Keuskupan Agung Jakarta

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sosialisasi Bahan Adven Bulan Keluarga 2013
Advertisements

PEMBEKALAN RAKER PAROKI Sta. MONIKA
ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015 Introduksi Pastoral SAMADI, Januari 2013.
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
TUGAS PERUTUSAN MURID YESUS
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
Draft ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015
+Menempatkan diri dalam kelompok para murid Tuhan + Menjadi seperti apakah aku? Petrus? Thomas? Matius? Yohanes dan Yakobus? Yudas? Atau siapakah aku?
PERAN ALLAH DALAM KELUARGA
Teladan Paus Fransiskus: Cinta Gereja
RENCANA PROKER & RAB/RAI
Mempersiapkan Awam sebagai Saksi Kristsus
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Dipersiapkan oleh: Vonny
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
Awam Dalam Kiprah Pewartaan Injil
TERLIBAT BERBAGI BERKAT
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
Spiritualitas: dasar, akar dan jangkar Kita dan spritualitas kita Menurut anda secara pribadi, apakah arti kata “Spiritualitas” itu? Buatlah definisi.
“Hari Minggu Evangelisasi”
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
PANGGILAN HIDUP MEMBIARA
Apa itu Institusi sosial?
Babtis.
JADILAH PEMENANG HIDUP YANG BENAR
PAROKI ST BONAVENTURA, PULOMAS 20 AGUSTUS 2017
PAROKI KAJ AMALKAN PANCASILA : MAKIN ADIL, MAKIN BERADAB
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
PEMBEKALAN PRODIAKON PITC RUMPUT, 15 MARET 2015
MEMBANGUN SIKAP ADIL DAN BERADAB
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
Klender, 24 Juli 2015 ArDas KAJ: Cita-cita.
Kebangkitan dan Transformasi
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
ROSARIO MERAH PUTIH AULA SD ST. MARIA, 9 APRIL 2016.
MENABUR BENIH Mzm.126:5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak- sorai.  126:6 Orang yang berjalan maju dengan.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
STRATEGI KOMUNIKASI ARDAS KAJ
EVANGELII NUNTIANDI Pewartaan Injil dalam Dunia Modern
CIRI KEPEMIMPINAN KATOLIK
Membawa Kabar Baik.
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020
TEMU PEWARTA IMAN-KAJ Sharing atas gerakan iman dan persaudaraan antar para pewarta 1 NOPEMBER 2015.
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
HAK & KEWAJIBAN ORANG BERIMAN
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
KUNCI KEPADA PERSATUAN
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
BAB VII YESUS SEBAGAI SAHABAT, TOKOH IDOLA, DAN JURUSELAMAT
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
BAB VII YESUS, SAHABAT, TOKOH IDOLA, PUTRA ALLAH DAN JURUSELAMAT
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
BAB III PANGGILAN DAN PERUTUSAN MURID YESUS
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
PERAN ROH KUDUS BAGI MURID YESUS
Transcript presentasi:

Keuskupan Agung Jakarta Memahami ARAH DASAR 2016-2020 Keuskupan Agung Jakarta

Bukan ARDAS-PAS Kata “pastoral” dalam konteks megapolitan Jakarta rasanya kurang energik. Kata “evangelisasi” atau “misioner” mengandung nuansa “ke luar”, pergi mencari sepuluh yang tersesat dan bukan hanya menghabiskan waktu dan energi untuk merawat sembilan puluh domba yang tidak tersesat. Atau mungkin lebih tepat, mengajak sembilan puluh yang tidak tersesat agar mencari sepuluh yang tersesat. Kata “strategi” yang mengungkapkan keberanian, kesungguhan, langkah sistematis bahkan nuansa pergulatan yang dituntut oleh realitas kota megapolitan.

4 UNSUR DALAM RUMUSAN ARDAS KAJ 1. Cita-cita 4 UNSUR DALAM RUMUSAN ARDAS KAJ 2. Perutusan 3. Sasaran Prioritas 4. Ungkapan Harapan

ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA 2016 – 2020 Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa sukacita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan. Atas dorongan Roh Kudus, berlandaskan spiritualitas inkarnasi Yesus Kristus, serta semangat Gembala Baik dan Murah Hati, umat Keuskupan Agung Jakarta berupaya menyelenggarakan tata-pelayanan pastoral-evangelisasi agar semakin tangguh dalam iman, terlibat dalam persaudaraan inklusif, dan berbelarasa terhadap sesama dan lingkungan hidup. Melalui tata-pelayanan pastoral-evangelisasi yang sinergis, dialogis, partisipatif dan transformatif, seluruh umat KAJ berkomitmen untuk : 1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. 2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. 3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan 4. Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. 5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Semoga Allah Yang Maha Rahim, yang telah memulai pekerjaan baik dalam diri kita, berkenan menyempurnakannya dan Bunda Maria menyertai, menuntun serta meneguhkan upaya-upaya kita.

CITA-CITA Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa sukacita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan.

(Basis Hidup menggereja) Sebagai PERSEKUTUAN Tata layanan pastoral yang hendak dikembangkan adalah yang bersifat melibatkan dan memberdayakan komunitas-komunitas teritorial lingkungan maupun komunitas kategorial Komunitas Teritorial (Basis Hidup menggereja) Komunitas Kategorial (Kekayaan Khas KAJ) 01 JATI DIRI GEREJA KAJ

CATATAN PINGGIR Data Pastoral menjadi sangat penting: Jumlah umat KAJ: 499.485 (2014); Jumlah KK: 144.457 Jumlah lingk: 3445 Jumlah Kel. Kategorial: 500+ Pemetaan tantangan riil terkini: fakta sosio demografi, sekularisasi (hedonisme, materialisme) Pemberdayaan: peningkatan kualitas kader pelayan awam

Sebagai PERSEKUTUAN 01 JATI DIRI GEREJA KAJ Adapun dalam komunitas-komunitas itu “umat awam, para religius, dan klerus saling mengakui dan menerima sebagai saudara-saudari.“ FABC V, no. 8.1.1.1) Akan tetapi, sesuai dengan kharisma dan panggilannya masing-masing semua umat beriman berpartisipasi dalam tugas imamat, kenabian, dan rajawi Kristus secara khas. Bdk. LG 31. Kaum awam dipanggil dan diutus untuk secara khusus mewujudkan Kerajaan Allah melalui kehidupan dan tugas mereka di dunia. 01 JATI DIRI GEREJA KAJ

Sebagai PERSEKUTUAN 01 JATI DIRI GEREJA KAJ Para RELIGIUS memberi kesaksian tentang kasih Allah Tritunggal melalui hidup mereka yang dibaktikan pada-Nya. Adapun KAUM KLERUS melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan tahbisan yang diterimanya untuk “melayani saudara-saudara mereka, supaya semua yang termasuk Umat Allah ... dengan bebas dan teratur bekerja sama” dalam perjalanan menuju tercapainya “keselamatan”. LG 18. 01 JATI DIRI GEREJA KAJ

_____________________________________________________ Sebagai PERSEKUTUAN CATATAN PASTORAL: _____________________________________________________ Kolegialitas dengan semangat egaliter (semartabat) Berpartisipasi dalam tugas imamat, kenabian & rajawi Yesus Kristus Kekhasan tugas dan karunia masing-masing Bekerjasama demi keselamatan Umat Awam Kaum Religius Kaum Klerus 01 JATI DIRI GEREJA KAJ

CATATAN PINGGIR Ada sekitar 250-300 imam di KAJ dengan 22 latar belakang tarekat/ordo. Ada 43 tarekat suster di KAJ. KAJ pun memiliki umat Allah yang dikarunia talenta, keahlian, sumber daya ekonomi, kepandaian yang sangat bagus untuk membangun Gereja KAJ.

Teologi Imamat Imamat Jabatan & Imamat Umum Imamat Jabatan terkait dengan orang tertahbis, Imamat umum berdasarkan iman, baptisan, krisma dan Ekaristi. Laikos / Lay / Laie berarti seluruh umat / bangsa. Terjemahan Indonesia: ‘awam’ (lawan kata: expert/ahli)

COLLECTIVE INTELLIGENCE TREND BARU COLLECTIVE INTELLIGENCE

Seorang pemimpin harus mampu membaca gerakan Roh dalam diri setiap anggotanya dan memaksimalkan potensi kolektif Walaupun dalam Gereja ada prinsip ketaatan, sudah bukan zamannya lagi kepemimpinan yang pastor-centris atau top-down.

Gereja KAJ ingin menjadi persekutuan yang HIDUP dan TERBUKA Sebagai GERAKAN Belajar dari gerakan hidup Yesus Gerakan Keluar - Ke dalam ; Altar - Pasar ; Kontemplasi - Aksi Mistik – Politik = INTEGRAL Kalau Gereja statis dan tertutup, maka perlu catatan Kritis tentang katekese, liturgi dan pembinaan rohani lainnya: TRANSFORMASI DIRI Kreativitas atau Fantasi Pastoral diberi ruang seluas-luasnya Gereja KAJ ingin menjadi persekutuan yang HIDUP dan TERBUKA 02 JATI DIRI GEREJA KAJ

Sebagai GERAKAN 02 JATI DIRI GEREJA KAJ Bukankah Yesus secara berkala pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa dan kemudian melanjutkan karya-Nya mewartakan Kerajaan Allah (bdk Mrk 1:35; 6:31). Dan bukankah Perayaan Ekaristi berakhir dengan seruan “Marilah kita pergi, kita diutus” Bukankah ada sekian banyak anggota Gereja, khususnya kaum awam, yang sudah dengan sendirinya berada di pasar dan bergelut serta berjuang di situ dengan inspirasi iman katolik? 02 JATI DIRI GEREJA KAJ

BERCITA-CITA MENJADI PEMBAWA KABAR SUKACITA INJILI Sungguh penting bagi Gereja saat ini untuk pergi keluar dan memberitakan Injil kepada semua orang: ke setiap tempat, dalam segala kesempatan, tanpa ragu-ragu, enggan atau takut. EG 23. “Gereja yang bergerak keluar adalah Gereja yang pintu-pintunya terbuka “ (EG 46). “Gereja dipanggil untuk menjadi rumah Bapa, dengan pintu-pintu yang selalu terbuka lebar” (EG 47).

Arah Gerakan Gereja: Menjadi Pembawa Sukacita Injili Motif Kristologis: semangat inkarnasi , mewartakan kabar gembira. Pembawa suka cita injili menjadi orang yang terlibat dengan semangat spiritualitas inkarnasi. Allah telah memilih hadir ditengah kesemrawutan dunia ini. Dunia inilah medan perjumpaan dengan Allah. Bukan persekutuan statis mati melainkan yang hidup.

MOTIF KRISTOLOGIS Dalam kehidupan di dunia Yesus Kristus mewartakan dan mewujudkan Kerajaan Allah: Ia “menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin ..., memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, penglihatan kepada orang-orang buta, ... membebaskan orang-orang yang tertindas ... memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang” (Luk 4: 19).

TUGAS GEREJA KAJ (1) Umat Allah KAJ diharapkan menjadi peduli pada dan bersedia berbagi dengan mereka yang miskin, berkebutuhan khusus, dan terpinggir-kan di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, serta terbuka pada umat keuskupan lain sehingga dengan demikian kehadiran Gereja Katolik sebagai sakramen keselamatan sungguh dialami sesama secara nyata terutama oleh mereka yang menderita. (PDDP KAJ 2014, Hlm. 26).

TUGAS GEREJA KAJ (2) Dalam pelayanan kasih itu, Umat Allah KAJ juga diharapkan membangun persaudaraan yang semakin inklusif, menata hubungan dan kerjasama dengan masyarakat, umat beragama dan kepercayaan lain dengan kesadaran bahwa kita semua adalah saudara sesama ciptaan Tuhan dan sebangsa-setanah air. (PDDP KAJ 2014, Hlm. 26).

MEWUJUDKAN KERAJAAN ALLAH YANG MAHARAHIM Pewahyuan dan perwujudan kerahiman kasih Allah itu memuncak dalam peristiwa Yesus Kristus, yang rela menjadi manusia hingga wafat di salib dan bangkit dari antara orang mati. “Melalui perkataan, perbuatan dan seluruh pribadi-Nya Yesus dari Nasaret mewahyukan kerahiman Allah” (MV 1)

POPE FRANCIS

Church is not an institution. Church is a LOVE STORY Theology of Mercy Fenomena Paus Fransiskus Hari-hari pertama sesudah pengangkatan Pembasuhan kaki Komentar tentang Gay Sinode keluarga Church is not an institution. Church is a LOVE STORY Theology of Mercy

MEWUJUDKAN KERAJAAN ALLAH YANG MAHARAHIM “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat” (Mzm 103: 3-4). “Allah tak pernah lelah mengampuni kita” (EG 3).

MEWUJUDKAN KERAJAAN ALLAH YANG MAHARAHIM Mat 9:13 ”Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” “Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa” (Ibr 2:17)

MENGAMALKAN PANCASILA Mgr. Albertus Soegijapranta, SJ agar kita menjadi seratus prosen katolik dan seratus prosen Indonesia.Sekaligus untuk ikut menyembuhkan Pancasila yang dalam sejarah bangsa kita tercederai karena dipakai sebagai alat kekuasaan. Gereja yakin bahwa Pancasila, yang telah teruji dan terbukti keampuhannya dalam sejarah Republik kita ini, merupakan wadah kesatuan dan persatuan nasional. Pancasila, baik sebagai keseluruhan maupun ditinjau sila demi sila, mencanangkan nilai-nilai dasar hidup manusiawi, sejalan dengan nilai yang dikemukakan oleh ajaran dan pandangan Gereja Katolik”.

DEMI KESELAMATAN MANUSIA DAN KEUTUHAN CIPTAAN Keselamatan dapat dialami oleh manusia ketika masih hidup di bumi terkait aspek-aspek manusiawi; namun dapat juga dipahami sebagai keselamatan eskatologis. Tentu kita ingin memperjuangkan kedua dimensi keselamatan itu melalui pelbagai gerakan. Kata “Keutuhan Ciptaan” ingin mempertegas tanggungjawab kita bersama untuk kelangsungan semesta ini demi generasi yang akan datang.

PERUTUSAN Atas dorongan Roh Kudus, berlandaskan SPIRITUALITAS INKARNASI Yesus Kristus, serta semangat GEMBALA BAIK dan MURAH HATI, umat Keuskupan Agung Jakarta berupaya menyelenggarakan TATA PELAYANAN PASTORAL EVANGELISASI agar semakin tangguh dalam IMAN, terlibat dalam PERSAUDARAAN INKLUSIF, dan BERBELARASA terhadap sesama dan lingkungan hidup.

SPIRITUALITAS INKARNASI YESUS KRISTUS (1) Ia mengambil rupa seorang hamba. Ia tidak memilih kota-kota metropolitan pusat-pusat ekonomi. (2) Ia memilih sebuah desa kecil dan udik. (3) Ia selalu mempunyai opsi fundamental kepada orang-orang kecil, miskin, sederhana, terbuang, pendosa, pelacur, dan kumpulan manusia-manusia terbuang. (4) Ia akhirnya memilih mati di atas Salib, sebuah palang hina (5) Allah yang terlibat langsung dalam hiruk pikuk hidup manusia

SEMANGAT GEMBALA BAIK DAN MURAH HATI (1) Beriman: Kedalaman hidup/sukacita pelayanan (2) Bersaudara: internal dan eksternal (3) Misioner: Sesuai tugas perutusan (4) Berintegritas: Berkepribadian utuh (5) Peduli: Ketulusan membantu sesama (6) Berkompeten: kecakapan pastoral.

TATA PELAYANAN PASTORAL-EVANGELISASI TATA PELAYANAN meliputi seluruh proses: perencanaan, pengambilan keputusan, pelaksanaan, evaluasi, laporan pertanggungjawaban. PASTORAL EVANGELISASI: terkait nilai-nilai injili yang ingin diwartakan atau ditanamkan

SEMAKIN TANGGUH DALAM IMAN TERLIBAT DALAM PERSAUDARAAN INKLUSIF, BERBELARASA TERHADAP SESAMA DAN LINGKUNGAN HIDUP Disadari bahwa 3 ruang lingkup ini sangat penting, selalu relevan sampai akhir zaman, sudah diingat dengan baik oleh umat Allah dan harus terus didalami dan diwujudkan.

KUTIPAN SURAT GEMBALA BAPAK USKUP IGNATIUS SUHARYO Bila tidak ada belas kasih Berarti persaudaraan di dalamnya berciri egois Bila tidak ada persaudaraan (kurang rukun) Berarti ada yang keliru dalam penghayatan beriman kita.

KETIGA BIDANG KEHIDUPAN TERSEBUT: IMAN, PERSAUDARAAN DAN BELARASA Akan terus kita lanjutkan pendalamannya pada ArDas 2016-2020 yang akan diwujudkan dalam sasaran prioritas yang akan menjadi gerakan kita bersama-sama.

TATA PELAYANAN YANG SINERGIS, DIALOGIS, PARTISIPATIF dan TRANSFORMATIF

SINERGIS Membiasakan diri melaksanakan karya bersama bila terkait urgensi pastoral yang sejenis atau subjek pastoral yang sama. Peluangnya adalah: gerakan pastoral bersama yang akan mempermudah banyak hal (waktu, tenaga, dana)

DIALOGIS Pentingnya komunikasi dengan semua pihak (Kuria KAJ, DKP, Pastor, Dewan Paroki, Komisi, seksi, kelompok, umat Allah) untuk mencari kehendak Allah demi kebaikan umat beriman Kemampuan membaca tanda-tanda zaman Pentingnya melakukan survey pastoral untuk menangkap dengan baik kebutuhan Umat Allah Kemampuan berkomunikasi itu menjadi sangat menentukan.

Melibatkan semakin banyak pihak ikut terlibat. PARTISIPATIF Melibatkan semakin banyak pihak ikut terlibat. Paroki-paroki di KAJ dikaruniai umat Allah yang luarbiasa dalam banyak aspek. namun di sisi yang lain juga memiliki sejuta tantangan yang terkadang membuat tidak mudah untuk mengundang partisipasi.

TRANSFORMATIF Karya-karya pastoral memiliki daya ubah. Ada perkembangan yang dapat diukur. Hati-hati dengan FENOMENA PASTORAL KEGIATAN yang hanya akan membuat kita sibuk melakukan banyak kegiatan namun tidak pernah diarahkan pada TUJUAN ke depan. Sekedar putar-putar di tempat. Mungkin dapat diistilahkan sebagai Pastoral Poco-poco.

SASARAN PRIORITAS Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta

1. MENGEMBANGKAN PASTORAL KELUARGA YANG UTUH DAN TERPADU Prioritas pastoral Gereja universal dan KWI Persoalan terkait keluarga semakin meningkat (ketidaksetiaan, kekerasan, kesulitan ekonomi) Tingkat kehadiran /partisipasi Kaum perempuan dalam kegiatan gerejani lebih tinggi. Kemana kaum lelaki? Tantangan pembinaan iman anak, remaja dan OMK semakin berat

2. MENINGKATKAN KUALITAS PELAYAN PASTORAL & KADER AWAM ArDas 2011-2015 masih menyisakan pekerjaan rumah untuk kita terkait kaderisasi Kader Bina Lingkungan, ketua lingkungan, OMK Kaderisasi ataupun pembekalan manjadi semakin mendesak karena banyak umat awam melayani hanya didasarkan niat baik untuk melayani tanpa pembekalan

3. MENINGKATKAN KATEKESE DAN LITURGI YANG HIDUP DAN MEMERDEKAKAN Pengalaman 2 murid Emmaus adalah contoh katekese yang memerdekakan. Katekese dan liturgi merupakan 2 bidang kehidupan Gereja yang dapat menjadi kesempatan untuk semakin membuat umat Allah mencapai wajah Gereja yang dicita-citakan. Kata “hidup” dan “memerdekakan” dapat menjadi permenungan untuk kita semua. Sejauh mana katekese dan liturgi menjawab memberi makna dan relevan untuk pergulayan kehidupan umat.

Membuka mata terhadap penderitaan nyata sesama saat ini. 4. MENINGKATKAN BELARASA MELALUI DIALOG DAN KERJASAMA DENGAN SEMUA PIHAK UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG ADIL, TOLERAN DAN MANUSIAWI Membuka mata terhadap penderitaan nyata sesama saat ini. Dialog kehidupan lewat karya bersama menjadi pintu masuk yang paling baik Program karitatif dan pemberdayaan ekonomi harus menjadi fokus yang sama kuatnya

5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah KAJ Laudato si sebagai undangan dari Bapa Suci melakukan pertobatan ekologis Kreativitas pastoral dapat dilakukan pada semua level: keuskupan, dekenat, paroki, lingkungan, sekolah, keluarga

UNGKAPAN HARAPAN Sebuah Doa Semoga Allah Yang Maha Rahim, yang telah memulai pekerjaan baik dalam diri kita, berkenan menyempurnakannya dan Bunda Maria menyertai, menuntun serta meneguhkan upaya-upaya kita.

Sasaran Prioritas Arah Dasar KAJ Pengantar Sasaran Prioritas Arah Dasar KAJ 2016 - 2020 “Pengantar ini bertujuan untuk memudahkan terbentuknya pemahaman praktis dari setiap rumusan Sasaran Prioritas ArDas Keuskupan Agung Jakarta 2016-2020” Tim Penyusun: RD Thomas Ulun Ismoyo Fransisca Helen Satyadharma

ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA 2016 – 2020 Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa sukacita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan. Atas dorongan Roh Kudus, berlandaskan spiritualitas inkarnasi Yesus Kristus, serta semangat Gembala Baik dan Murah Hati, umat Keuskupan Agung Jakarta berupaya menyelenggarakan tata-pelayanan pastoral-evangelisasi agar semakin tangguh dalam iman, terlibat dalam persaudaraan inklusif, dan berbelarasa terhadap sesama dan lingkungan hidup. Melalui tata-pelayanan pastoral-evangelisasi yang sinergis, dialogis, partisipatif dan transformatif, seluruh umat KAJ berkomitmen untuk : 1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. 2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. 3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan. 4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. 5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Semoga Allah Yang Maha Rahim, yang telah memulai pekerjaan baik dalam diri kita, berkenan menyempurnakannya dan Bunda Maria menyertai, menuntun serta meneguhkan upaya-upaya kita.

1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. “pastoral keluarga” = penggembalaan seluruh anggota keluarga  pasutri, anak, kaum muda, lansia “utuh dan terpadu”  fokus pada program yang melibatkan semua anggota keluarga secara bersama-sama Tujuan: Tangguh dalam iman

1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. Aspek hidup berkeluarga: kesejahteraan & keharmonisan keluarga, kualitas relasi pasutri & orang tua-anak, pendidikan anak Latar belakang: kasus perceraian, keluarga berantakan, anak muda terkena narkoba, kurangnya pastoral anak, lansia kurang mendapat perhatian, kurang pendampingan keluarga, kurang kegiatan yang melibatkan keluarga

1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu. “pastoral keluarga” = penggembalaan seluruh anggota keluarga  pasutri, anak, kaum muda, lansia “utuh dan terpadu”  fokus pada program yang melibatkan semua anggota keluarga secara bersama-sama Aspek hidup berkeluarga: kesejahteraan & keharmonisan keluarga, kualitas relasi pasutri & orang tua-anak, pendidikan anak Latar belakang: kasus perceraian, keluarga berantakan, anak muda terkena narkoba, kurangnya pastoral anak, lansia kurang mendapat perhatian, kurang pendampingan keluarga, kurang kegiatan yang melibatkan keluarga Tujuan: Tangguh dalam iman

2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. “kualitas pelayan” = mutu aktivis Gereja dalam melayani umat “pastoral” = penggembalaan “kader awam”  menjamin regenerasi, semakin banyak umat yang terlibat secara aktif “persaudaraan inklusif”  sekular, kehidupan berbangsa, terbuka pada eksternal Gerejawi Tujuan: Terlibat dalam persaudaraan inklusif

2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. Latar belakang: kaderisasi kaum muda tidak berkelanjutan, gejala “pastor-sentris”, kurang adanya sistem pelatihan/pembekalan bagi para pelayan Gereja, kegiatan kurang menjawab kebutuhan karena lemahnya pendataan dan litbang

2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam. “kader awam”  menjamin regenerasi, semakin banyak umat yang terlibat secara aktif “kualitas pelayan” = mutu aktivis Gereja dalam melayani umat “pastoral” = penggembalaan Latar belakang: kaderisasi kaum muda tidak berkelanjutan, gejala “pastor-sentris”, kurang adanya sistem pelatihan/pembekalan bagi para pelayan Gereja, kegiatan kurang menjawab kebutuhan karena lemahnya pendataan dan litbang “persaudaraan inklusif”  sekular, kehidupan berbangsa, terbuka pada eksternal Gerejawi Tujuan: Terlibat dalam persaudaraan inklusif

3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan. “katekese” = pewartaan iman  di segala aspek “liturgi” = perayaan iman = keikutsertaan umat dalam karya keselamatan Allah Tujuan: Tangguh dalam iman

“hidup”  kontekstual, kreatif, dinamis, berdaya pikat dalam katekese 3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan. “hidup”  kontekstual, kreatif, dinamis, berdaya pikat dalam katekese  aktif & partisipatif, agung-sederhana-tertata dalam liturgi “memerdekakan”  menginspirasi umat beriman dalam memahami makna terdalam relasi dengan Allah yang dimuliakan dan manusia yang dikuduskan

3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan. Latar belakang: tidak tersedianya pedoman katekese dan liturgi untuk berbagai tingkatan usia dan aneka kelompok umat secara berjenjang (BIA-BIR-OMK-keluarga-lansia), kurangnya katekese/ mistagogi (pemantapan iman) serta pemaknaan liturgi dalam kegiatan lingkungan

3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan. “hidup”  kontekstual, kreatif, dinamis, berdaya pikat dalam katekese  aktif & partisipatif, agung-sederhana-tertata dalam liturgi “memerdekakan”  menginspirasi umat beriman dalam memahami makna terdalam relasi dengan Allah yang dimuliakan dan manusia yang dikuduskan “katekese” = pewartaan iman  di segala aspek “liturgi” = perayaan iman = keikutsertaan umat dalam karya keselamatan Allah Latar belakang: tidak tersedianya pedoman katekese dan liturgi untuk berbagai tingkatan usia dan aneka kelompok umat secara berjenjang (BIA-BIR-OMK-keluarga-lansia), kurangnya katekese/ mistagogi (pemantapan iman) serta pemaknaan liturgi dalam kegiatan lingkungan Tujuan: Tangguh dalam iman

4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran, dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup

“dialog”  mengutamakan dialog kehidupan 4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran, dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. “belarasa” = sikap hati yang timbul dari karya Roh dalam diri, yang memampukan kita untuk empati/turut merasakan, dan ingin berbuat suatu kebaikan “dialog”  mengutamakan dialog kehidupan “kerjasama”  lintas budaya dan agama

Aspek gerakan: karitatif/donasi, pemberdayaan ekonomi, advokasi 4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran, dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. Latar belakang: kurangnya publikasi karya-karya Gereja, sindrom minoritas dalam kemasyarakatan Aspek gerakan: karitatif/donasi, pemberdayaan ekonomi, advokasi

4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran, dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih. “kerjasama”  lintas budaya dan agama “belarasa” = sikap hati yang timbul dari karya Roh dalam diri, yang memampukan kita untuk empati/turut merasakan, dan ingin berbuat suatu kebaikan “dialog”  mengutamakan dialog kehidupan Latar belakang: kurangnya publikasi karya-karya Gereja, sindrom minoritas dalam kemasyarakatan Aspek gerakan: karitatif/donasi, pemberdayaan ekonomi, advokasi Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup

5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. “keterlibatan umat”  gerakan aksi nyata umat [berdasarkan konsep “Paroki Ramah Lingkungan”] Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup

Aspek pembaharuan: fasilitas, penggerak, kampanye & aturan 5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Latar belakang: tidak ada ajakan untuk mencintai hidup sehat, kurang pemahaman tentang “dosa ekologis” dan JPIC: Justice, Peace, Integration of Creation (keadilan, perdamaian, keutuhan ciptaan) Aspek pembaharuan: fasilitas, penggerak, kampanye & aturan

Aspek pembaharuan: fasilitas, penggerak, kampanye & aturan 5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. “keterlibatan umat”  gerakan aksi nyata umat [berdasarkan konsep “Paroki Ramah Lingkungan”] Latar belakang: tidak ada ajakan untuk mencintai hidup sehat, kurang pemahaman tentang “dosa ekologis” dan JPIC: Justice, Peace, Integration of Creation (keadilan, perdamaian, keutuhan ciptaan) Aspek pembaharuan: fasilitas, penggerak, kampanye & aturan Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup