Bagian 1-Apa itu Multimedia?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Advertisements

Memahami etimologi multimedia
Kategori Desain Grafis
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
Memahami Etimologi Multimedia
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
WELCOME TO MYPRESENTATION
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Dasar-dasar multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
Memahami etimologi multimedia
Teknologi Informasi Multimedia
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Memahami etimologi multimedia
Visualisasi INFORMASI
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Dasar-dasar Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
Alat Bantu Eksplorasi Informasi
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Himawat Aryadita S.T., M.Sc.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Memahami etimologi multimedia
Alat Bantu Eksplorasi Informasi
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pengenalan multimedia
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Pert. 1.
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
DASAR DASAR MULTIMEDIA
CD ROM.
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Grafika komputer 1.
FIKRI FAUZANAKBAR 9A SERVER.
Memahami etimologi multimedia
Operating System UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Interactive multimedia
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pemanfaatan Teknologi Informasi
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
Memahami etimologi multimedia
Desain Materi Ajar e-Learning
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

Bagian 1-Apa itu Multimedia?

Pendahuluan Defenisi multimedia. Aplikasi-aplikasi (produk) multimedia. Virtual reality (VR).

Defenisi Multimedia Multimedia adalah kombinasi dari tulisan, seni, suara, animasi, dan video. Multimedia dinikmati oleh pengguna secara electronik or digital. Pengembangan projek bidang multimedia memerlukan kreativitas, kemampuan teknis, kemampuan dalam berorganisasi, and kemampuan dalam bisnis.

Defenisi Multimedia Produk multimedia dikatakan interaktif apabila pengguna produk tersebut diberi kebebasan dalam mengontrol elemen-element yang ada dalam produk tersebut. Multimedia disebut hypermedia apabila pengguna dapat memahami struktur navigasi yang menghubungkan satu elemen dengan elemen yang lain. Developer multimedia akan terlibat dalam projek multimedia.

Defenisi Multimedia Projek multimedia dibangun oleh tersedianya software multimedia, pesan yang ingin disampaikan oleh produk dan juga isi dari produk multimedia tersebut. Projek multimedia yang sampai ke tangan end-user dengan atau tanpa arahan disebut judul multimedia title Projek multimedia juga bisa diluncurkan dengan menggunakan media Web.

Defenisi Multimedia Projek multimedia bisa Linear atau Nonlinear. Projek yang tidak interaktif disebut Linear. Projek yang mana pengguna diberi control dalam navigasi disebut Non-Linear dan projek yang user-interactive.

Defenisi Multimedia Authoring tools adalah satu tool yang digunakan untuk memadukan elemen-elemen multimedia menjadi satu proyek Software tools ini didesain untuk mengatur elemen-elemen multimedia dan menyediakan fungsi User Interaction.

Defenisi Multimedia Media utama dalam menampilkan produk multimedia adalah: Compact disc read-only (CD-ROM). Digital Versatile Disc (DVD).

Compact Disc Read-Only (CD-ROM) CD-ROM adalah media distribusi yang paling efektif untuk produk multimedia. CD-ROM dalam menyimpan video atau suara hingga 80 menit. CD burners digunakan untuk menyimpan audio, video atau data-data lainnya kedalam CD

Digital Versatile Disc (DVD) Teknologi DVD dapat menyimpan data hingga 18 GB. Software DVD dapat digunakan untuk membuat interaktif menu yang sering digunakan dalam pembuatan film atau game. DVD burners digunakan untuk membaca DVD dan menyimpan audio, video dan data-data lainnya ke dalam DVD.

Defenisi Multimedia Teknologi Copper wire, glass fiber, dan radio/cellular juga menyediakan layanan dalam menyebarkan file multimedia melalu jaringan internet.

Aplikasi-aplikasi (produk) Multimedia Bisnis – iklan di media cetak atau televisi, demo produk, database, katalog, brosur, dan lain-lain. Sekolah- Software Edukasi dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar para siswa.

Aplikasi-aplikasi (produk) Multimedia Rumah- kebanyakan dari produk multimedia sampai ke lingkungan rumah melalui media televisi. Masyarakat umum- stand-alone terminals atau kiosks (kios interaktif) yang menyediakan informasi dan bantuan lain.

Virtual Reality (VR) (1) Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3D sehingga membuat sang pemakai seolah-olah terlibat secara fisik

Virtual Reality (VR)(2) Sistem seperti ini berguna untuk Perancang obat Arsitek Insinyur Pekerja medis Orang awak Untuk melakukan aktifitas dunia nyata Contohnya: Pilot dapat menggunakan sistem Virtual Reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya

Piranti Virtual Reality (VR)(1) Ada 3 alat yang digunakan Glove: peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem Virtual Reality Headset: peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala dan memberikan pandang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah berada di dunia nyata Walker: peralatan yang memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah, misalnya melangkah di rawa-rawa atau tempat berlumpur

Aplikasi Virtual Reality Industri Aplikasi Manufaktur Pelatihan Pengujian Rancangan Prototipe Semu Analisis Engineering Analisis Ergonomic Simulasi semu pada perakitan, produksi, dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan gedung dan struktur yang lain Militer Pelatihan (Pilot, Astronot, pengemudi) Kedokteran Pelatihan pembedahan (melalui simulasi) Perencanaan pembedahan Terapi fisik Penelitian/pendidikan Laboratorium fisika virtual Studi tentang topan Konfgurasi galaksi Pengujian matematika kompleks Hiburan Museum virtual Permainan balap mobil 3D Simulasi pertempuran udara Arcade Taman virtual Simulasi ski