Tipe Ke Tipe byte short, char, int, long, float, double short int, long, float, double char int long, float, double, char long float, double float double

Tipe Data Menampilkan Data Variabel Untuk mengeluarkan nilai dari variabel yang diinginkan, kita dapat menggunakan perintah sebagai berikut: System.out.print(); System.out.println(); Apa yang memberdakan diantara perintah tersebut?

Tipe Data System.out.print(); Tidak menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan System.out.println(); Menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan.

Tipe Data Perhatikan pernyataan berikut: System.out.print(“Hello “); System.out.print(‘World!”); Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar: Hello World!

Tipe Data Perhatikan pernyataan berikut: System.out.println(“Hello “); System.out.println(‘World!”); Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar: Hello World!

Operator dan Ekspresi Operator Aritmatika + Penjumlahan 5+4 - Pengurangan 5-4 * Perkalian a*b / Pembagian a/b % Sisa pembagian 5%4

Operator dan Ekspresi Operator Penugasan X=y=z=0; Variabel x,y,z bernilai 0 X += y; X = x + y; X -= y; X = x – y; X *= y; X = x * y; X /= y; X = x / y; X %= y; X = x % y;

Operator dan Ekspresi Operator Increment dan Decrement

Operator dan Ekspresi Lazimnya jika dalam bahasa pemrograman Pascal atau Delphi: a := a + 1; Namun dalam Java lazimnya ditulis dengan: a++; // walaupun a = a+1; Example: a++ int i = 5; int a = 4; int k = 0; k = a++ + i; //akan menghasilkan k = 5 + 4 = 9

Operator dan Ekspresi 2. ++a int i = 5; int a = 4; int k = 0; k = ++a + i; //akan menghasilkan k = 5 + 5 = 10 3. a-- ?? 4. --a?

Operator dan Ekspresi Operator Relasi

Operator dan Ekspresi Operator Logika Operator ini memiliki satu atau lebih operand Boolean yang menghasilkan nilai Boolean. Ada enam operator logika yaitu: && (Logika AND) & (Boolean Logika AND) || (Logika OR) | (Boolean Logika Inclusive OR) ^ (Boolean Logika Exclusive OR) ! (Logika NOT)

Operator dan Ekspresi Operator Simbol AND && dan & OR || dan | XOR ^ NOT !

Operator dan Ekspresi Perbedaan dasar antara operator && dan & adalah bahwa && mendukung short-circuit evaluations (atau evaluasi perbagian), sementara operator & tidak. && akan mengevaluasi pernyataan exp1, dan segera mengembalikan nilai false dan menyatakan bahwa exp1 bernilai false. Jika exp1 bernilai false, operator & tidak akan pernah mengevaluasi exp2 karena hasil operasi operator akan menjadi false tanpa memperhatikan nilai dari exp2.

Operator dan Ekspresi Sebaliknya, operator & selalu mengevaluasi kedua nilai dari exp1 dan exp2 sebelum mengembalikan suatu nilai jawaban. Demikian pula dengan operator || dan |.

Operator dan Ekspresi

Operator dan Ekspresi Operator Kondisi (?:) Operator kondisi ?: adalah operator ternary. Hal ini berarti bahwa operator ini digunakan dalam tiga bentuk pernyataan kondisional argumen yang digunakan bersama-sama. Struktur pernyataan yang menggunakan operator kondisi adalah, exp1?exp2:exp3 Dimana nilai exp1 adalah suatu pernyataan boolean yang memiliki hasil yang salah satunya harus berupa nilai true atau false. Jika exp1 bernilai true, exp2 merupakan hasil operasi . Jika bernilai false, kemudian exp3 merupakan hasil operasinya.

Operator dan Ekspresi

Input Dari Keyboard JAVA menyediakan dua peralatan standard untuk melakukan operasi input-output, yaitu: System.in (keyboard) sebagai peralatan input System.out (monitor) sebagai peralatan output

Input Dari Keyboard JAVA menyaratkan operasi input-output berada diantara instruksi exception try{ } catch { }, untuk memastikan reliabilitas dari program, sehingga ketika ada hambatan dari peralatan input- output maka program tidak berhenti di tengah jalan menunggu perbaikan peralatan tetapi akan melewati input-output yang bermasalah dengan sebuah kesalahan tertentu yang dinyatakan dalam eksepsi. Jadi, kode dalam try{ } akan mencoba peralatan input-output, bila ada masalah maka eksepsi yang ditulis pada catch { } akan dilaksanakan.ditayangkan

Input Dari Keyboard Cara input dari keyboard yang dibahas terdiri dari 2 (dua) yaitu Tanpa menggunakan libraries (dikhususkan pada pembacaan karakter) Menggunakan libraries Input mode console menggunakan paket java.io Input mode visual (GUI) menggunakan paket javax.swing

Input Dari Keyboard Tanpa menggunakan libraries (pembacaan karakter) Cth pembacaan dengan satu karakter : class bacaHuruf { public static void main(String[] args) { char input = (char) -1; try { input = (char) System.in.read(); } catch (Exception e) { System.out.println(“error “ + e);) }}

Input Dari Keyboard Menggunakan libraries (1) Input mode console Mengunakan paket java.io dengan menambahkan import java.io.* sebelum public class utama. Cth class yang dipakai dalam membaca input string new DataInputStream(..) new BufferedReader(new InputStreamReader(..) dll

Input Dari Keyboard Input mode visual Menggunakan libraries (2) Input mode visual Terdapat 2 mode visual yang digunakan yaitu GUI klasik (menggunakan import.java.awt.* dan applet)  awt (abstract window toolkit) GUI modern (menggunakan import.javax.swing.*)

Input Dari Keyboard Konversi Input Input yang masuk melalui keyboard akan selalu dibaca tipe data karakter (char) atau kalimat (string). Untuk mengkonversinya diperlukan kode-kode tertentu yaitu:

Input Dari Keyboard String ke int Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka int angka = 0; string a = “ ”; angka = Integer.parseInt(a); ii. int angka = 0; angka = Integer.valueOf(a).intValue();

Input Dari Keyboard String ke float Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka float angka ; string a = “ ”; angka = Float.parseFloat(a); ii. float angka ; angka = Float.valueOf(a).floatValue();

Input Dari Keyboard String ke double Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka double angka ; string a = “ ”; angka = Double.parseDouble(a); ii. double angka ; angka = Double.valueOf(a).doubleValue();

Input Dari Keyboard Java menyediakan dukungan terhadap proses I/O dengan menghadirkan paket java.io.* Proses I/O dilakukan melalui stream Input Stream digunakan untuk membaca data dan output stream untuk menulis data Kemampuan untuk memproses output dalam JAVA dalam bentuk byte atau bytestream diwakili oleh Class abstrak OutputStream, sedangkan input diwakili class InputStream

Input Dari Keyboard Apabila memproses data karakter atau disebut character stream seperti string atau bilangan maka JAVA menyediakan class abstrak Reader dan Writer. BufferedInputStream dan BufferedOutputStream menyediakan fungsi buffer dalam proses input dan output untuk mempercepat dan mengefesienkan proses. Kedua class ini biasanya digunakan secara bersamaan dengan implementasi class output dan input stream lain.

Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Ketikkan sebuah karakter: “); char a; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); a = (char) br.read(); System.out.println(“Karakter yang diketikkan adalah \” + a + “\”); }}

Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio2 { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Type your name: “); String name; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); name = br.readLine(); System.out.println(name + “, you just learn how to input data by keayboard in Java”); }}

Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio3 { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Type a number: “); String temp; int bilangan = 0; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); temp = br.readLine(); // input data dianggap sebagai string try {

Input Dari Keyboard //konversi tipe data ke integer bilangan = Integer.parseInt(temp); } Catch (NumberFormatException nfe){ System.out.println(“Data yang diketikkan “+”bukan bilangan bulat”); System.exit(1); } System.out.println(“Bilangan yang diketikkan adalah bilangan “ + bilangan); }}

End Of File Terima Kasih