PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengolahan Citra Digital
Advertisements

GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Interaksi Manusia dan Komputer
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Interaksi Manusia dan Komputer
Teknologi Informasi Multimedia
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Visualisasi INFORMASI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Pengenalan Grafika Komputer
Bina Sarana Informatika
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Perancangan antarmuka (design interface)
Pengantar Komputer Grafik
PENGANTAR PENGOLAHAN CITRA
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan 1 Introduction
Interface Metaphors dan Model Konseptual
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengenalan Sistem Operasi
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pendahuluan.
3D Mixed Reality berbasis Analisis Kedalaman Objek Nyata 3D
Kelompok 11 Amrullah Nur Lathif Hadi Miftahul Huda Dian Astri Narita
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
DIALOG.
Pengantar Grafika Komputer
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Grafika Komputer - Pengantar
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 24 maret 2009
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pengantar Pengolahan Citra
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Tujuan instruksional umum:
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
RAGAM DIALOG.
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Titus Pambudi
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Pendahuluan.
Interaksi.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
INTERAKSI.
Transcript presentasi:

PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA Part 3

PENGERTIAN GRAFIKA KOMPUTER Grafika Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Grafika komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism). Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/ picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.

CONTOH PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG 1. Video Game Video games merupakan permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Video games yang beredar di pasaran ada yang 2D dan ada yang 3D. Dengan adanya kemajuan yang pesat dibidang grafik computer, video games saat ini kebanyak adalah 3D dan detail gambar yang dihasilkan sangat halus dan mirip dengan objek asli.

2. Dalam bidang antarmuka grafis (Graphical User Interface/GUI) Grafika komputer seolah-olah menyediakan suatu bahasa antarmuka pemakai (user interface) yang baru. Hal itu dikarenakan dialog antara pemakai dan komputer tidak lagi hanya dilakukan melalui suatu perintah yang harus diketikkan, tetapi pemakai juga bisa memilih suatu simbol atau icon yang tersedia untuk mengerjakan aktivitas yang diinginkan. Pemilihan icon bisa dilakukan menggunakan piranti pembantu seperti mouse, lighpen dan lainnya. 3. Virtual Reality Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.

PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik dan sesuai dengan keinginan pemakai. Pengolahan citra bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Manfaat Grafika Komputer dalam penerapan pengolahan citra dalam berbagai bidang : Identifikasi Objek Bidang Kesehatan Teknologi Pengamanan Mikroskop Eletron