BAB XI EXCEPTION HANDLING.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Java Fundamentals: 5. Java Advanced
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Pemrograman Berorientasi Objek
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Pertemuan 12 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..
- PERTEMUAN 4- EXCEPTION
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman berbasis obyek
Algoritma & Pemrograman 1
Penanganan Eksepsi.
Mendapatkan input dari keyboard
Exception Handling (Penanganan Error)
Penanganan Eksepsi Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Teori Pertemuan 9 “Exception”
Inner Class dan Eksepsi (Exception)
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Konsep Dasar Exception Handling
Penanganan Eksepsi Pertemuan Ke- 9.
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
MODIFIER JAVA.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Exception dan Assertion
Mendapatkan input dari keyboard
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Method.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
OPERASI FILE & EXCEPTION HANDLING
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Exception Handling (Penanganan Error)
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Dasar Bahasa Java.
INPUT DATA DI JAVA.
Exception Sussi.
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berorientasi Obyek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Object
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 4
Transcript presentasi:

BAB XI EXCEPTION HANDLING

Apa itu Exception? Exception adalah suatu kejadian dimana terjadinya sebuah kesalahan. Yang dimaksud kesalahan disini adalah kesalahan yang bukan berupa kesalahan sintax, tetapi kesalahan logika, kesalahan penginputan data, dan kesalahan-kesalahan yang tidak terprediksi sebelumnya. Dan semua program aplikasi yang baik pasti mengimplementasikan konsep Exception ini. Java menyediakan library yang lengkap untuk penanganan kesalahan ini. Kita bisa langsung mengimport library java, ataupun kita membuat class Exception itu sendiri.

Exception Yang Mungkin Terjadi Berikut adalah contoh kesalahan yang mungkin terjadi : Error pembagian 0 Mengakses elemen di luar jangkauan sebuah array Input yang sifatnya invalid Hard disk crash Membuka file yang tidak ada Menyelesaikan masalah tumpukan memori.

Contoh Exception public class PembagianNol{ public static void main(String[] args){ System.out.println("10/0= "+10/0); } Jika program ini dicompile, maka tidak terjadi error. Tetapi jika program ini di running, maka akan mengakibatkan kesalahan berupa Kesalahan Aritmetik. Exception in thread "main" java.lang.ArithmeticException: / by zero at PembagianNol.main(PembagianNol.java:3)

Sintax untuk Exception Handling try { <Sintax yang coba dijalankan> } catch (<ExceptionType1> <ObjName>) { <aksi Eksepsi Tipe 1> } ... } catch (<ExceptionTypeN> <ObjName>) { <aksi Eksepsi Tipe N> } finally { <aksi finally>

Contoh Exception Yang Diperbaiki public class PembagianNol{ public static void main(String[] args){ try { System.out.println("10/0= " + 10 / 0); } catch (ArithmeticException e) { System.out.println("Terjadi Error Pembagian"); } Jika program ini dicompile, maka tidak terjadi error. Dan jika program ini di running, maka “10/0= ” tidak akan ditampilkan melainkan program akan menampilkan tulisan “Terjadi Error Pembagian”.

Studi MultipleCatch Exception (1) class MultipleCatch { public static void main(String args[]) { try { int den = Integer.parseInt(args[0]); System.out.println(10/den); }catch (ArithmeticException e) { System.out.println("Nilai Pembaginya Nol"); } catch (ArrayIndexOutOfBoundsException e) { System.out.println("Argumennya Kosong"); }

Studi MultipleCatch Exception (2)

Input Dari Keyboard berbasis DOS Selama ini kita hanya membuat program yang tidak memiliki inputan dari manapun. Sebenarnya banyak sekali media inputan yang bisa kita gunakan dalam bahasa pemrograman ini. Materi kali ini hanya akan menampilkan salah satu cara melakukan inputan dari keyboard.

Tahapan Melakukan Inputan Dari Keyboard berbasis DOS (1) Berikut adalah tahap-tahap yang harus dilakukan jika ingin menggunakan inputan dari keyboard berbasis DOS, yaitu : Import semua library yang dibutuhkan yaitu : import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; Gunakan sebuah objek referensi sebagai mediator dalam penginputan data. BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

Tahapan Melakukan Inputan Dari Keyboard berbasis DOS (2) Jangan lupa melakukan parsing jika tipe data yang digunakan bukan String. Contoh : double nilai = Double.parseDouble(input.readLine()); int nilai = Integer.parseInt(input.readLine()); boolean kondisi = Boolean.parseBoolean(input.readLine());

Contoh Input Exception (1) import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; public class ContohInput { private static double nilai1; private static double nilai2; public static void main(String[] args){ try { BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); System.out.print("Input Nilai 1 : "); nilai1 = Double.parseDouble(input.readLine()); System.out.print("Input Nilai 2 : "); nilai2 = Double.parseDouble(input.readLine());

Contoh Input Exception (2) System.out.println(nilai1+"+"+nilai2+"="+ (nilai1+nilai2)); System.out.println(nilai1+"-"+nilai2+"="+ (nilai1-nilai2)); System.out.println(nilai1+"*"+nilai2+"="+ (nilai1*nilai2)); System.out.println(nilai1+"/"+nilai2+"="+ (nilai1/nilai2)); } catch (IOException e) { }

Contoh Input Exception (3)

Finally dan Throw finally adalah blok yang selalu dikerjakan apapun yang terjadi didalam blok Exception tersebut. Keyword finally ini hanya ditulis sekali. throw adalah keyword yang berfungsi untuk melemparkan kesalahan dengan sengaja, maksudnya adalah agar blok catch dikerjakan/dieksekusi oleh program.

Finally dan Throw (1) import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; public class ContohFinallyDanThrow { public static void main(String[] args){ try { BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); System.out.print("Input Nilai [1-4] : "); int nilai = Integer.parseInt(input.readLine());

Finally dan Throw (2) switch(nilai) { case 1: System.out.println("Satu"); break; case 2: System.out.println("Dua"); throw new RuntimeException(); case 3: System.out.println("Tiga"); throw new Exception(); case 4: System.out.println("Empat"); throw new IOException(); default: return; }

Finally dan Throw (3) } catch (IOException e) { System.out.println("Blok IOException"); } catch (RuntimeException e) { System.out.println("Blok RuntimeException"); } catch (Exception e) { System.out.println("Blok Exception"); } finally { System.out.println("Blok finally"); }

Finally dan Throw (4)