Desain Komunikasi Visual UDINUS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seni Rupa Terapan.
Advertisements

Kategori Desain Grafis
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
Desain Grafis Untuk Semua Orang
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
PRESENTASI Presenter Audiens Presentasi adalah pertukaran informasi
NUR AFNI HIDAYAH, Perancangan Katalog Studio Seni Grafis sebagai Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Desain permodelan grafis
MK. Grafis Industri.
MEDIA KOMUNIKASI Pertemuan 7
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Kenampakan Wilayah dan Pembagian Waktu di Indonesi
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
RUANG LINGKUP KEILMUAN DESAIN
Prinsip Dasar Desain Web
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Desain Komunikasi Visual | UDINUS
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
Desain Komunikasi Visual UDINUS
TINJAUAN DESKOMVIS Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS
Bahasa visual Untuk Media internal.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Desain Komunikasi Visual UDINUS
BAHASA VISUAL Pujiyanto.
PANDUAN PEMBUATAN PRESENTASI
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Assalamualaikum Wr Wb.
HURUF MIRING.
DESKOMVIS 1 TOPIK 13 PEMBUATAN KARYA DESAIN RACK DISPLAY
Contoh Seni Rupa Terapan
BOOKLET Booklet adalah media kehumasan yang termasuk ke dalam media massa non periodik benda.Booklet sifatnya insidental, yaitu hanya dalam waktu-waktu.
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
MK. Grafis Industri.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Modul 5 Disain grafis di media cetak
Design Grafis
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 1 TOPIK 14 PEMBUATAN KARYA DESAIN E X HIBITION DISPLAY
STRATEGI DESAIN Pertemuan 8
Kemampuan Berbahasa dan Bersastra
MAJALAH Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang.
Metode untuk Menciptakan Komposisi Desain yang Harmonis
KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK 8 NAMA : Taufik Fajar Hidayat ( 29 )
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Kuda merah.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
Hak Atas Kekayaan Intelektual
Bahasa visual Untuk Media internal.
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
PERSPEKTIF SEJARAH MEDIA
ASAS GRAFIK.
PROSES KOMPOSISI 1. TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS 2 ANALISIS AUDIENCE 3.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Nama : Muliati, S.Pd (SMPN SATAP LUMARING) No. Peserta : Metode Pembelajaran : Saintific Media Pembelajaran : LCD Proyektor, Laptop, Bahan.
MENGGAMBAR POSTER. KONSEP MENGGAMBAR POSTER BAHAN DAN TEKNIK MENGGAMBAR POSTER KOMPOSISI GAMBAR POSTER GAMBAR HURUF PROSEDUR MENGGAMBAR POSTER.
Contoh 5 Jenis Komunikasi by: Jizan Priauzan
Transcript presentasi:

Desain Komunikasi Visual UDINUS BAHASA VISUAL Desain Komunikasi Visual UDINUS

BAHASA VISUAL Bahasa Visual (Verbal) (Rupa) Dibaca Dilihat

Bahasa: Sistem tanda yang dipakai manusia untuk melahirkan pikiran dan perasaan yang diwujudkan dalam perkataan. Visual: Sesuatu yang dapat dilihat dengan mata Bahasa Visual: Merupakan penyampaian pesan kepada khalayak melalui berbagai hal yang dapat dilihat secara kasat mata, seperti warna, gambar, bentuk, dan penataan.

BAHASA VISUAL Belajar dari bahasa rupa masa lalu: Lukisan Gua Di sekitar danau Sentani, cetakan tangan negatif (merah, hitam, dan putih) pada diinding gua (ekspedisi Frobensius, 1938). Di Jayapura-Papua, perahu reptil, kapal, manusia-burung enggang, manusia-kadal Di Raha pulau Muna Sulawesi Selatan, Menggambarkan seekor kuda ditunggangi oleh dua pengendara, cetakan tangan dan kaki. Di Kepulauan Kai, Tanimbar, Leti dan Seram, Dataran tinggi Pasemah Sum-sel. BAHASA VISUAL

Cetak tangan pada dinding gua mungkin dibuat dengan menekan tangan di dinding. Lukisan-lukisan gua di Irian Jaya menggambarkan manusia dan kehidupan reptil dan kapal. Seekor kuda ditunggangi oleh dua pengendara bertongkat ditemukan di gua Raha, Pulau Muna, Sulawesi. BAHASA VISUAL

Perahu pra sejarah 500sm di Teluk Berau Papua BAHASA VISUAL

Lukisan di Gua Kabori Sulteng, 1000 thn lalu BAHASA VISUAL

BAHASA VISUAL BAHASA VERBAL BAHASA VISUAL Alphabeth Tatabahasa Komposisi Retorika verbal Kata klise Elemen rupa Tatarupa Media Retorika visual Klise visual BAHASA VISUAL

Elemen rupa, merupakan elemen-elemen yang mendukung terciptanya Desain Komunikasi Visual, yaitu: Warna, Gambar, Karakter huruf, Penataan, Animasi, Bentuk media, BAHASA VISUAL

Tata rupa, merupakan prinsip-prinsip desain yang digunakan untuk menciptakan Desain Komunikasi Visual, yaitu: Kesatuan, Harmoni, Urutan, Penekanan, Kontras, Keseimbangan, BAHASA VISUAL

BAHASA VISUAL Jenis media dalam Desain Komunikasi Visual, antara lain: Lukisan (gambar) Periklanan. Media massa, Buku, Kemasan produk, Fotografi, Videografi & Perfilman. BAHASA VISUAL

Retorika visual dalam Desain Komunikasi Visual merupakan karya yang bersifat propaganda. Propaganda berasal dari bahasa Latin yaitu propagare, artinya mengembangkan. Tujuannya untuk menanamkan komunikasi subyektif dengan menggunakan sugestif. BAHASA VISUAL

BAHASA VISUAL

Klise visual, merupakan menghasilkan karya Desain Komunikasi Visual dengan cara meniru. Meniru bukan berarti “menjiplak” tetapi belajar kepada para desainer atau mencontoh pada desain-desain yang sudah ada yang dianggap bagus. BAHASA VISUAL

Menjiplak (plagiat) BAHASA VISUAL

Meniru BAHASA VISUAL

BAHASA VISUAL Penggalian Ide Pada proses penggalian ide, dimulai dengan konsentrasi melihat suatu melalui: Pendekatan masalah. Brainstorming, Seleksi, Alternatif, Inkubasi, Menemukan, Verifikasi, Produksi. BAHASA VISUAL

Sumber Ide BAHASA VISUAL

Sumber Ide BAHASA VISUAL

Sumber Ide BAHASA VISUAL

Sumber Ide BAHASA VISUAL

Sumber Ide BAHASA VISUAL

Sekian, terimakasih BAHASA VISUAL