Analisa & Perancangan sistem

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis
Advertisements

BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
INPUT – PROSES – OUTPUT BERKAITAN DENGAN INFORMASI
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Rancangan Masukan Tujuan Pembelajaran : Materi :
Komponen Antarmuka Grafis
Merancang User Interface
Pengantar Teknologi Informasi
BAB 6 PERANCANGAN SISTEM secara umum
PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.
Prosesor dan Memory Akhmad zaini.
Komponen Antarmuka Grafis
Menu dan Formulir.
Designing Effective Output / Input
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Pengolahan Data Elektronik
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
Materi Sesi ke 3 Dasar-dasar Teknologi Sistem Informasi
LANJUTAN MULTI TIERS MATERI BUAT RANCANGAN PROGRAM MAKALAH
PERANCANGAN SISTEM TERINCI
Analisa & Perancangan sistem
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Hardware: Input and Output
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Perancangan Antar Muka
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Outline Prinsip desain antarmuka pengguna.

Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Perancangan Formulir Elektronik
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
MATERI KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN FE _ UM
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Mobile Device User Interface
Pengolahan data pada komputer
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Area Kerja Dreamweaver
PERALATAN INPUT (Input Device)
Hyperlink & Form Pertemuan 11
Designing Effective Output / Input
INPUT – PROSES – OUTPUT BERKAITAN DENGAN INFORMASI
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pengenalan Borland Delphi 7.0
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pengantar Teknologi Informasi
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Menu, Form, dan Kotak Dialog
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Transcript presentasi:

Analisa & Perancangan sistem Input Design Mulyadi, S.Kom, M.S.I

Data Capture and Data Entry Data capture – identifikasi dan akuisisi data baru (pada sumbernya). Source documents – formulir yang digunakan untuk menyimpan transaksi bisnis menggunakan data dari aktifitas transaksi tersebut. Data entry – Proses menterjemahkan data atau dokumen sumber ke format yang bisa dibaca oleh komputer. No additional notes. Chapter 16 – Input Design and Prototyping

Input Implementation Methods Keyboard Mouse Touch Screen Point-of-sale terminals Sound and speech Automatic data capture Optical mark recognition (OMR) Bar codes Optical character recognition (OCR) Magnetic Ink Electromagnetic transmission Smart cards Biometric No additional notes. Chapter 16 – Input Design and Prototyping

Merancang inputan yg efektif Kualitas dari input sistem menentukan kualitas dari output sistem. Saat merancang, penting dipikirkan hubungan interaktif antara formulir input, layar dan dokumen. Desain formulir input, pada layar dan web untuk pengisian data harus memenuhi sasaran: Efektif Akurat Mudah dipakai Konsisten Sederhana Menarik

Langkah-langkah Desain Input - Menentukan kebutuhan input dari sistem baru - Menentukan parameter dari input Bentuk dari input Sumber input Jumlah tembusan Alat input Volume input Periode input

Rancangan Form yang baik System Analyst harus mempunyai kemampuan untuk mendesain sebuah form yang berguna dan lengkap Empat Pedoman dalam mendesain form yang berguna sbb: Buatlah formulir yang mudah untuk di isi Pastikan formulir tersebut sesuai dengan tujuan pembuatan formulir tersebut Pastikan form yang dirancang dapat diisi dengan akurat Desain form harus menarik.

Automatic Identification: Bar Codes No additional notes. Chapter 16 – Input Design and Prototyping

Alur yang tidak baik No additional notes. Chapter 16 – Input Design and Prototyping

Alur yang baik No additional notes. Chapter 16 – Input Design and Prototyping

Input Komponen Single Line Text Box

Componen pada Rancangan Input Multiple Line Text Box

Componen pada Rancangan Input Radio Button

Componen pada Rancangan Input Check Box

Componen pada Rancangan Input List Box

Componen pada Rancangan Input Drop Down List Box

Combination (Combo) Box Componen pada Rancangan Input Combination (Combo) Box

Componen pada Rancangan Input Spin Box

Componen pada Rancangan Input Button

DROP DOWN CALENDER CONTROL SLIDER EDIT CONTROL MASKED EDIT CONTROL ELIPSIS INDICATING ADDITIONAL DETAIL ALTERNATE NUMERIC SPINNER CONTROL CHECK LIST BOX CHECK TREE LIST BOX

Perancangan Formulir Elektronik Empat pedoman perancangan tampilan layar yang penting dalam perancangan elektronik : Membuat tampilan layar sederhana Membuat penyajian tampilan layar yang konsisten Memudahkan pengguna bergerak di antara layar Menciptakan tampilan layar yang menarik

Membuat Tampilan layer Sederhana Layar hanya menampilkan aksi yang diperlukan untuk dijalankan, intinya 50% dari layar harus mengandung informasi yang berguna. Layar dibagi menjadi tiga bagian : Heading, yang mengandung title dari software dan open files, pull- down menus, dan icon yang menjalankan tugas tertentu Body, yang digunakan untuk memasukkan data. Alurnya dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah Comments and instructions, yang menampilkan perintah short dan mengingatkan user bagaimana merubah halaman dan fungsi.

Membuat penyajian tampilan layar yang konsisten Lokasi informasi adalah di tempat yang sama setiap saat sebuah layar baru diakses.

Memudahkan pengguna bergerak di antara layar Pada web pages (halaman website) perpindahan halaman bisa dilakukan dengan menggunakan hyperlink. Minimal terdapat 3 cara untuk berpindah di antara layar yang dikembangkan Scrolling Context-sensitive pop-up windows Onscreen dialog

Menciptakan tampilan layar yang menarik Jika user melihat tampilan layar menarik, mereka akan lebih produktif, sedikit supervisi dan hanya membuat sedikit kesalahan saja. Gunakan banyak windows atau hyperlink dari pada memasukkan semuanya ke satu layar saja. Jika tampilannya memang harus kompleks, tebalkan atau pisahkan sub kategorinya untuk membuat perbedaannya.

Gunakan Icon Icon yang berbentuk gambar dan merupakan tampilan berupa simbol dari suatu aksi yang dapat dipilih dengan mouse, keyboard, lightpen atau joystick. Gunakan icon yang sudah standar dan yang sering dipakai. Maksimal icon yang digunakan jangan lebih dari 20 buah

Terima Kasih