3D Elisabeth, S.kom.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bentuk Koordinat Koordinat Kartesius, Koordinat Polar, Koordinat Tabung, Koordinat Bola Desember 2011.
Advertisements

Materi Kuliah Kalkulus II
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Hidden Surface Removal (HSR)
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
Standar Kompetensi Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah Kompetensi Dasar Menformulasikan hubungan.
Bab 5 TRANSFORMASI.
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
Menggambar perspektif
BAB III. STATIKA BENDA TEGAR DALAM DUA DIMENSI
Geometry Analitik Kelompok 4 Ning masitah ( )
BAB II KURVA LINEAR DAN APLIKASI DALAM EKONOMI
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
BAB V (lanjutan) VEKTOR.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Koordinat Kartesius, Koordinat Bola, dan Koordinat Tabung
BISMILLAHIRRAHMANIRROHIM
TOOLS UNTUK MENGGAMBAR 3D: POLYGON MESH & POLYHEDRA
Andi Firmansyah TKR 1. PENGERTIAN MOMEN GAYA  Besar dan arah efek gaya yang bekerja pda suatu benda  tergantung  pada  letak garis kerja gaya  yang.
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
Konstruksi Geometris.
Bangun ruang By : Sablis Salam.
PERTEMUAN I ILMU UKUR TANAH II Survei dan Pemetaan
VEKTOR VEKTOR PADA BIDANG.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
Salmah Jurusan Matematika FMIPA Universitas Gadjah Mada
Transformasi Geometri Sederhana
Hidden Surface Removal (HSR)
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
SUDUT.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Fisika Dasar (Fr-302) Topik hari ini (Pertemuan ke 3)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA
PERPUTARAN ( ROTASI ) Selanjutnya P disebut pusat rotasi dan  disebut sudut rotasi.  > 0 jika arah putar berlawanan arah putaran jarum jam.
Animasi 3D dengan Blender
Sistem koordinat Kartesius
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
APERSEPSI Benda-benda di alam wujudnya 3 dimensi, sedangkan kita menggambar pada bidang kertas 2 dimensi. Bagaimana agar benda.
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
Teknologi Dan Rekayasa
SISTEM KOORDINAT SILINDER
Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Fisika Kelas / Semester : X MIA / Ganjil Materi Pembelajaran : Vektor Alokasi Waktu : 1 x 120 menit.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
ASSALAMU’ALAIKUM. WR.WB
Geometri Analitik Datar
LATIHAN04-1 Soal 1 : Diberikan D = dalam koordinat bola .
KESETIMBAGAN Pertemuan 10.
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
Firda ( ) Yuliana Dwi Wijayanti ( )
Kesetimbangan benda tegar Elastisitas dan Patahan
SUSY FEBRIYA DAN LINDA PURNAMASARI
Bidang Kartesius Kelas 9 Semester 2.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Menggambar perspektif
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
Sifat & Unsur Bangun Datar
GERAK PADA BIDANG DATAR
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
TRANSFORMASI GEOMETRI. Apa aja sih benda yang berotasi di sekeliling kita.
PENUNJUKKAN UKURAN.
Menguraikan gaya F1 F F2.
Konstruksi Geometris. Untuk menggambar bentuk-bentuk geometri diperlukan ketrampilan dasar menggambar dengan menggunakan penggaris, jangka, segitiga,
Transcript presentasi:

3D Elisabeth, S.kom

Konsep Dasar 3 Dimensi Yang membedakan 2 dimensi dan 3 dimensi adalah kedalaman. Kedalaman didefinisikan sebagai jarak antara viewer terhadap benda yang dia lihat. 2 dimensi yang hanya menggunakan 2 ukuran, yaitu panjang dan lebar, maka 3 dimensi menggunakan 3 ukuran, yaitu panjang, lebar dan kedalaman. Secara geometri ketiga ukuran tersebut disimbolkan dengan sumbu x, y, dan z.

Sistem koordinat kartesian 3 dimensi sistem koordinat kartesian digunakan untuk membedakan lokasi atau posisi sembarang titik atau objek dengan titik atau objek yang lain. Sistem koordinat kartesian : 2 dimensi dan 3 dimensi. Dalam sistem koordinat 3 dimensi terdapat satu sumbu lain yaitu sumbu z yang arahnya tegak lurus terhadap sumbu x dan sumbu y. sumbu z menyebabkan sistem koordinat ini menjadi lebih hidup karena efek jauh dekat menjadi terlihat. Sistem koordinat kartesian 3 dimensi

Benda Tiga Dimensi Benda tiga dimensi disusun dari sekumpulan surface. Gambar di bawah memberikan contoh bagaimana surface digunakan untuk menyusun benda tiga dimensi.

Surface dapat dibuat dari rangkaian Polygon. Polygon adalah bentuk yang disusun dari serangkaian garis yang terhubung satu dengan yang lain dan berbentuk kurva tertutup sehingga membentuk sebuah objek gambar. Titik sudut dari Polygon disebut vertex sedangkan garis penyusun Polygon disebut edge.

Polygon digambar dengan menggambar masing-masing edge dengan setiap edge merupakan pasangan dari vertexi – vertexi+1 kecuali untuk edge terakhir merupakan pasangan dari vertexn – vertex1. Bentuk polygon yang paling tepat digunakan untuk membuat permukaan benda tiga dimensii adalah polygon segitiga (triangle). Hal ini disebabkan polygon segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar) sementara polygon dengan vertex lebih dari 3 dapat berada dalam kondisi non-planar karena salah satu vertex tidak berada di lokasi yang sejajar. Satu hal yang harus diperhatikan pada saat menggunakan polygon segitiga adalah winding. Winding adalah urutan dan arah vertex-vertex penyusun polygon. Winding menganggap bahwa arah vertex berlawanan jarum jam sebagai tampak depan sedangkan arah vertex searah jarum jam dianggap sebagai bagian belakang benda.

A) polygon menggunakan winding berlawanan jarum jam karena didefinisikan sebagai urutan vertex v3-v4-v5 B) polygon menggunakan winding searah jarum jam karena urutan vertex yang digunakan v3-v5-v4. (a) berlawanan jarum jam; (b) searah jarum jam

Struktur Data Benda 3 Dimensi Sebuah benda tiga dimensi dapat disusun dengan menghubungkan sejumlah vertex. Kumpulan vertex yang saling terhubung tersebut disebut sebagai wireframe atau kerangka Benda yang disusun dari kumpulan titik dan permukaan tersebut disebut sebagai mesh.

Tabel 2 Menyatakan urutan vertex yang menyusun sebuah permukaan Tabel 2 Menyatakan urutan vertex yang menyusun sebuah permukaan. Untuk setiap permukaan didefinisikan sebagai polygon segitiga (triangle), sebagai contoh permukaan kubus bagian depan didefinisikan melalui dua buah segitiga, yaitu F1.a dan F1.b yang masing-masing disusun dari vertex 0, vertex 1, dan vertex 2, serta vertex 0, vertek 2 dan vertex 3.