Metode Perancangan Program

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Object Oriented Analysis and Design
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 6 Structural modelling
SEQUENCE DIAGRAM.
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
Metode Perancangan Program
Metode Perancangan Program
Rekayasa Perangkat Lunak
UML (Unified Modelling Language)
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
Metode Perancangan Program
Metode Perancangan Program Pert 23- Moving into design.
Pengantar UML.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Unified Modeling Language [UML]
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Object oriented analyst and design
Anna dara andriana., M.kom
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Design Basis Data Kelompok 9
PERANCANGAN DATA BASE.
Object-Oriented Analysis (OOA)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Metode Perancangan Program
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Metode Perancangan Program
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SDLC (System Development Life Cycle)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Perancangan Basis Data
Soal PSBO Pert.1-6.
Oleh : Sri Herawati, S.Kom, M.Kom
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Bab 5 activity diagram.
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Object oriented analyst and design
KONSEP PEMODELAN  Pada pengembangan sistem model digambarkan dalam bentuk fisik dan abstrak.  Tim pengembangan sistem (software) membutuhkan model untuk.
Transcript presentasi:

Metode Perancangan Program Pert 14 – Konsep Modeling

Apakah itu model ? Seperti peta, model menampilkan sesuatu. Model berguna dalam beberapa hal, karena model diambil dari hal yang mereka wakili. Model lebih cepat dan mudah dibuat Model dapat digunakan untuk simulasi Model dapat berevolusi sesuai dengan masalah yang ada Kita dapat memilih detail yang mana untuk dimasukkan dalam model. Model dapat mewakili hal yang real ataupun imajinasi Sebuah model yang tepat memiliki detail dan struktur yang benar, dan hanya menampilkan hal yang penting saja

Apakah itu Diagram ? Para analis dan designer, menggunakan diagram untuk membuat model sistem, hal ini sama seperti arsitektur menggunakan gambar dan diagram untuk model bangunan. Model diagram digunakan untuk: Mengkomunikasikan ide Menghasilkan ide dan kemungkinan kemungkinan baru Menguji ide dan membuat prediksi Memahami struktur dan relationship Untuk sistem yang komplek, kemungkinan dibutuhkan banyak diagram untuk menampilkan sistem tersebut

Contoh diagram

UML Diagram pada pembahasan materi ini menggunakan UML. Diagram UML terdiri dari empat elemen : Icon Simbol dua dimensi Path string

Mengembangkan model Model yang dihasilkan selama pengembangan sistem akan mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi meliputi tiga hal : Abstraksi Formality Level detail

Membuat activity diagram Tujuan activity diagram: Untuk membuat model sebuah task (tugas) Untuk menggambarkan fungsi sistem yang dibuat dengan use case Untuk menggambarkan logik dari sebuah operasi

Notasi activity diagram Setiap activity digambarkan dengan segiempat dengan ujungnya membulat Nama dari activity ditulis didalam simbol dua dimensi. Pilihan kondisi ditulis didalam segiempat dan harus dievaluasi benar / salah. Ini disebut guard condition Jika sebuat activity telah selesai, maka akan ada transisi ke final state, yang ditunjukkan dengan lingkaran hitam didalam lingkaran putih. Sedangkan untuk memulai lingkaran hitam.

Contoh

Proses Pengembangan Sebuah proses pengembangan harus menjelaskan apa yang akan dikerjakan, kapan akan dikerjkan, bagaimana hal tersebut dapat dikerjakan, dan oleh siapa untuk mencapai tujuan. Proses Pengembangan sistem dapat dibagi kedalam beberapa aktifitas utama: Requirement Capture dan Modelling Requirement Analysis System Design Class Design Interface Design Data Management Design Construction Testing Implementation

Proses pengembangan Requirement Capture : Requirement Analysis Aktifitas ini adalah mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan sistem yang akan dikembangkan Requirement Analysis Aktifitas ini akan menganalisa hasil yang diperoleh dari requirement capture System Design Pada tahap ini berbagai keputusan yang menyangkut proses desain dibuat termasuk spesifikasi arsitektur sistem yang layak. Class Design Pada tahap ini akan digabungkan diagram yang telah dihasilkan.

Proses Pengembangan Interface Design Data Management Design Pada tahap ini mendesain bagaiaman sistem dapat berinteraksi dengan user. Pada tahap ini termasuk bagaimana menempatkan button, warnanya dsb. Data Management Design Tahapan ini fokus pada mekanisme yang cocok untuk implementasi sistem database yang digunakan Construction Construction fokus pada bagiaman membuat aplikasi menggunakan teknologi pengembangan yang ada. Testing Sebelum sistem disampaikan k pada client, sistem harus ditest terlebih dahulu. Implementation Pada tahap ini termasuk instalasi pada komputer client yang akan digunakan. Juga akan mencakup transisi dari sistem yang lama ke baru dan juga managemen resiko serta training staff.