METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

Proses-proses Perangkat Lunak
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
Teknologi Informasi ~ Sistem Informasi ~
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan Ke-7.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
REKAYASA SISTEM SESI : 2 BY ARISM,SKOM,MMSI. MANPRO-M2 : REKAYASA SI.
Klasifikasi Sistem Sistem Abstrak vs Sistem Fisik
PENGEMBANGAN SISTEM.
BAB 9.
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC)
ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI
Perancangan Sistem Informasi
METODOLOGI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM
Tugas Sistem Informasi Manajemen
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
Sistem Informasi Manajemen
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
3 Pengembangan Sistem Informasi TINJAUAN UMUM
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Manajemen Proyek Sistem Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
PERENCANAAN PROYEK SISTEM INFORMASI.
Metodologi Siklus Hidup Sistem Abdul Jamil, S.Kom., MM
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Siklus Hidup Sistem 1. Tahap Perencanaan Sistem 2. Tahap Analisis
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
PENGEMBANGAN SISTEM Alasan & Tujuan Pengembangan Sistem
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pengembangan dan Pengadaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Pola Lingkaran Siklus Hidup Sistem
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
PENGEMBANGAN SISTEM andiiswoyo –
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
PENGEMBANGAN SISTEM Muhammad Hidayat, SE.
PERTEMUAN 6 SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI PENDAHULUAN
Sistem Umum Perusahaan
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PENGEMBANGAN SISTEM.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Proses Pengembangan Database
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Sistem Informasi Manajemen
SISTEM APPROACH KELOMPOK 5 AFRIZAL ALFIANDA C1B1O8O76 LINDY STEVANI C1B SARTIKA HANDAYANI C1B RENI BUDIARTI C1B DAVID D IRAWAN C1B1O8O20.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
REKAYASA SISTEM SESI : 2 BY ARISM,SKOM,MMSI. MANPRO-M2 : REKAYASA SI.
Pengembangan Sistem Informasi
Siklus Hidup System.
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pengantar SIM 2.
SIKLUS HIDUP SYSTEM A. SIKLUS HIDUP SISTEM
Tipe Proyek 1.Proyek yang berasal dari klien yang ditawarkan kesuatu konsultan atau kontraktor. –Karakteristik pekerjaan sudah jelas. –Tidak melalui proses.
Kemal Farouq Mauladi Sistem penilaian ; 1.Kehadiran 20 % 2.Tugas 70 % 3.UTS dan UAS 10 % Total 100%
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI Berbagai pandangan tentang IRM ( Information Resourch Management ) Sumber daya informasi perusahaan mencakup perangkat.
Transcript presentasi:

METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan 11 & 12 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM DEFINISI METODOLOGI ADALAH SUATU CARA YANG TELAH DITETAPKAN UNTUK MELAKUKAN SESUATU

KONSEP SIKLUS HIDUP COCOK DENGAN SEGALA SESUATU YANG LAHIR, TUMBUH BERKEMBANG MENJADI MATANG DAN AKHIRNYA MATI. POLA INI JUGA BERLAKU UNTUK SISTEM BERBASIS KOMPUTER SEPERTI APLIKASI PENGOLAHAN DATA.

SIKLUS HIDUP SISTEM TERDIRI DARI LIMA TAHAP, EMPAT TAHAP YANG PERTAMA : PERENCANAAN ANALISIS RANCANGAN PENERAPAN DIMAKSUDKAN BAGI PENGEMBANGANNYA.

TAHAP KELIMA DIMAKSUDKAN TAHAP PENGGUNAANNYA, YANG BERLANGSUNG SAMPAI TIBA WAKTUNYA UNTUK MERANCANG SISTEM ITU KEMBALI. PROSES MERANCANG KEMBALI MENGAKIBATKAN SIKLUS TERSEBUT AKAN BERULANG.

SLC SIKLUS HIDUP SISTEM (SYSTEM LIFE CYCLE) ADALAH PROSES EVOLUSIONER YANG DIIKUTI DALAM MENERAPKAN SISTEM ATAU SUBSISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER. SLC TERDIRI DARI SERANGKAIAN TUGAS YANG ERAT YANG MENGIKUTI LANGKAH –LANGKAH PENDEKATAN SISTEM

PENGELOLAAN SIKLUS HIDUP SIKLUS HIDUP SISTEM YANG PERTAMA DIKELOLA MANAJER UNIT JASA INFORMASI, DIBANTU OLEH MANAJER DARI ANALISIS SISTEM, PEMROGRAMAN, DAN OPERASI. NAMUN, SAAT INI DAPAT JUGA MELETAKKAN TANGGUNG JAWAB PADA TINGKAT YANG LEBIH TINGGI DAN LEBIH RENDAH.

KEUNTUNGAN DARI PERENCANAAN PROYEK CBIS : MENENTUKAN LINGKUP DARI PROYEK. INFORMASI INI MEMBERIKAN PERKIRAAN AWAL SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN. MENGENALI BERBAGI AREA PERMASALAHAN POTENSIAL. MENGATUR URUTAN TUGAS. MEMBERIKAN DASAR UNTUK PENGENDALIAN.

LANGKAH – LANGKAH DALAM TAHAP PERENCANAAN : MENYADARI MASALAH KEBUTUHAN PROYEK CBIS BIASANYA DIRASAKAN OLEH MANAJER. MENDEFINISIKAN MASALAH MANAJER MEMAHAMI MASALAH DENGAN BAIK.

3. MENENTUKAN TUJUAN SISTEM PADA TITIK INI TUJUAN HANYA DINYATAKAN SECARA UMUM. 4. MENGIDENTIFIKASI KENDALA -KENDALA SISTEM. CONTOH : PEMAKAIAN PERANGKAT KERAS YANG ADA. 5. MEMBUAT STUDI KELAYAKAN. ADA 6 DIMENSI KELAYAKAN :

A.TEKNIS. TERSEDIA PERANGKAT KERAS ATAU LUNAK. B.PENGEMBALIAN EKONOMIS. MEMBANDINGKAN KEGUNAAN DAN BIAYANYA. C.PENGEMBALIAN NON EKONOMIS. DINILAI BERDASARKAN KEUNTUNGAN YANG TIDAK DIUKUR DENGAN UANG. D.HUKUM DAN ETIKA.

E.OPERASIONAL. DIDUKUNG ORANG YANG AKAN MENGGUNAKANNYA. F.JADWAL. MENETAPKAN SISTEM DALAM KENDALA WAKTU YANG DITETAPKAN. 6. MEMPERSIAPKAN USULAN PENELITIAN SISTEM. 7. MENYETUJUI ATAU MENOLAK PENELITIAN PROYEK. 8. MENETAPKAN MEKANISME PENGENDALIAN.

TAHAP ANALISIS MENGUMUMKAN PENELITIAN SISTEM. MENGORGANISASIKAN TIM PROYEK. MENDEFINISIKAN KEBUTUHAN INFORMASI. MENDEFINISIKAN KRITERIA KINERJA SISTEM. CON : LAPORAN HARUS SELESAI 1 MINGGU.

5. MENYIAPKAN USULAN RANCANGAN. USULAN TERUSKAN PROYEK ATAU BATALKAN ! 6. MENYETUJUI ATAU MENOLAK RANCANGAN PROYEK. MANAJER AKAN MEMBERIKAN PERSETUJUAN ATAU TIDAK ?

TAHAP RANCANGAN MENYIAPKAN RANCANGAN SISTEM YANG TERINCI MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI ALTERNATIF KONFIGURASI SISTEM. MENGEVALUASI BERBAGAI ALTERNATIF KONFIGURASI SISTEM. MEMILIH KONFIGURASI TERBAIK.

Penentuan proses dan data yg diperlukan u/ sistem yg baru.

5. MENYIAPKAN USULAN PENERAPAN 6. MENYETUJUI ATAU MENOLAK PENERAPAN SISTEM.

TAHAP PENERAPAN MERENCANAKAN PENERAPAN MENGUMUMKAN PENERAPAN MENDAPATKAN SUMBER DAYA PERANGKAT KERAS MENDAPATKAN SUMBER DAYA PERANGKAT LUNAK MENYIAPKAN DATABASE MENYIAPKAN FASILITAS FISIK (RUANG KOMPUTER)

Penerapan Kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik & konseptual u/ mnghslkn sist yg bekerja.

7. MENDIDIK PESERTA DAN PEMAKAI 8. MENYIAPKAN USULAN CUTOVER (PENGHENTIAN PENGGUNAAN SISTEM LAMA DAN MULAI MENGGUNAKAN SISTEM BARU). MENYETUJUI ATAU MENOLAK SISTEM BARU. MASUK KE SISTEM BARU ADA 4 PENDEKATAN : 1. PERCONTOHAN 3. BERTAHAP 2. SERENTAK 4. PARAREL

TAHAP PENGGUNAAN MENGGUNAKAN SISTEM AUDIT SISTEM MEMELIHARA SISTEM MENYIAPKAN USULAN REKAYASA ULANG. MENYETUJUI ATAU MENOLAK REKAYASA ULANG SISTEM.

PROTOTYPING PROTOTIPE MEMBERIKAN IDE BAGI PEMBUAT MAUPUN PEMAKAI POTENSIAL TENTANG CARA SISTEM BERFUNGSI DALAM BENTUK LENGKAPNYA. PROSES MENGHASILKAN PROTOTIPE DISEBUT PROTOTYPING.

DAYA TARIK PROTOTYPING 1. KOMUNIKASI ANTARA ANALIS SISTEM DAN PEMAKAI MEMBAIK 2. ANALIS DAPAT BEKERJA DENGAN BAIK DALAM MENENTUKAN KEBUTUHAN PEMAKAI 3.PEMAKAI DAPAT BERPERAN LEBIH AKTIF DALAM PENGEMBANGAN SISTEM 4.SPESIALIS INFORMASI DAN PEMAKAI MENGHABISKAN LEBIH SEDIKIT WAKTU DAN USAHA DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM 5.PENERAPAN LEBIH MUDAH KARENA PEMAKIA MENGETAHUI APA YANG DIHARAPKAN

POTENSI KEGAGALAN PROTOTYPING 1.PEMAKAI MUNGKIN SANGAT TERTARIK DENGAN PROTOTYPING ITU SEHINGGA MEREKA MENGHARAPKAN SESUATU YANG TIDAK REALISTIS DARI SISTEM OPERASI ITU. 2.HUBUNGAN KOMPUTER-MANUSIA YANG DISEDIAKAN OLEH PERALATAN PROTOTYPING TERTENTU MUNGKIN TIDAK MENCERMINKAN TEKHNIK PERANCANGAN YANG BAIK.

PENGEMBANG APLIKASI CEPAT(RAD) METODELOGI YANG MEMILIKI TUJUAN YANG SAMA SEPERTY PROTOTYPING YAITU MEMBERI RESPON TERHADAP KEBUTUHAN PEMAKAI, TETAPI DENGAN LINGKUP YANG LEBIH CEPAT (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT=RAD) RAD ADALAH SEPERANGKAT STRATEGI ,METODOLOGI DAN PERALATAN YANG TERINTEGRASI YANG ADA DALAM SATU KERANGKA KERJA MENYELURUH YANG DISEBUT INFORMATION ENGINEERING INFORMATION ENGINEERING ADALAH NAMA YANG DIBERIKAN OLEH MARTIN UNTUK PENDEKATANNYA YANG MENYELURUH DALAM PENGEMBANGNA SISTEM,YANG MEMPERLAKUKANNYA SEBAGAI KEGIATAN SELURUH PERUSAHAAN

UNSUR-UNSUR RAD 1. MANAJEMEN 2.MANUSIA 3.METODOLOGI YANG TERDIRI DARI 4 TAHAP: 1.PERENCANAAN KEBUTUHAN 2.RANCANGAN PEMAKAI 3.KONSTRUKSI 4.CUTOVER 4.PERALATAN

CASE CASE MERUPAKAN KEPANJANGAN DARI COMPUTER-AIDED SOFTWARE ENGINEERING CASE MERUPAKAN KATAGORIPERANGKAT LUNAK YANG BERTUJUAN MENGALIHKAN SEBAGIAN BEBAN KERJA PENGEMBANG SISTEM DARI MANUSIA KE KOMPUTER

TINGKAT KEMAMPUAN PERALATAN TERTENTU DAPAT DINYATAKAN MELALUI POSISI DALAM SLC EMPAT KATAGORI TELAH DIDEFINISIKAN: 1.PERALATAN CASE TINGKAT ATAS DAPAT DIGUNAKAN OLEH EKSEKUTIF PERUSAHAAN MEREKA MEMBUAT PERENCANAAN STRATEGIS 2.PERALATAN CASE TINGKAT ATAS DAPAT DIGUNAKAN SELAMA TAHAP ANALISIS DAN RANCANGAN UNTUK MENDOKUMENTASIAKAN PROSES DAN DATA DARI SISTEM YANG TELAH ADA MAUPUN SISTEM BARU

3.PERALATAN CASE TINGKAT BAWAH DIGUNAKAN SELAMA TAHAP PENERAPAN DAN PENGGUNAAN UNTUK MEMBANTU PROGREMER MENGEMBANGKAN, MENGUJI, MENJAGA KODE. PERANGKAT INI BIASA DISEBUT CODE GENERATOR 4.PERALATAN CASE TERINTEGRASI MENAWARKAN CAKUPAN KOMBINASI DARI PERALATAN CASE TINGKAT ATAS, MENENGAH, DAN BAWAH

MENEMPATKAN SLC,PROTOTYPING DAN RAD DALAM PERSPEKTIF SEMUANYA MERUKAN METODOLOGI. TIGA METODOLOGI INI MERUPAKAN CARA-CARA YANG DIANJURKAN DALAM MENERAPKAN SISTEM BERBASIS KOMPUTER

SLC MERUPAKAN APLIKASI DARI KESIMPULAN SLC MERUPAKAN APLIKASI DARI PENDEKATAN SISTEM UNTUK MASALAH PENERAPAN SISTEM KOMPUTER, DAN BERISIKAN SEMUA ELEMEN PENDEKATAN DASAR,DIMULAI DARI INDETIFIKASI MASALAH DAN DIAKHIRI DENGAN PENGGUNAAN SISTEM

PROTOTYPING MERUPAKAN BENTUK PENDEK DARI PENDEKATAN SISTEM YANG BERFOKUS PADA DEFINISI DAN PEMUASAN KEBUTUHAN PEMAKAI.PROTOTYPING DAPAT BERADA DALAM SLC RAD MERUPAKAN PENDEKATAN ALTERNATIF UNTUK RANCANGAN DAN PENERAPAN DARI SLC. SUMBANGAN TERBESAR RAD ADALAH KECEPATANNYA MENGHASILKAN SISTEM UNTUK DIGUNAKAN.