INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BEBAN MATAKULIAH DAN FORMULASI PENILAIAN 1 Presensi dan Partisipasi 10% 2 Tugas + Quiz 30% 3 UTS 4 UAS NA : ((1*P)+(3*T)+(2*UTS)+(4*UAS))/10
Perhatikan gambar dibawah ini…!!!
Perhatikan gambar dibawah ini…!!!
Perhatikan gambar dibawah ini…!!!
Tehnologi SicthSence SixthSense Technology : Interaksi Manusia dan Komputer yang mengintegrasikan dengan dunia nyata SixthSense adalah teknologi yang memungkinkan menggunakan gerakan alami tangan manusia untuk berinteraksi dengan berbagai macam informasi digital
Prototipe dari SixthSense terdiri sebuah pocket projector, sebuah cermin dan sebuah kamera. Komponen-komponen hardware tersebut disatukan menjadi semacam liontin yang dikalungkan menjadi perangkat mobile yang dapat dikenakan kemanapun si user pergi. Proyektor dan kamera tersebut terhubung ke sebuah perangkat komputer mobile yang disimpan di dalam kantung celana si user. Proyektor akan memproyeksikan informasi visual yang memungkinkan permukaan, dinding dan obyek fisik disekitar kita digunakan sebagai interface; sementara kamera mengenali gerakan tangan si user dan obyek fisik menggunakan teknik berbasis computer-vision.
Oohh No….!!!
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER..??
Apa itu IMK….??? Secara mudah IMK adalah studi tentang Manusia, Teknologi Komputer dan bagaimana cara mereka berinteraksi Kita mempelajari IMK untuk dapat menentukan bagaimana membuat agar teknologi komputer dapat lebih berguna bagi manusia Hal tersebut membutuhkan pemahaman tentang tiga hal : Teknologi Komputer Manusia yang akan menggunakan Dan apa yang dimaksud dengan lebiih berguna (more usable)
Definisi Interaksi Manusia dan Komputer IMK : Sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan menerapkan (implementasi) interaksi antara manusia dan komputer.
Definisi dan Interaksi Manusia dan Komputer Segala mesin yang dioperasikan oleh manusia untuk mencapai tujuan tertentu dilakukan dengan suatu aksi. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi suatu mesin. Aksi MANUSIA / input MESIN / proses Fungsi HASIL / Output
KEMAMPUAN PENGGUNAAN (Usability) Pertimbangan pemakai dan lingkungan menggunakan suatu mesin (sistem komputer) yaitu agar mesin tersebut dapat melakukan beberapa fungsi Dalam analisis sistem modern dan rekayasa perangkat lunak istilah “usability” dimaksudkan untuk membuat kriteria kualitas suatu perangkat lunak seperti fungsional, kehandalan, efisiensi, kemudahan pemeliharaan dan portabilitas
Beberapa Hal yang Menyangkut Usability Kemampuan Pembelajaran (LEARNABILITY) Tolok Ukur Keluaran (THROUGHPUT) Keluwesan (FLEXIBILITY) Perilaku (ATTITUDE)
Kondisi Saat ini Saat ini komputer sudah jauh lebih murah Digunakan hampir tiap sisi kehidupan Kita mempunyai pengetahuan yang cukup, bagaimana komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja manusia Hal tersebut diatas memacu adanya perubahan teknologi
Kebutuhan perancangan yang berbeda Agar komputer dapat diterima secara meluas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik Hal ini bukan berarti harus merancang semua sistem agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan secara spesifik Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, yang terpenting bagaimana cara mengoptimalkan komputer agar dapat memenuhi kebutuhan Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor
Pertemuan II Interaksi Manusia dan Komputer
Istilah IMK atau HCI HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya HCI pada perinsipnya agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin
Apa itu antar muka pengguna….??? Tidak hanya perancangan layout layar monitor Dari sudut kebutuhan pengguna adalah merupakan keseluruhan sistem Useful, Usable dan Used
Useful, Usable dan Used Useful fungsional, dapat mengerjakan sesuatu dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah Used terlihat baik dan diterima oleh pengguna
Bagaimana Menghasilkan sistem dengan antar muka yang baik..??? Tujuan Aksi pemakai hasil Umpan balik Antar muka kontrol Fungsi dari suatu sistem Antara tujuan akhir, aksi dan hasil yang dicapai sebaiknya bersifat visibility/dapat dicapai dan transparansi
Konsekuensi Interface yang Buruk Meningkatnya kesalahan dalam pemasukan data dan sistem pengoperasian Tidak bisa diaksesnya suatu fungsi Kefrustasian pemakai : produktifitas yang rendah atau pemanfaatan yang rendah Gagalnya suatu sistem disebabkan oleh penolakan pemakai
Perhatikan Interface dibawah ini…..!!!! Coba di analisa….
Elemen Utama IMK Manusia Komputer Interaksi Aktivitas Lingkungan Kerja
Tujuan Utama IMK Membuat sistem yang lebih : Berguna (usable) Aman Produktif Efektif Efisien fungsional
Perancangan IMK membutuhkan pengetahuan tentang : Tujuan manusia Kemampuan dan keterbatasan manusia Kemampuan dan keterbatasan komputer Pekerjaan Aspek sosial Aspek organisasi Lingkungan kerja Interaksi diantara element-element diatas
Keterkaitan IMK dengan disiplin ilmu lain Prinsi kerja suatu sistem… Ketika seseorang bekerja dengan komputer, ia akan melakukan interaksi dengan cara-cara tertentu Agar terjadi proses dialog yang baik, maka harus memahami watak atau karakter lawan dialog kita Dalam konteks IMK maka perancang harus memahami psikologi manusia, yang merupakan faktor keberhasilan interaksi
Keterkaitan IMK dengan disiplin ilmu lain Teknik Elektronika dan Komputer Psikologi Perancangan Grafis dan tipografi Ergonomis Antropologi Linguistik Sosiologi