Algoritma & Pemrograman 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Latihan PERCABANGAN & PERULANGAN
Flow Control & Exception Handling
Struktur Kontrol #2 Perulangan
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Kontrol.
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Struktur kontrol.
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kontrol Perulangan
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
Kendali program dan teknik penyimpanan data
If, If/else, switch SUSSI.
Pernyataan Pertemuan 3 Season 1
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
STRUKTUR KONTROL.
Struktur Kontrol Pemilihan
Pengambilan Keputusan dan Pengulangan Proses
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
Struktur Kontrol Perulangan
Mendapatkan input dari keyboard
BAB 4 Flow Control & Looping
Aliran Kendali (Flow Control)
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Percabangan dan Perulangan.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Algoritma & Pemrograman 3
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
JAVA FUNDAMENTAL.
Perulangan (Loop) Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Dasar Bahasa Java.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Percabangan/Penyeleksian Kondisi
Flow Control & Exception Handling
Aliran Kendali Pengulangan
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
Struktur Data dan Algoritma
Kendali program dan teknik penyimpanan data
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kontrol Pemilihan
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Algoritma & Pemrograman 1 Stuktur Kontrol Looping

Macam”: struktur kontrol keputusan (if, else, switch) fungsi:u/ memilih blok kode yang akan dieksekusi struktur kontrol pengulangan (while, do-while, for) Fungsiu/ melakukan pengulangan pada blok kode yang akan dieksekusi statement percabangan (break, continue, return) Fungsiuntuk mengatur redirection dari program

Struktur kontrol keputusan Statemen If (1) menentukan sebuah statement yang akan dieksekusi jika dan hanya jika persyaratan boolean (boolean statement) bernilai T Bentuk: if( boolean_expression ) statement; or if( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . } int grade = 68; if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");

Struktur kontrol keputusan Statemen if-else (1) Digunakan u/ mengeksekusi sebuah statement dengan kondisi T dan statement yang lain dengan kondisi F Bentuk: if( boolean_expression ) statement; else OR if( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . … } else{

Struktur kontrol keputusan Statemen if-else (2) int grade = 68; if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!"); else System.out.println("Sorry you failed"); OR if( grade > 60 ){ System.out.println("You passed!"); } else{

Struktur kontrol keputusan Statemen if-else-if (1) untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks Bentuk: if( boolean_expression1 ) statement1; else if( boolean_expression2 ) statement2; else statement3;

Struktur kontrol keputusan Statemen if-else-if (1) int grade = 68; if( grade > 90 ){ System.out.println("Very good!"); } else if( grade > 60 ){ else{ System.out.println("Sorry you failed");

Struktur kontrol keputusan Statemen switch (1) u/ melakukan percabangan dengan persyaratan yang beragam Bentuk: switch( switch_expression ){ case case_selector1: statement1; // statement2; //block 1 . . . // break; case case_selector2: statement2; //block 2 default: statement2; //block n }

Struktur kontrol keputusan Statemen switch (2)

Struktur kontrol keputusan Statemen switch (3) public class Grade { public static void main( String[] args ) { int grade = 92; switch(grade){ case 100: System.out.println( "Excellent!" ); break; case 90: System.out.println("Good job!" ); break; case 80: System.out.println("Study harder!" ); break; default: System.out.println("Sorry, you failed."); }

Struktur Kontrol Perulangan while loop statement atau blok statement yang diulang” sampai mencapai kondisi yang cocok while( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . } Contoh 1 int i = 4; while ( i > 0 ){ System.out.print(i); i--; Contoh 2 while(true) System.out.println(“hello”); Contoh 3: int x = 0; while (x<10) { System.out.println(x); x++; } Contoh 4: //no loops while (false) System.out.println(“hello”);

Struktur Kontrol Perulangan do-while loop akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai T do{ statement1; statement2; . . . }while( boolean_expression ); c/ 1 System.out.println(“hello”); } while (true); c/ 2: int x = 0; do { System.out.println(x); x++; }while (x<10); c/ 3: System.out.println(“hello”); while (false);

Struktur Kontrol Perulangan for-loop melakukan pengulangan eksekusi code beberapa kali for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){ statement1; statement2; . . . } InitializationExpressioninisialisasi dari variabel loop LoopConditionmembandingkan variabel loop d/ nilai batas StepExpressionmelakukan update pada variabel loop

Struktur Kontrol Perulangan for-loop c/ int i; for( i = 0; i < 10; i++ ){ System.out.print(i); } = int i = 0; while( i < 10 ){ i++;

Branching Statements Java mengijinkan user untuk mengatur jalannya eksekusi program Bentuk: breakunlabeled & labeled menghentikan jalannya statement switch,for, while atau do-while loop continueunlabeled & labeled untuk melewati pengulangan dari for, while, atau do-while loop yang sedang berjalan return

Break(1)unlabeled String names[] = {"Beah", "Bianca", "Lance", "Belle", "Nico", "Yza", "Gem", "Ethan"}; String searchName = "Yza"; boolean foundName = false; for( int i=0; i< names.length; i++ ){ if( names[i].equals( searchName )){ foundName = true; break; } if( foundName ){ System.out.println( searchName + " found!" ); else{ System.out.println( searchName + " not found." );

Break(2)labeled akan menghentikan statement luardiidentifikasikan berupa label pada statement break

Break(2)labeled Int[ ][ ] numbers = {{1, 2, 3}, {4, 5, 6}, {7, 8, 9}}; int searchNum = 5; boolean foundNum = false; searchLabel: for( int i=0; i<numbers.length; i++ ){ for( int j=0; j<numbers[i].length; j++ ){ if( searchNum == numbers[i][j] ){ foundNum = true; break searchLabel; } if( foundNum ){ System.out.println( searchNum + " found!" ); else{ System.out.println( searchNum + " not found!" );

Continue(1) unlabeled Akan melewati bagian pengulangan pada loop String names[] = {"Beah", "Bianca", "Lance", "Beah"}; int count = 0; for( int i=0; i<names.length; i++ ){ if( !names[i].equals("Beah") ){ continue; //skip next statement } count++; System.out.println("There are " + count + " Beahs in the list");

Continue(2) labeled akan melanjutkan sebuah statement dengan melewati pengulangan yang sedang berjalan dari loop terluar yang diberi label (tanda). outerLoop: for( int i=0; i<5; i++ ){ for( int j=0; j<5; j++ ){ System.out.println("Inside for(j) loop"); //message1 if( j == 2 ) continue outerLoop; } System.out.println("Inside for(i) loop"); //message2

return untuk keluar dari sebuah fungsi (method) Statement return memiliki dua bentuk d/: sebuah nilai Untuk memberikan sebuah nilai, cukup berikan nilai (atau ekspresi yang menghasilkan sebuah nilai) sesudah return. Contohnya, return ++count; OR return "Hello"; tidak memberikan nilaiKetika sebuah method void dideklariskan return;

Algoritma & Pemrograman 1 Mendapatkan Input dari Keyboard: BufferedReader GUIkelas JOptionPane

BufferedReader (import java.io.*) package Langkah”: Coding atas +kan import java.io.*; +kan statement: BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch: try{ String temp = dataIn.readLine(); } catch( IOException e ){ System.out.println(“Error in getting input”);

BufferedReader (import java.io.*) package public class GetInputFromKeyboard { public static void main(String[] args) { BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); String name = ""; System.out.print("Please Enter Your Name:"); try{ name = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } System.out.println("Hello " + name +"!");

GUIkelas JOptionPane javax.swing package import javax.swing.*; public class GetInputFromKeyboard1 { public static void main(String[] args) { String name = ""; name=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda:"); String msg = "Hello " + name + "!"; JOptionPane.showMessageDialog(null, msg); }

Tugas 1: 1. Nilai Ambil tiga nilai ujian dari user dan hitung nilai rata-rata dari nilai tersebut. Berikan output rata-rata dari tiga ujian. Berikan juga smiley face pada output jika nilai rata-rata lebih besar atau sama dengan 60, selain itu beri output :-(. 1. Gunakan BufferedReader untuk mendapat input dari user, dan System.out untuk output hasilnya. 2. Gunakan JOptionPane untuk mendapat input dari user dan output hasilnya. 2. Cetak Seratus Kali Buat sebuah program yang mencetak nama Anda selama seratus kali. Buat tiga versi program ini menggunakan while loop, do while dan for-loop.

Tugas 2: 3. Membaca Bilangan Ambil sebuah angka sebagai input dari user, dan outputnya berupa kata yang sesuai dengan angka. Angka yang dimasukkan antara 1-10. Jika user memasukkan nilai yang tidak sesuai berikan output “Invalid number”. 1. Gunakan statement if-else untuk menyelesaikan 2. Gunakan statement switch untuk menyelesaikan 4. Perpangkatan Hitung pangkat sebuah nilai berdasarkan angka dan nilai pangkatnya. Buat tiga versi dari program ini menggunakan while loop, do-while dan for-loop.

4. Pangkat Menghitung perpangkatan digunakan kata kunci pow dari kelas Math Sintak Math.pow(angka1,angka2) Ada class "java.lang.Math“ d/macam” method: Absu/ mengabsolutkan nilai (-) pada suatu bilangan/menghilangkan tanda minus (-) pada suatu bilangan. Random menhasilkan bilangan acak Max menghasilkan nilai terbesar dari beberapa bilangan Minmenghasilkan nilai terkecil dari beberapa bilangan Ceilmembulatkan bilangan desimal ke atas Floormembulatkan bilangan desimal ke bawah. Powmenghasilkan nilai pangkat (angka 1 pangkat angka 2). Sqrtmenghasilkan akar pangkat dari suatu bilangan.