Rewards & Punishments
Definisi: Reward Punishment (aversive stimulus) segala jenis stimulus yg MENINGKATKAN frekuensi terjadinya perilaku (positif) yg mendahuluinya Punishment (aversive stimulus) segala sesuatu yg MENGURANGI frekuensi terjadinya perilaku (negatif) yg mendahuluinya
Kinds of rewards: pujian, kasih sayang, tepuk tangan token: benda2 yg BUKAN merupakan hadiah langsung, tetapi bisa ditukarkan dengan rewards yg lebih nyata contoh: centang (√) atau smiley atau bintang atau emoticon, yg bisa activity rewards atau peralatan sekolah sederhana
activity rewards aktivitas yg dimaksudkan sebagai hadiah kepada siswa e.g. bermain di halaman, waktu membaca bebas, boleh memilih permainan yg disukai
Beberapa pertimbangan: reward (and punishment) hanya bisa diterapkan sesuai konteks individu masing2 siswa guru harus berhati-hati dalam memberikan reward yg sesuai untuk siswa tertentu reward yg terbaik yg ditentukan sendiri oleh siswa
Hal2 yg perlu diperhatikan sekali guru telah memilih hukuman yg akan diterapkan, penggunaanya harus dilakukan secara bijaksana (& konsisten) & dampaknya harus selalu dimonitor guru harus mengantisipasi & siap menangani dampak negatif apapun yg timbul dari penggunaan hukuman guru memberikan porsi yg sama terhadap pemberian reward maupun punishment