TEORI PERMAINAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK (GAME THEORY)
Advertisements

PERTEMUAN XII ANALISA KEPUTUSAN DAN TEORI PERMAINAN
KULIAH PENGANTAR TEORI PERMAINAN 1 Dosen Pengampu: Dr. Salmah, M.Si
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan Teori Permainan [ game theory] banyak digunakan dalam analisis pemasaran atau perencanaan strategi perusahaan Konsep dasar teori permainan.
Tugas Kelompok 8 GAME THEORY
TEORI PERMAINAN Yogi Oktopianto, ST., MT.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN BAB 8.
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
TEORI PERMAINAN Misalkan : ada dua pihak atau lebih (orang/perusaha-
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI TIDAK PASTI
PERTEMUAN TEORI PERMAINAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
Pengertian Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi dan pertentangan (konfleks) antar berbagai kepen- tingan. Teori.
Teori Permainan.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN RESIKO
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
Permainan Metoda Grafik Pertemuan 11: Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
Disusun oleh : Iphov kumala sriwana
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan MODUL 14 Tujuan Instruksional Khusus :
(ASSIGNMENT PROBLEMS)
PEMROGRAMAN DINAMIS Modul 9. PENELITIAN OPERASIONAL Oleh : Eliyani
Penugasan (Assigment) - Minimalisasi Sapta Candra Miarsa,ST.,MT.
RISK ANALYSIS Risk Analysis (analisis resiko) atau analisis profitabilitas dimaksudkan untuk membantu menjelaskan persoalan yang timbul akibat kondisi.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI TIDAK PASTI
GAME THEORY Modul 11. PENELITIAN OPERASIONAL Oleh : Eliyani
METODE STOKASTIK Minggu-6 dan 7
Lecture 8 : Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik (Game Theory)
RISET OPERASIONAL 1 RISET OPERASI
Pertemuan 10 Teori Permainan
PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN PROBABILITA I
KONSEP TEORI GAME PENGANTAR TEORI GAME.
Teori Permainan Istilah “games” atau permainan berhubungan erat dengan kondisi pertentangan bisnis yang meliputi suatu periode tertentu.
TEORI PERMAINAN.
Modul VI. Teori Permainan Untuk Dasar Penentuan Strategi
TEORI PERMAINAN Emmy Indrayani.
TEORI GAME DINAMIS PENGANTAR TEORI GAME.
Teori Permainan (Game Theory)
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 10
Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Konflik
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
Program Linier Dengan Grafik
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN
Penugasan (Assigment) - Maksimalisasi Sapta Candra Miarsa,ST.,MT.
Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Tidak Pasti
GAME THEORY.
TEORI PERMAINAN (GAME THEORY)
MODUL 10 – MANAJEMEN LOGISTIK
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYARUR CHAPTER.10
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN
TABEL KEPUTUSAN (DECISION TABLE)
PENGAMBILAN KEPUTUSAN Kondisi Tidak Pasti
TEORI PERMAINAN.
PERTEMUAN XII ANALISA KEPUTUSAN DAN TEORI PERMAINAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI TIDAK PASTI
TEORI PERMAINAN.
Game Theory (Pengambilan Keputusan dlm Suasana Konflik)
Teori Permainan (Game Theory)
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
METODE SIMPLEX LINEAR PROGRAMMING (LP)
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
GAME THEORY.
pendahuluan PERTEMUAN – 1 Mata Kuliah: TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
RISET OPERASIONAL 1 RISET OPERASI
Transcript presentasi:

TEORI PERMAINAN

Banyak situasi yang sebenarnya melibatkan beberapa pengambil keputusan yang saling bersaing untuk mencapai hasil terbaik. Jenis situasi yang kompetitif ini adalah pokok permasalahan dari teori permainan Teori permainan mencakup situasi yang sama dimana pengambil keputusan pesaing membangun suatu rencana tindakan untuk menang dan teori permainan terdiri dari beberapa teknik matematis untuk membantu pengambil keputusan dalam memilih rencana tindakan yang akan memberikan hasil terbaik

Jenis Situasi Permainan Berdasarkan pada jumlah pengambil keputusan yang disebut pemain  Permainan yang terdiri dari dua pemain disebut permainan dua orang. Jika terdapat lebih dari dua pemain, disebut permainan n orang (n-person game)

2. Berdasarkan pada hasil yang diukur dalam keuntungan dan kerugian pemain  Jika jumlah kerugian dan keuntungan kedua pemain sama dengan nol, disebut permainan jumlah nihil (zero-sum game).  Jika jumlah keuntungan dan kerugian kedua pemain tidak sama dengan nol, disebut sebagai non-zero-sum game.

STRATEGI STRATEGI MURNI Penyelesaian dilakukan dengan menggunakan konsep maksimin untuk pemain baris dan minimaks untuk pemain kolom. Dalam strategi ini pemain akan menggunakan satu strategi tunggal untuk mendapat hasil optimal  saddle point yang sama STRATEGI CAMPURAN Strategi ini dilakukan bila strategi murni belum memberi penyelesaian optimal. Sehingga perlu dilakukan tindak lanjut untuk mendapat titik optimal, dengan usaha mendapatkan saddle point yang sama. Riset Operasional Teori Permainan

CONTOH KASUS STRATEGI MURNI Dua perusahaan bersaing untuk mendapatkan keuntungan dari pangsa pasar yang ada, dengan mengandalkan strategi yang dimiliki. A mengandalkan 2 strategi dan B menggunakan 3 strategi. Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 1 Perhatikan baris (perusahaan A) maxiMIN  pilih yang minimal dari baris perusahaan A, diantaranya kemudian dipilih yang maksimal (keuntungan maksimalnya A) Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 2 Perhatikan kolom (perusahaan B) miniMAX  pilih yang maksimal dari kolom perusahaan B, diantaranya kemudian dipilih yang minimal (kerugian minimalnya B) Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 3 Kesimpulan: Pemain baris dan pemain kolom sudah memiliki pilihan strategi yang sama yaitu nilai 4  optimal Pilihan tersebut berarti bahwa meskipun A menginginkan keuntungan yang lebih besar, tapi tetap hanya akan memperoleh keuntungan maksimal 4 dengan strategi harga mahal (S2), demikian juga dengan B, kerugian yang paling minimal adalah 4, dengan merespon strategi A, dengan strategi harga mahal (S3) Penggunaan strategi lain berdampak menurunnya keuntungan A dan meningkatnya kerugian B Riset Operasional Teori Permainan

CONTOH KASUS STRATEGI CAMPURAN Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 1 Cari maksimin dan minimaks terlebih dahulu seperti strategi murni Diperoleh angka penyelesaian berbeda, A2, B5 Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 2 Masing-masing pemain menghilangkan strategi yang menghasilkan keuntungan dan kerugian terburuk Bagi A, S2 adalah strategi terburuk, karena memberikan keuntungan yang paling kecil Bagi B, S3 adalah strategi terburuk, karena bisa menimbulkan kerugian terbesar Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 3 Diperoleh kombinasi baru Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 4 Riset Operasional Teori Permainan

Langkah 5 Mencari besaran probabilitas setiap strategi untuk menghitung saddle point yang optimal. Untuk perusahaan A Bila strategi A direspon B dengan S1: 2p + 6(1-p) = 2p + 6 – 6p = 6 – 4p Bila strategi A direspon B dengan S2: 5p + 1(1-p) = 5p + 1 – p = 1 + 4p Bila digabung: 6 – 4p = 1 + 4p P = 5/8 = 0,625 5 = 8p Riset Operasional Teori Permainan

Apabila p = 0, 625, maka 1 – p = 0,375 Masukkan nilai tersebut pada kedua persamaan Keuntungan yang diharapkan adalah sama = 3,5, yang berarti memberikan peningkatan 1,5 mengingat keuntungan A hanya 2 (langkah 1) Riset Operasional Teori Permainan

Untuk perusahaan B Bila strategi B direspon A dengan S1: 2q + 5(1 – q) = 2q + 5 – 5q = 5 – 3q Bila strategi B direspon A dengna S2: 6q + 1(1 – q) = 6q + 1 – 1q = 1 + 5q Bila digabung: 5 – 3q = 1 + 5q 4 = 8q  q = 4/8 = 0,5, maka 1-q = 0,5 Masukkan ke persamaan Riset Operasional Teori Permainan

Kerugian minimal yang diharapkan sama, yaitu 3,5 Kerugian minimal yang diharapkan sama, yaitu 3,5. Pada langkah pertama kerugian minimal adalah 5, dengan demikian dengan strategi ini B bisa menurunkan kerugian sebesar 1,5. Kesimpulan: Strategi campuran memberikan saddle point 3,5. Nilai tersebut memberi peningkatan keuntungan bagi A dan penurunan kerugian B masing-masing sebesar 1,5. Riset Operasional Teori Permainan