ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI Siti Aminah, 17101154 for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRAKSI Siti Aminah, 17101154 ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI (3D) DENGAN MENGGUNAKAN TURBO PASCAL 7.0 Tugas akhir : Fakultas Ilmu Komputer, 2004 Kata kunci : Animasi, Transformasi, matriks, pascal. (x + 107+ lampiran) Animasi tiga dimensi (3D) merupakan suatu bentuk Visualisasi obyek atau benda tiga dimensi pada komputer. Ketika manusia berinteraksi dengan komputer, ia memperoleh informasi yang di tampilkan oleh komputer dalam hal ini bidang dua dimensi (2D) dapat memberikan informasi dalam bentuk tiga dimensi (3D) Dalam penulisan ini, penulis mencoba untuk menganalisis secara teoritis dan praktis bagaimana cara menampilkan obyek tiga dimensi (3D) pada bidang dua dimensi (2D) dengan menggunakan transformasi pada matriks Dalam pembuktian disini, penulis pertama-... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Visualisasi informasi dengan menggunakan grafik tiga dimensi (3D) telah menjadi bidang kajian tersendiri dalam ilmu komputer. Sudah banyak aplikasi komputer yang di buat untuk tujuan itu di berbagai bidang, mulai dari yang di pakai untuk rekayasa keperluan bisnis pun perlu menggunakan grafik 3D demi kemudahan pengguna mambaca informasi yang di tampi... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 4 BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Sistem Koordinat Sistem koordinat yang menyatakan posisi benda di alam disebut sistem koordinat semesta dan sistem koordinat yang menyatakan posisi titik di layar monitor disebut sistem koordinat layar. Koordinat suatu titik pada sistem koordinat semesta dinyatakan oleh 3 variabel, yaitu x, ys dan z Pada sistem s s. koordinat layar, suatu titik hanya dinyatakan oleh 2... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 22 BAB III ANALISIS DAN IMPLEMENTASI 3.1. Analisis Proses Penggambaran Tiga Dimensi Ada persamaan dan perbedaan menggambar di layar monitor dan menggambar di atas sehelai kertas. Persamaan ini akan terasa bila menggambar di atas kertas grafik atau kertas milimeter. Baik kertas maupun layar monitor sama – sama di bagi menjadi kotak-kotak kecil. Namun pada kertas grafik ukuran kotakkotaknya sudah... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 BAB IV PENUTUP 4.1. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan implementasi yang telah dilakukan sebelumnya penulis berkesimpulan bahwa : 1. Secara teori maupun praktis telah terbukti bahwa dengan operasi matrik transformasi, obyek dan animasi tiga dimensi dapat tercipta. 2. Animasi grafik obyek tiga dimensi dapat divisualisasikan pada bidang dua dimensi dalam hal ini adalah monitor. 3. Transformas... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id