THEORIES OF COMMUNICATIONS MEDIA YENI YUNIATI 170130087002 FITRIYANTI / 170130087006
PENDAHULUAN Para peneliti telah mengembangkan bidang teori dan gagasan untuk membantu menjelaskan bagaimana berkomunikasi dalam kehidupan kita, dampaknya dan bagaimana cara berkomunikasi
LANJUTAN Dalam kajian ini kita dapat memperhatikan bagaimana teori mengenai aspek media komunikasi, isu kelembagaan media, media dan pemerintahan, isu atau isi pesan, fungsi media masyarakat, media menggerakkan pendengar, individu pengguna media, mencari kepuasan para pengguna dan pendengar media, tekhnologi informasi dan media baru.
Model Komunikasi Kelembagaan Otoriter media / model otoriter Model pengembangan Kemerdekaan pers / Model Libertarian Model Tanggung jawab sosial
Media dan Kendali Pemerintahan Herbert Altschull (1984) menyatakan bahwa media “agen Kuasa” yaitu menghadirkan dan menyebarkan gagasan untuk kelompok kuasa di masyarakat Amerika Serikat.
lanjutan Teori media massa sering memusatkan peran ideologis dan politis sebagai kekuatan media. Para sarjana sudah mencoba menciptakan kategori system media dunia dengan menetapkan kembali Negara-negara yang mempunyai institusi media sendiri .
Kendali dan Kepemilikan Media Komunikasi Monopoli terjadi ketika suatu orang atau perusahaan mendominasi atau mengendalikan suatu industry, kompetisi mengacu pada keberadaan beberapa perusahaan yang bersaing dalam kekuasaan industry, ekonomi Negara menjadi timpang tindih antara politis dan ekonomi dengan struktur kendali
lanjutan Hegomoni adalah suatu consensus dasar pada ideology asumsi masyarakat Ideology adalah suatu satuan kepercayaan tentang nilai-nilai pokok pendapat umum menjadi suatu pandangan yang berpegang kepada isu politis.
Memutuskan dan Mempengaruhi isi Media Agenda ini untuk menentukan pendekatan, pentingnya isu seperti godaan sexual, dapat diangkat oleh media, agenda ini dapat menentukan dan memberi kuasa politis kepada media. Tujuan pembuat keputusan media menjadi aspek penting terhadap system politik.
lanjutan Media professional dan Organisasi Media yaitu Isi media berkaitan dengan bagaimana media professional dalam institusi itu berperan, Para professional media seperti wartawan, para editor, produsen dan direktur film membuat keputusan tetap tentang isi media.
b. Gatekeper Gatekeper memutuskan apa yang akan disajikan oleh media. Seorang penulis harus meliput sesuai pandangan cerita yang ada dalam bentuk drama, dokumen dan kerangka konseptual yang akan dipakai.
Isu dan Isi Media Isi media elektronik adalah kebanyakan permintaan secara teratur oleh konsumen dan pendengar, sebagian orang telah mempelajari tentang isi media dan tindakan tertentu berlangsung atau bagaimana tema tertentu terjadi dalam berbagai media. Tindakan atau peristiwa yang dialami oleh masyarakat seperti hal negative seperti mabuk atau godaan sexual itu terjadi karena memperhatikan pertunjukan pada media.
Gaya di dalam media elektronik Di dalam buku, radio, televise dan film, isi media pada umumnya diuraikan berkaitan dengan gaya dan format. Pada tahun 1950-1960 Televisi mempunyai sumber keuntungan dibanding tahun 1970/1980, komedi adalah acara televisi popular di tahun 1950 memudar sebentar kemudian kembali berjaya tahun 1990.
Gaya di dalam Jawatan Penerangan Di dalam jawatan penerangan, game, komputer dan video sedang berkembang. Akhirnya game menjadi terkemuka dan terpopuler dibanding televisi dan film.
FUNGSI-FUNGSI MASYARAKAT MEDIA DAN PELAYANAN INFORMASI fungsi sosial media massa adalah yang didasarkan pada teori-teori yang dikembangkan oleh Charles Wright (1974) dan sarjana sosiologi media lain yaitu: Pengamatan intensif Penafsiran Nilai Transmission/Socialisasi Hiburan
argumentasi-argumentasi utama PENGGUNAAN MEDIA INDIVIDU MEDIA MASSA DAN TEKNOLOGI INFORMASI argumentasi-argumentasi utama Kekuasaan Media Melawan Kekuasaan Pendengar Pendengar dan pemaknaan Kepuasan Pendengar Media dan Penggunaan Informasi
Penggunaan-penggunaan Media Cognition Diversion Social Utility
DIFUSI TEKNOLOGI MEDIA DAN INFORMASI Beberapa macam dari ide-ide dan teknologi dapat diadopsi oleh individuSebagai contoh. banyak businesspeople yang individu memutuskan mereka sendiri untuk membeli komputer pribadi untuk membuat perencanaan bisnis, untuk mengutus surat elektronik kepada satu sama lain, di dalam perusahaan yang besar harus ada dengan komputer-komputer sentral bahwa dapat menyampaikan pesan-pesan kepada orang lain, . sehingga orang-orang mengetahui bahwa mereka dapat mencapai kebanyakan orang dengan cara itu.
1. Pengetahuan keuntungan sekitar ide yang baru. Langkah-langkah Difusi 1. Pengetahuan keuntungan sekitar ide yang baru. 2. Dapat yang dibujuk untuk mencoba nya. 3. Buat suatu keputusan untuk mencoba nya. 4. Pesawat atau mencoba keputusan tersebut. 5. Konfirmasikan, sisa saring, atau memodifikasi penggunaan mereka dari ide.
Sekian, terima kasih