SISTIMATIKA AL-QUR’AN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ulumul Quran Makkiyah dan Madaniyah
Advertisements

KETENTUAN REZEKI DARI ALLAH SWT Oleh: Qosim Abdullah D
Flying Book 198 Misi Rahasia Para Nabi kh fahmi basya.
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
II Pengertian Al-Qur’an
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Mengenal Al-Qur’an Oleh: Team Teaching
Nuzulul Qur’an dan Qadifikasi Al-Qur’an
BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.
IV KANDUNGAN AL-QUR'AN A. Fungsi al-Qur'an
Pendidikan Agama Islam
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
ILMU ASBABUN NUZUL.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
NUZULUL QUR’AN.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
DIPLOMA PENGAJIAN AL-QURAN & SUNNAH
BELAJAR TAJWID تجويد تجويد.
III TURUNNYA AL-QUR'AN Al-Qur’an diturunkan dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari, yaitu mulai dari malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi sampai.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL QUR`AN, AS SUNNAH, IJMA’, & QIYAS
Solihat Loading... Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang baik www. Solihat wordpress.com Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASARKAN CARA URAIAN
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASARKAN SUMBER
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Al-Qur’an Kelompok 6.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
SYARI’AH, HAM DAN DEMOKRASI MENURUT ISLAM
KONSEP NASAKH DALAM AL-QUR’AN
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Nilai dan aspek KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN
Berpikir Kritis dalam QS. Ali Imran/3: 191 Kelas XII
TUGAS KELOMPOK KELAS : 12.5A.21 AGAMA ISLAM.
TARJIH al ADILLAH Oleh : Asep Suryanto.
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
Agama Islam Ke-iman-an dan Dan ke-taqwa-an.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
CERDAS CERMAT
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
( Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir )
BAB IV. PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SALEH
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
KAJIAN JUMAT PAGI KARYAWAN FKK UMJ TAFSIR SURAH ALBAQARAH AYAT 1-5
MUNASABAH AL-QUR’AN MUHAMMAD AJI NUGROHO.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Matematika Islam N0: 1 (Matematika Al-Quran)
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
Matematika Islam N0: 1 (Matematika Al-Quran)
1. PENGERTIAN AL-QUR’AN, ISI KANDUNGAN, PEMBAGIAN, SEJARAH TURUN & PENGUMPULANNYA, PENERJEMAHAN SERTA PENAFSIRANNYA OLEH DOSEN PENGAMPUH : DR.H.DULSUKMI.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
Transcript presentasi:

SISTIMATIKA AL-QUR’AN Terdiri dari dua bagian: A. Ayat. Secara etimologi bermakna: mu’jizat (QS. 2/211), alamat/tanda (QS. 2/248), ibrah (QS. 2/248), menakjubkan (QS. 23/50), bukti/ petunjuk (QS. 30/22). Secara terminologi bermakna: sekumpulan lafaz yang memiliki permulaan dan akhiran yang terhimpun dalam sebuah surat dalam al-Qur’an.

SISTIMATIKA AYAT Ulama sepakat menyatakan bahwa sistimatika ayat-ayat al-Qur’an adalah bersifat Tauqifi: yakni berdasarkan petunjuk Nabi SAW dan Nabi tentu melalui petunjuk Tuhan. Alasanya karena setiap tahun sekali Malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW untuk mentadarus ulang hafalan Nabi sekaligus memberi petunjuk susunan ayat-ayatnya. Banyak hadis yang menjelaskan tentang hal itu: Nabi sering membaca al-Baqarah, Ali Imran dan an-Nisa dalam sholat jum’at.

B. Surat. Secara etimologi bermakna: tempat pemberhentian, kemuliaan, bangunan yang tinggi, indah, tanda, tulang bangunan tembok. Secara terminologi bermakna: sekumpulan ayat-ayat al-Qur’an yang berdiri sendiri dan memiliki pembuka dan penutup. Surat2 al-Qur’an diklasifikan menjadi 4: at-tiwal (surat yang panjang),al-mi’un (terdiri dari 100 ayat lebih), al-matsani (ayatnya kurang dari 100 ayat), al-mufashshal (surat2 pendek).

SISTIMATIKA SURAT Ada tiga pendapat: Tauqifi: yakni berdasarkan petunjuk Nabi SAW. Alasannya karena: 1) adanya kesepakatan sahabat untuk menerima mushaf Usmani, 2) adanya hadis yang menjelaskan bahwa Nabi yang menentukan urutannya. (Ibnu Hajar dll) Ijtihadi: yakni berdasarkan ijtihad sahabat. Alasannya karena: 1) adanya perbedaan mushaf Usmani dengan mushaf para sahabat, 2) adanya ijtihad tim kodifikasi dalam menentukan urutan surat al-anfal dan at-taubah masuk ke dalam kelompok at-tiwal dan tidak dipisah dengan basmalah. Tauqifi dan Ijtihadi. Alasannya seperti yang di atas.

Contoh hadis: Bersumber dari Usman: Nabi berkata: telah datang Jibril padaku dan memerintahkan agar aku meletakkan ayat ini di tempat anu dari surat ini, kemudian Nabi membaca QS Nahl ayat 90. Bersumber dari Umar: Nabi pernah berkata: tidak cukup bagimu ayat yang turun pada musim panas yang terdapat di akhir QS Nisa. Banyak hadis lain yang menjelaskannya. Nabi sering membaca QS Sajadah dan Dahr setiap subuh hari jum’at.

Perbedaan jumlah ayat terjadi karena berkaitan dengan persoalan waqaf dan washal. Basmalah dalam setiap surat adalah tauqifi. Pemberian nama-nama surat adalah tauqifi dan ijtihadi Hikmah al-harf al-muqaththa’ah: sebagai tantangan (tidak ada artinya, Nasafi), dan daya tarik tersendiri bagi mukhattab (al-Qasimi). Ada yang menafsirkan dengan asmaul husna (Syaltut), Al-Qur’an turun dalam bahasa Arab, karena: Nabi orang Arab dan sasaran dakwah yang pertama adalah bangsa Arab.