Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Analisis & Perancangan Sistem
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Object Oriented Analysis and Design
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Pertemuan 1 Konsep Dasar OOAD
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sejarah C – Martin Richard -> Bahasa Pemrograman BCPL 1970 – Ken Thomson (Bell Lab) -> Bahasa B yang membuat Unix.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
UML (Unified Modelling Language)
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle (SDLC)
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
System Development Part 1
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
SDLC (System Development Life Cycle)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Oleh : Sri Herawati, S.Kom, M.Kom
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Teaching Plan Rearrangement Software engineering week 8-14 Kelompok A dan A kelompok A
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Andika Elok Amalia, ST., MT.
Pemrograman Berorientasi Objek
INF – UNIJOYO Analisa dan Desain Berbasis Objek
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Transcript presentasi:

Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO) Pertemuan 1 Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO) Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom syukriya_alasyik@yahoo.com 08563110766 - 03181104897

Tujuan ADBO Memperkenalkan proses pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Berorientasi Obyek. Memberikan pengetahuan proses analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek Memberikan penguasaan penerapan analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek pada beberapa contoh kasus

Referensi Alan Dennis; System Analysis And Design With UML Version 2.0; John Willey; 2005 Rational; Rational University – Professional Education and Product Training; 2002 David William Brown; An Introduction to Object-Oriented Analysis; Northern Alberta Institute of Technology; 2002. Grady Booch; The Unified Modeling Language User Guide; Addison Wesley; 1999 Terry Quatrani; Visual Modeling With rational Rose 2002 And UML; Addison Wesley; 2003

Software UML Tool : Bahasa Pemrograman : Rational Rose Java .NET ≠ ASP,PHP dan Script yang lain

Evaluasi TUGAS : 50 % UTS : 20 % UAS : 30 % Presentasi Resume Paper Dokumen Analisa Berorientasi Object 1 Dokumen Analisa Berorientasi Object 2 Dokumen Desain Berorientasi Object Penilaian : Individu & Kelompok UTS : 20 % Tes Tulis Penilaian : Individu UAS : 30 % Demo Implementasi Hasil Analisa & Desain

Aturan Lain Kehadiran kurang dari aturan yang telah ditentukan → sanksi berdasarkan peraturan yang ada Pelanggaran/Kecurangan → sanksi berdasarkan peraturan yang ada Keterlambatan Pengumpulan Tugas Mengurangi Nilai Keterlambatan datang 20 menit setalah itu tidak boleh masuk

Topik pertemuan 1 SDLC Metodologi Analisa dan Desain OOAD Kelebihan OOAD

Software Development Life Cycle Planning Analysis Design Implementation System

Fase Pengembangan Software Analisa Permasalahan,benchmarking, reengineering Interview, Kueisoner Use cases, Use case model CRC Card, Class diagram Sequence diagram, collaboration diagram, state diagram Analysis Mengumpulkan Informasi Pemodelan Use case Pemodelan Structural Pemodelan Perilaku System request Kelayakan teknis, ekonomis, resiko Tentukan task dan waktunya Rencana penugasan dan chart project Perbaiki perkiraan/penilaian, track task, koordinasi, atur scope, minimalkan resiko Mengenali nilai bisnis Analisa kelayakan Rencana kerja Penugasan Kontrol dan penunjukan Planning Teknik Langkah-langkah Fase

Fase Pengembangan Software Pemrograman, pengujian Direct conversion, parallel conversion, phased conversion Support strategy, Post-Implementation, Review Konstruksi Instalasi Support Implementation Custom development, package development, outsourcing Desain Hardware, desain jaringan Chart Struktur Interface, desain input , desain output Pemilihan format penyimpanan data, optimasi data storage Chart Struktur Program, Spesifikasi program Desain System Desain Arsitektur Jaringan Desain Interface Desain File dan Database Desain Object Design Teknik Langkah-langkah Fase

Metodologi Analisa dan Desain Terstruktur Analisa dan Desain Berorientasi Object Fusion AD Foundation

OOAD Analisa : Desain : OOAD : What Memahami permasalahan bisnis, tidak tergantung pada solusi teknologi. Lebih menekankan pada apa yang menjadi permasalahan Desain : How Memahami dan mendefinisikan solusi software yang merepresentasikan hasil analisa dan akan diimplementasikan dalam bentuk code Tergantung pada solusi teknologi OOAD : Pengembangan Software yang menggunakan pendekatan object/menekankan solusi yang berdasarkan object-object Memahami Permasalahan dan solusi logic dari sudut pandang object(benda, konsep, entitas)

Kenapa OOAD Karena : Memudahkan pemanfaatan ulang code dan arsitektur Lebih mencerminkan dunia nyata (lebih tepat dalam menggambarkan entitas perusahaan, dekomposisi berdasarkan pembagian yang natural, lebih mudah untuk dipahami dan dirawat) Kestabilan (perubahan kecil dalam requirement tidak berarti perubahan yang signifikan dalam system yang sedang dikembangkan) Lebih mudah disesuaikan dengan perubahan

NEXT Syllabus Perumusan Studi Kasus