Pemikiran Nietzche (kehendak buta)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
Advertisements

PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Model-Model Kebijakan
Disajikan Oleh: RUSMAN ISKANDAR NIM :
Awal mula munculnya berbagai aliran-aliran dalam Islam sebenarnya adalah ketika Umat Islam kehilangan sosok fundamental seperti Nabi Muhammad Saw. Ketika.
SEMIOTIKA MENURUT CHARLES SANDERS PEIRCE
Tindakan Sosial  Seluruh perilaku manusia yang dilakukan dengan sadar ataupun tidak sadar untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak semua perilaku dapat.
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
FILSAFAT PENDIDIKAN ALIRAN REALISME
Filsafat Manusia Dea Novitasari
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Topik 3 PANDANGAN KEFILSAFATAN
METODE ILMIAH DEWI HASTUTI, S.Pt., M.P.
TEORI PENDIDIKAN Adriy.weebly.com.
Nia Septiannie Anugrah, S.Psi
Pancasila Sebagai SistemFalsafah Bangsa
Pandangan Agama Terhadap Politik
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
MEKANISME PERUBAHAN SOSIAL
Metode Ilmiah Lenny Widjayanthi.
AJARAN FILSAFAT SCHOPENHAUER
Teori – Teori Sosial Pip, Jones (2009).
Oleh Abuhasan Asy’ari IPDN, 2017
Pemrosesan Informasi Dwi Indah Utami Ningsih, SE., MM - universitas gunadarma 2017.
Pemikiran “friedrich nietzsche”
Friedrich Wilhelm Nietzsche ( )
Kelompok 5 : Bernandhika Kusuma Putri (08) Dhiana Indah Lestari (13)
Arthur Schopenhauer Ajaran Kefilsafatan Sufi Quraeni
Muhammmad Noor Hidayat
ETIKA PROFESI ISLAM DALAM PANDANGAN FILSAFAT
Disusun oleh : TJOA CAI IN ( )
Realitas & “Kesadaran” Semiotika
Arthur Schopenhauer “Kehendak”.
Manusia dan Kehendak.
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
KONSIDERANSI ( HAKIKAT MANUSIA )
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
FILSAFAT MANUSIA NUR MUFIDAH
TUJUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI
PENGERTIAN DAN HAKIKAT IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN
FILSAFAT MANUSIA KEHENDAK BUTA.
AJARAN FILSAFAT SCHOPENHAUER
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Filsafat Manusia Oktaviana –
TUGAS ONLINE 2 FILSAFAT MANUSIA
Pancasila Sebagai Etika Politik
KEHENDAK BERKUASA FRIEDRICH WILHELM NITZSCE
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
Paradigma & Teori..?? Paradigma dalam disiplin intelektual adalah cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam.
Religious Study ETIKA BISNIS.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Kelompok 9 : Miftahul Jannah Siti Rechal Muhammad Khairunnas
MANUSIA DAN KEHENDAK UNTUK BERKUASA
AKASIOLOGI Rahma Apriani Wakano
Pemikiran Nietzsche.
CARA BERPIKIR FILSAFAT
ALIRAN-ALIRAN POKOK PENDIDIKAN Jl. Raya Dukuhwaluh Purwokerto 53182
Strategi dan Metode Pemberdayaan Masyarakat
Pemikiran filsafat ARTHUR SCHOPENHAUER
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
MANUSIA KOMUNIKAN.
OLEH: KELOMPOK 1 LAILA FITRIYAH LH AHMAD ZWAGERI METODOLOGI PENELITIAN NON-POSITIVISME.
Komunikasi Intrapersonal 1
Kira-kira yang manakah tipe anda ?
FILSAFAT MANUSIA PENGANTAR.
KEDUDUKAN FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Filsafat Filsafat: upaya untuk mempelajari dan mengungkapkan pengembaraan manusia di dunia 1.
Transcript presentasi:

Pemikiran Nietzche (kehendak buta) Ahmad Faisal Muhammad Anugrah Alfaritsy

Konsep Dasar Pemikiran Nietzche Penerimaan total pada kontradiksi hidup Proses transendensi insting-insting alamiah manusia Cara memandang realitas yang menyeluruh

Kehendak berkuasa Sebagai abstraksi dari realitas Sebagai aspek terdalam sekaligus tertinggi dari realitas (the nature of reality) Sebagai realitas itu sendiri apa adanya (reality as such)

Kehendak berkuasa Konsep kehendak berkuasa lahir ketika membahas pemikiran Arthur Schopenhauer yang melihat dunia sebagai Kehendak buta Bersikap pesimis Melarikan diri darinya

Kehendak berkuasa Nitzsche memandang dunia berbeda dengan Arthur Schopenhauer : Sebagai kehendak berkuasa Bersikap optimis Merayakan kehidupan beserta kerumitannya

Dunia sebagai Kehendak berkuasa Kehendak berkuasa adalah dorongan yang mempengaruhi sekaligus membentuk apapun yang ada dan sekaligus hasil dari realitas itu sendiri Semua terjadi tanpa ada sosok yang disebut sebagai pencipta. Dunia adalah sesuatu yang hampa dan tak memiliki pencipta tapi hadir dengan kekuatannya sendiri

Dunia sebagai Kehendak berkuasa Manusia menciptakan dan menata dunia karena adanya kehendak berkuasa Dunia menjadi bermakna karena manusia mampu menafsir dan memberi makna dengan subyektivitasnya

Dunia sebagai Kehendak berkuasa Dunia dan kehidupan tidak memiliki awal, tidak memiliki kebenaran dan selalu terbuka untuk ditafsirkan dan diberi makna Manusia adalah bagian dari dunia yang dimotori oleh kehendak berkuasa

Dunia sebagai Kehendak berkuasa Manusia tidak dipandang sebagai makhluk rasional tapi makhluk yang hidup dengan sensasi yang diterima dari dunia Sensasi-sensasi ini yang mendorong manusia untuk menciptakan dunia

Dunia sebagai Kehendak berkuasa Manusia adalah cerminan kehendak untuk berkuasa yang mendorongnya untuk menciptakan dunia Hakekat dunia dan manusia dapat dilihat dari efek yang ditimbulkan berupa penciptaan