Perancangan Multimedia Bertalya
Struktur Navigasi Linier Hirarki Non-Linier Komposit
Linier Navigasi berurutan (prosedur secara berurutan) Biasanya Forward atau Backward. Cth. Presentasi slide2 & video
Hirarki Berdasarkan logika dari konten Terstruktur melalui menu2
Non-linier Navigation dengan rute yg pre-determine Cth. Suatu situs
Komposit Struktur campuran Pengguna dapat menelusuri dengan bebas, tetapi dibatasi dengan presentasi linier dari suatu tampilan atau informasi penting, serta data tersusun secara hirarki (logis)
Storyboard Storyboarding : membuat cerita atau hal contoh pada kertas yg menggambarkan layout secara garis besar Merupakan proses dari pembuatan media termasuk pembuatan film, animasi kartun. Presentasi visual dari frame2 yg berbeda Hal storyboard digunakan utk menggbrkan waktu frame yg khusus. Terdiri dari format, layout dari konten, layout pengontrolan dgn navigasi, informasi yg interaktif & komentar2 yg berguna.
Storyboard Halaman contoh yg menggambarkan layout secara garis besar
Title Area Navigation Area Content Area Sequence No: Description:
(lanj.) Representasi Komponen2 : Gambarkan komponen2 yg akan ditampilkan pada layar, termasuk teks. Struktur navigasi : Gambarkan button2 , tunjukkan link2 (mis. Dgn anak panah atau nomor)
(lanj.) Anotasi penggambarannya: tunjukkan dimana animasi akan muncul tunjukkan dimana file suara akan diputar tambahkan efek3 yg lain (transisi, efek teks,dll) Tambahan indikasi warna pada latarbelakang & pada teks Gambarkan gaya dan font teks
Komponen Antar Muka Latarbelakang & tekstur Button, icon & picon Rollover & slider Hotspots & menu Feedback
Latar belakang dan Tekstur
Buttons, icons & picons
Rollovers & sliders
Hotspots & menus Bagian dari gambar yg bisa di klik utk meng-link ke yg lain Menu digunakan biasanya berupa menu dari atas ke bawah
Feedback Bagian dimana pengguna dapat memberikan respon terhadap pertanyaan yg diajukan Mis., jawaban betul atau salah
Tip Desain Antar Muka Pastikan informasi dapat dibaca dengan jelas. Pergunakan warna latar dan depan yang sesuai serta batasi penggunaan warna terang seperti merah. Pengontrolan nasvigasi ditunjukkan sesuai dengan fungsinya. Pastikan pengguna tidak terlalu sering menekan tombol untuk melihat informasi yang spesifik. Jangan meletakkan terlalu banyak obyek atau informasi pada satu tempat saja karena layar terlihat terlalu ramai.
Lanj. Buat antar muka yang sederhana Pastikan ukuran teks dan grafik sesuai Selalu konsisten dalam penggunaan simbol dan warna.
Konten simpel dan jelas
Penggunaan margin tepat dan baik dengan latar putih
Mobil polisi tidak ada relevansi nya dengan presentasi taman bermain
Uses of Type Uses of Type Hindari penggunaan warna yang terlalu banyak Serif type Ideal for large headlines Difficult to read in long blocks of text Looks best when surrounded by lots of white space. Sans-Serif type Works well in smaller sizes especially in body text Looks busy and cluttered in large size. Uses of Type Serif type Ideal for large headlines Difficult to read in long blocks of text Looks best when surrounded by lots of white space. Sans-Serif type Works well in smaller sizes especially in body text Looks busy and cluttered in large size.
Suatu gambar seharusnya tidak mengganggu pesan atau teks pada layar Gambar latar menonjol Gambar latar tidak menonjol
User will be able to read this easier Pastikan bahwa kontras cukup antara latar depan dengan latar belakang yang bertekstur User will not be able to read this easily User will be able to read this easier
Berhati-hati dalam penggunaan efek2 khusus
Gunakan tipe huruf yang gelap pada latar belakang yang terang Mudah dibaca Sulit dibaca
Gunakan layout yang konsisten untuk materi yang saling berhubungan
Gunakan cropping dan penempatan gambar yang efektif Gambar yang sudah di crop
Hindari penggunaan penebalan huruf dan garis bawah pada teks
sekian