Bentuk standar dalam penulisan bahasa c/c++

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHASA PEMROGRAMAN C IRSAN JAELANI.
Advertisements

A. Sekilas Bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa B. Bahasa C pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie pada tahun 1972.
//program untuk menulis ke dalam file teks kemudian menampilkan isi file ke layar #include Void main() { const int mak 80; file p; // deklarasi file.
Perintah Input/Output
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Pengenalan Variabel, Tipe Data dan Perintah Masukan dan Keluaran
Perintah Input-OutPut
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1 Lab K Semester 1 WLD,Nanda,Hefi.
Elemen Dasar Program C++
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pertemuan String Matakuliah : T0616 / Algoritma dan Pemrograman
Statement Input – Output
POINTER.
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
ARRAY Array merupakan struktur data yang sering digunakan dalam pemrograman untuk menyimpan data yang akan diolah.
PEMROGRAMAN DASAR.
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 3
Pengantar C++.
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
STRUKTUR INPUT/OUTPUT
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
PEMROGRAMAN DASAR.
Array/Larik.
INPUT DAN OUTPUT OLEH: SRI SUPATMI,S.KOM.
Pertemuan III Komentar, Identifier dan Tipe data.
Elemen dasar Pertemuan 3.
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
S T R U K T U R.
STRUKTUR DATA Pengenalan C++
2. Pengenalan Program C++
Perintah Dasar Erfin Gustaman.
POINTER 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
TIPE DATA DAN VARIABEL (PENGENALAN MODEL DATA, MASUKAN DAN KELUARAN C++ Oleh Veri Julianto, M.Si.
BORLAND C++ Pemrograman I Nama : Ahmat Josi,S.Kom.,M.Kom
Algoritma & Pemrograman I
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pointer Oleh : Sri Supatmi,S.Kom.
PEMROGRAMAN DASAR (BAHASA C)
PEMROGRAMAN DASAR (BAHASA C)
PERTEMUAN 9 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Mengenal Model Data, Perintah I/O
LAB PEMOGRAMAN DASAR (BAHASA C)
Review Algoritma Pemrograman dan Pengantar Pemrograman Bahasa C
Perintah Input/Output
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
ALGORITMA & STRUKTUR DATA I
Input/output Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
(Struktur Dasar, Variabel, Tipe Data, Input, Output, Komentar)
Input Dan Output.
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
Pemrograman Terstruktur
ALGORITMA & STRUKTUR DATA I
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
PERINTAH INPUT DAN OUTPUT
Pointer Oleh : Sri Supatmi,S.Kom.
Input dan Output Pertemuan ke-3 Bahasa C.
Mencetak & Membaca Data
Praktikum KBP 2 Array.
STRUCTURE Struktur (Structure = struct) merupakan suatu struktur data yang terdiri dari satu atau lebih variabel yang bertipe data.
BAHASA PEMROGRAMAN II DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM.
array Array merupakan tipe data yang menampung
Pertemuan 3 Input/output Statement Assignment Statement
Pertemuan 2 Pengantar Pemrograman
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Algoritma dan Stuktur Data
Pengantar Pemrograman Bahasa C
Algoritma dan Pemrograman 1 C++
Transcript presentasi:

Bentuk standar dalam penulisan bahasa c/c++ #include<file_header.h> main() { //semua statement program } Contoh: #include<iostream.h>// header file #include<stdio.h>// header file #include<conio.h>// header file void main() cout<<”hello world”;//statement untuk menampilkan

C++ memberikan fasilitas kepada programer untuk memberikan komentar pada source program.Fungsi komentar yaitu sebagai pengingat atau sebagai penjelas dari program. Komentar tidak akan decompile oleh mesin, sehingga tidak akan mempengaruhi program ketika diRUN. Cara penulisan komentara ada dua macam, yaitu: Dengan tanda “//” , ini khusus untuk komentar dalam satu baris Dengan tanda /*isi komentar*/, untuk menuliskan komentar yang lebih dari satu baris

Variabel dan konstanta Variabel adalah suatu peubah yang berfungsi menampung nilai yang dinamis, artinya nilai dari sebuah variabel dalam program dapat diubah-ubah ketika program tersebut dijalankan. Konstanta adalah suatu tetapan yang bernilai konstan atau statis, artinya nilai dari suatu konstanta dalam suatu program tidak dapat diubah ketika program tersebut dijalankan. cara mendeklarasikan variabel dan konstanta adalah sebagai berikut: tipe_data nama_variabel;//deklarasi variabel const tipe_data nama_konstanta;//deklarasi konstanta contoh: int a; const int a=10;

pada file preposesor #include<stdio.h> maka fungsi I/O memakai pada file preposesor #include<iostream.h> maka fungsi I/O memakai pada file preposesor #include<stdio.h> maka fungsi I/O memakai cout<< untuk menampilkan hasil kelayar cin>>untuk memasukan data ke program printf(“ ”) untuk menampilkan hasil kelayar scanf(“ ”) untuk memasukan data ke program

Layar ouput Printf digunakan untuk menampilkan informasi kelayar monitor. Penentu lebar field digunakan untuk tipe data float, misalkan %a.bf, artinya a sebagai lebar field dan b sebagai jumlah decimal. #include<stdio.h> #include<conio.h> int main() { int a=27; float b=54.4; char c='d'; char d[7]="andris"; printf("Nilai dari a adalah %d\n", a); printf("Nilai dari b adalah %f\n", b); printf("Nilai dari c adalah %c\n", c); printf("Nilai dari d adalah %s\n", d); cout<<"hasil"; getch(); }

puts Fungsinya sama dengan printf yaitu sama-sama mencetak kelayar monitor tetapi yang menjadi perbedaannya adalah puts digunakan untuk mencetak string ke layar monitor. #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { char a[7]="UNIKOM"; puts("Saya kuliah di."); puts(a); }

putchar Digunakan untuk menampilkatn karakter kelayar monitor, penampilan karakter tidak dibarengi dengan pemindahan baris. #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { putchar('U'); putchar('N'); putchar('I'); putchar('K'); putchar('O'); putchar('M'); }

cout Sama hal dengan fungsi printf tetapi fungsi ini harus disertai dengan file heder.h. #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { int a=10; int b=20; cout<<a<<"\n"; cout<<b; }

Perintah masukan Terdiri dari beberapa fungsi antaran lain : scanf(); gets(); cin getch(); getche();

Scanf() Untuk memasukkan nilai dari berbagai jenis tipe data. Bentuk Penulisannya adalah : scanf(“penentu format”, & namavariabel); Simbol & adalah pointer yang digunakan untuk menunjuk alamat variable memori yang kita tuju #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { int a; int b; printf("masukkan nilai a="); scanf("%i",&a); printf("masukkan nilai b="); scanf("%i",&b); printf("MAKA NILAI TERSEBUT ADALAH "); printf("%i",a); printf(" dan "); printf("%i",b); }

gets Untuk memasukkan data string kemonitor. Bentuk penulisan dari fungsi ini adalah : gets(nama –variable-array); #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { char a[20]; char b[20]; printf("masukkan nilai a="); gets(a); printf("masukkan nilai b="); scanf("%s",&b); printf("%s\n",a); printf("%s",b); }

cin Fungsi nya sama dengan scanf, tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita harus menyertakan file header iostream.h. #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { float a,b; cout<<"masukkan nilai a="; cin>>a; cout<<"masukkan nilai b="; cin>>b; cout<<"nilai a adalah="<<a<<endl; cout<<"nilai b adalah="<<b<<endl; }

getch Dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol enter, dan karakter yang dimasukkan tidak ditampilkan didalam layar. File header yang harus disertai adalah conio.h. #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { char karakter; printf("masukkan karakter"); karakter=getch(); printf("\n Kita masukkan karakter %c",karakter); }

getche Dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol enter, dan karakter yang dimasukkan ditampilkan didalam layar. File header yang harus disertai adalah conio.h. #include<stdio.h> #include<conio.h> main() { char karakter; printf("masukkan karakter"); karakter=getche(); printf("\n Kita masukkan karakter %c",karakter); }

latihan Buatlah program untuk menghitung rata-rata dari seorang siswa dengan ketentuan sebagai berikut : Nama siswa, nilai pertandingan 1, nilai pertandingan 2, dan nilai pertandigan 3 diinput. Nilai rata- rata pertandingan merupakan penjumlahan nilai pertandingan 1, 2 dan 3 dibagi dengan 3, dengan tampilan sebagai berikut : PROGRAM HITUNG NILAI RATA-RATA. NAMA SISWA : <DIINPUT> Nilai pertandingan 1 : <diinput> Nilai pertandingan 2 : <diinput> Nilai pertandingan 3 : <diinput> Layar keluaran Mahasiswa yang bernama….. <tampil data> Memperoleh nilai rata-rata <hasil proses> dari hasil pertandingan yang diikuti.

Buatlah program untuk menghitung nilai akhir dari seorang mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut : Nilai kuis diinput ( besaran pengalinyan adalah 10%). Nilai tugas diinput (besaran pengalinya adalah 20 %) Nilai uts diinput ( besaran pengalinya adalah30 %). Nilai UAS diinput ( besaran pengalinya adalah 40 %). Tampilannya sebagai berikut : PROGRAM HITUNG NILAI AKHIR LAYAR MASUKAN. Nama Mahasiswa : <diinput> NILAI KUIS : <DIINPUT> Nilai tugas : <diinput> Nilai uts : <diinput> Nilai uas : <diinput> Layaran keluaran Mahasiswa yang bernama …..<tampil data> dengan nilai presesntasi yang dihasilkan Nilai kuis * 10% : …. <hasil proses> Nilai tugas * 20 % : ….. <hasil proses> Nilai uts * 30 % : ……<hasil proses> Nilai uas * 40 % :…….<hasil proses> Jadi mahasiswa yang bernama …..<hasil proses> Memperoleh nilai sebesai ….. <hasil proses>