PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM KOMPUTER.
Advertisements

KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Sistem Operasi Dosen Amrizal, S.Kom., M.S.I.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Menerapkan fungsi periperal dan instalasi PC
Algorithma Pemrograman
STMIK AKBA MAKASSAR.
Hardware Software Brainware
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Original Slide From: Renni Angreni, S.Kom.
Mengidentifikasi Perangkat Keras yang Digunakan Beserta Fungsinya
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Algoritma & Pemrograman 1B JAVA
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Gambar Konfigurasi Komputer
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Pengenalan Pemrograman Komputer
Sistem komputer.
KOMPUTER.
Sistem komputer.
Bab I Pendahuluan (Sekilas Mengenai Sistem Komputer)
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
Pengertian dan Fungsi CPU
ARSITEKTUR KOMPUTER Oleh : FIRDAUS, S.Kom, M.Kom
Pengantar Arsitektur Organisasi Komputer
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Perangkat Keras Komputer dan Perangkat Input Output
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
Desain Prosesor Pertemuan ke 8.
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
Aplikasi Teknologi Informasi I
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
ALAT PEMROSES Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk Mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya.
Pengenalan Pemrograman Komputer
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Bahan Ajar Perkuliahan: Struktur dan Organisasi Data 1
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Gambar Konfigurasi Komputer
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Materi Perkuliahan Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Sistem komputer.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
KOMPUTER.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
PROCESSING DEVICE CPU (Central Processing Unit); memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. ALU.
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK )
Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Materi Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
BAB V CENTRAL PROCESSING UNIT
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Aplikom HARDWARE Pertemuan 2.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Komponen Komputer HARDWARE Perangkat Keras SOFTWARE Perangkat Lunak BRAINWARE User/Administrator Komputer bekerja secara sistematis dan terstruktur.
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang

SISTEM KOMPUTER Komputer merupakan sebuah media elektronik yang berupaya menterjemahkan dan melaksanakan input, output dan operasi logika (Media coMIL, 1993).

4 fungsi komputer Pengolahan data Penyimpanan data Pemindahan data Kontrol

Proses didalam Komputer Input Ouput CPU ALU Memori Utama

Struktur internal dari komputer Central processing Unit (CPU) Berfungsi untuk mengontrol operasi komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan data Memori Utama ( Main Memory) berfungsi untuk menyimpan data. I/O Memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya. System Interconnection Berfungsi untuk mekanisme komunikasi antara CPU, memori utama dan I/O.

Komponen utama dari CPU Control unit : Mengontrol operasi CPU Arithmetic and Logic Unit (ALU) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer. Register : Penyimpan internal bagi CPU CPU Interconnection : Untuk meknisme komunikasi antara control unit, ALU dan register-register.

Elemen utama sistem komputer Hardware (Perangkat Keras) Software (Perangkat Lunak) Brainware (Manusia)

HARDWARE UNIT INPUT UNIT PEMROSESAN DATA UNIT OUTPUT Terdiri dari semua rangkaian yg diperlukan agar data dan program bisa dimasukkan dalam komputer UNIT PEMROSESAN DATA Mengendalikan semua unit sistem komputer yang mengubah input jadi output UNIT OUTPUT Menyampaikan hasil proses termasuk tampilan, cetakan, suara dan grafik

UNIT INPUT Keyboard Alat pembaca optik Alat pembaca magnetic Contoh : CD ROOM Alat pembaca magnetic Contoh : Disk Drive Alat input pengenal suara Alat penunjuk Contoh : Mouse, trackball dan joystick Tablet digitzer Scanner

UNIT PEMROSES Mencakup : UNIT MEMORY ( Unit Penyimpanan Primer ) RAM (Volatile) input storage, program storage, working storage, output storage. ROM (Non Volatile)….ROM, PROM, EPROM, EEPROM. UNIT CONTROL ARITMETHIC LOGIC UNIT

UNIT MEMORY Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu: Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

ROM ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program- program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.

UNIT CONTROL Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

ALU Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan ( ).

Memori dalam sistem komputer Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.   Magnetic disk   Hard disk   Hard card   Tape strip cartridge   Optical disk

SOFTWARE Diklasifikasikan 3 : Perangkat Lunak Operasi ; yang berfungsi sebagai interface antara pemakai dan mengatur sumberdaya komputer. Contoh : DOS, Mac OS, Unix, Netware, Linux Perangkat Utility Contoh : Windows Perangkat Lunak Aplikasi adalah yaitu perangkat lunak yang biasa dipakai dalam bekerja.

Tipe perangkat lunak aplikasi Perangkat lunak Hiburan Perangkat pendidikan dan referensi Perangkat lunak produktivitas dasar Word Processing Spreadsheet Database Manajemen Grafik dan Presentasi Perangkat lunak Bahasa pemrograman Perangkat lunak bisnis dan terspesialisasi Desktop publishing CAD Manajemen Proyek Melukis dan Animasi Statistical Analysis Packages: SPSS, Minitab Paket Program Matematika : Matlab, Mapple, Mathematica Keuangan / Akuntansi, dll

BRAINWARE Brain ware adalah orang-orang yang bekerja dalam bidang komputer. 1. Operator adalah Orang yang hanya mengoperasikan komputer 2. Programmer adalah Orang yang merangcang program komputer 3. Sistem Analis adalah Orang yang merancang system komputerisasi

BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa komputer merupakan sarana komunikasi yang menjembatani hubungan antara manusia dengan komputer sebagai mesin. Setiap bahasa pemrograman harus memiliki sejumlah perintah

Istilah dalam Pemrograman sintaksis, semantik dan kebenaran logika. Sintaksis adalah aturan penulisan bahasa tersebut. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung dalam statement tersebut. Kebenaran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan statemen.

Bahasa Pemrograman Merupakan prosedur / tata cara penulisan program. bahasa pemrograman tingkat tinggi bahasa pemrograman tingkat rendah.

Program Kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.

Pemrograman Proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mengunakan suatu bahasa pemrograman. Pemrograman Terstruktur Pemrograman Modular Pemrograman Berorientasi Object

Pemrograman terstruktur Proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program yang memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak berbelit- belit sehingga mudah ditelusuri, dipahami dan dikembangkan oleh siapa saja.

ALAT BANTU PEMROGRAMAN Algoritma Flowchart Pseudocode

Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinsikan sebagai suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berbantuan komputer.

Ciri-ciri Algoritma pemrograman memiliki logika perhitungan / metode yang tepat dalam memecahkan masalah. menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat ditulis dengan bahasa standar secara sistematis dan rapi sehingga tidak menimbulkan arti ganda. ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman. semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas. semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

Contoh Buatlah algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap ! Algoritmanya : Inputkan suatu bilangan Bagi bilangan tersebut dengan 2. Hitung sisa bagi pada langkah 2). Bila sisa bagi sama dengan 0 maka bilangan tersebut adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu bilangan ganjil.

Flowchart Gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma – algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap

Pemrograman terstrukur mempunyai 3 struktur program Struktur Berurutan Struktur Seleksi Struktur Perulangan

Struktur Perulangan Repeat Until

Struktur Perulangan For To Do

Perulangan Do While

Flowchart untuk mencetak bilangan postif genap yang kurang dari n !

Pseudocode Pseudocode adalah perluasan dan penganti dari algoritma. Baik pseudocode maupun flow chart digunakan untuk menunjukan pemrosesan secara detail yang berada dalam modul program. Pseudocode tidak tergantung pada jenis bahasa pemrograman yang digunakan .

Pseudocode Struktur berurutan Contoh : Gaji Total  Gaji + Bonus Harian Struktur Seleksi IF Kondisi-1 THEN Proses-1 ELSE IF Kondisi-2 THEN Proses-2 …. Proses-n END IF

Struktur Seleksi IF Kondisi-1 THEN Proses-1 ELSE (null) END IF

Contoh IF (GAJI <=10000) THEN GAJI BERSIH  GAJI TOTAL * 0.10 ELSE GAJI BERSIH  GAJI TOTAL * 0.20 END IF

Struktur Seleksi CASE V OF V1: Proses-1 V2: Proses-2 … Vn:Proses-n END CASE

Contoh CASE Pilihan OF 1: C  A*B 2: C  A+B 3: C  A-B

Perulangan Do While (Kondisi) Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n END DO

Perulangan REPEAT Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n UNTIL (Kondisi)

Perulangan FOR I:=J TO K BY 2 Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n END FOR