Matakuliah : <<M0164>>/<<End User Information Syste>> Tahun : <<2005>> Versi : <<1/1i>> Pertemuan <<16>> <<Human Factor:H/W,S/W,Workplace Design >>
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat memperhitungkan pengaturan lay-out, perangkat yang ergonomis
Meningkatkan tampilan fisik individu Outline Materi Meningkatkan tampilan fisik individu dampak pengaturan jarak pada desain workstation contoh pengaturan daerah kerja hubungan produktfitas dengan ruangan, privasi dan status
Faktor Lingkungan : Desain Software, Hardware, dan Tempat Kerja Chapter 10 Faktor Lingkungan : Desain Software, Hardware, dan Tempat Kerja
Learning Objectives Identifikasi ciri desain EUIS yang baik. Perbedaan command, menu, icon, natural speech, dan recognition-based S/W interfaces. Prinsip interface yang baik dan rancangan layarnya. Tujuan menganalisis untuk mendesain interface. Karakteristik monitors: glare, flicker, bezel, and character quality.
Learning Objectives Enam istilah keyboard yang ergonomis. 2 Enam istilah keyboard yang ergonomis. Mouse yang ergonomic . Aplikasi AMCO-PACT in mendesain lay-out ruang kerja. Hubungan pencahayaan dengan produktifitas. Tiga solusi untuk menghilangkan polusi suara. Hubungan desain workstation dengan produktifitas.
Learning Objectives Pengaruh postur dengan perangkat yang ergonomis. 3 Pengaruh postur dengan perangkat yang ergonomis. Dampak pengaturan jarak pandang workstation. Beberapa contoh pengaturan daerah kerja Pola-pola sosial dan hubungannya dengan desain tempat kerja. Hubungan productivity dengan luas ruang, letak depan-belakang, privasi, status.
Human Factor Ergonomics (HFE) 3 Adalah aplikasi menggabungkan cirri-ciri fisik dan psikis manusia dalam merancang kebutuhan perangkat kerja mereka dengan tujuan meningkatkan produktifitas. ( ERGON = WORK dan NOMOS =NATURAL LAWS) contoh : - pengaturan cockpit pilot pesawat - pengaturan ruang kemudi mobil - lay-out pabrik, ATM, office
Framework HFE 3
Tipe interface 3
Improving user understanding 3
Kontrol dialog user 3
Tips Interface design 3
Monitor (CRT dan LCD) 3 Size (lebar layar) 15 inch, 17 inch dst atau footprint (ukuran inch-square) Glare dan reflection ( pencahayaan, reflektif) Bezel(rata, umumnya lebih terang di tengah layer) Resolution ( jumlah pixel, cemerlang) Contrast ( perbedaan dengan latarbelakangnya) Color ( red, green, blue, 256 colors) Radiasi
Keyboard Key pressure ( hentakan tombol) 3 Key pressure ( hentakan tombol) Auditory feedback ( Suara menandakan OK) QWERTY dan ASK (American Simplified Keyboard) Profile (ketebalan, tinggi tombol) Finish dan shape (cekung/mangkok, pojok tajam)
MOUSE Disesuaikan dengan GUI Kiri, untuk control kursor, opsi menu 3 Disesuaikan dengan GUI Kiri, untuk control kursor, opsi menu Kanan, untuk shortcut Notebook, mouse di tengah Touch pads, sentuhan dengan jari Design terbaru, cordless mouse, dll
AMCO-PACT 3
Systems Approach to Productivity Each component can stand alone: Technology Process Human Needs Or components can merge:
Systems Approach to Productivity Each component can stand alone: Technology Process Technology Process Human Needs Optimum Productivity Human Needs Or components can merge:
Software Design Jenis antarmuka(interface) Desain antarmuka pemakai Command-based interfaces Menu-based interfaces Icon-based interfaces Natural language interfaces Pen-based interfaces Speech recognition technology Desain antarmuka pemakai
Software Design Meningkatkan pemahaman user Gunakan ungkapan Hilangkan bentuk yang beragam Menjamin consistency Buat interface sesuai pemakai Buat interface transparent
Software Design Memungkinkan dialog Rancangan layar Making the interface forgiving Making the interface visual Providing feedback Rancangan layar Tampilan yang mendukung (Learning aids)
Hardware Design Monitors – CRT and LCD Size Glare and reflection Bezel Footprint Glare and reflection Bezel Character resolution and flicker Contrast Color Radiation
Hardware Design The keyboard The mouse Repetitive stress injuries (RSI) or repetitive motion injuries (RMI) Prinsip ergonomis Key pressure Auditory feedback Layout – QWERTY and ASK Profile Finish and shape The mouse
Hardware Design The mouse GUI interfaces Shortcut menus Notebook buttons Touch pads Evolving designs
Workplace Design The AMCO-PACT model of office layout Office Space Personal Preferences Aesthetic Desires Activity Analysis Office Space Utilization Machine & Equipment Analysis Organizational Analysis Channel Analysis Time Cost
Workplace Design Environmental impacts Lighting Sound Candela (cd) – Light intensity Lumen (lm) – Light radiation Lux (lx) – Illumination actually seen Reflection factor (p) – Capacity to reflect light Sound Articulation index (AI) Sound-absorbing materials Sound-masking systems Office layout
Workplace Design Environmental impacts Workstation design Air quality Colors and textures Workstation design Work analysis Anthropometric concerns Posture Reach and viewing distance
Workplace Design Behavioral Concerns Territoriality Personal space Backs and sides Eye contact Status Socialization
<< PENUTUP>> Selanjutnya Pert 17 Inovasi dan Perencanaan strategi EUIS