Pertemuan II – Grafika Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Persamaan Garis dan Grafik Kuadrat
Advertisements

PERSAMAAN GARIS LURUS Hanik Badriyah A Okta Sulistiani
Oleh : Novita Cahya Mahendra
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
PERPOTONGAN GARIS DAN POLIGON
Program Linier Nama : Asril Putra S.Pd
Grafika Komputer (TIZ10)
BAB 3 PERSAMAAN GARIS LURUS Terdiri dari dua sumbu koordinat
Persamaan Garis Singgung pada Kurva
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
PERSAMAAN GARIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh Kelompok 4 :
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
ASSALAMUALAIKUM WR WB.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Persamaan Kuadrat jika diketahui grafik fungsi kuadrat
KOMPUTER GRAFIK Algoritma Garis Naïve dan DDA
Komputer Grafik Rudy Gunawan
QUIZZ 1 T0074 Diketahui titik awal dan akhir sebuah garis berturut-turut adalah (2,1) dan (5,7). Bila persamaan garis direpresentasikan oleh persamaan.
Pengertian garis Lurus Koefisien arah/gradien/slope
Persamaan Garis Lurus.
Geometri Primitive (Lingkaran)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pembentuk Grafik Grafik dapat terbentuk dengan berbagai pola : Titik
Geometri Primitive.
Pertemuan 4 Fungsi Linier.
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
Transformasi Geometri Sederhana
NILAI MUTLAK PERSAMAAN GARIS FUNGSI
LINGKARAN Algoritma Pembentukan Lingkaran
ASSALAMUALAIKUM WR WB.
GRAFIK FUNGSI SEDERHANA: Grafik FUNGSI ALJABAR
Algoritma Garis DDA dan Bressenham
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
1.4 SISTEM KOORDINAT EMPAT BIDANG
TUGAS_1 tidak bisa di buka
Algoritma Garis Bressenham dan Mid Point
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Algoritma Bentuk Primitif
Assalamualaikum WR. WB.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
ANALISIS DATA BERKALA.
Pertemuan 11 FUNGSI.
MENGGAMBAR DENGAN PIXEL (KONVERSI SCAN)
1. Garis melalui titik (a,b) dengan gradien m persamaannya :
Media Pembelajaran Matematika
M-03 SISTEM KOORDINAT kartesius dan kutub
PERSAMAAN GARIS LURUS 1. Bentuk Umum 2. Gradien 3. Menggambar Garis
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Pertemuan ke-7 FUNGSI LINIER.
Teknologi Grafika -Uniska
Pertemuan II – Grafika Komputer
Pembangkitan Citra Grafik Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
ASSALAMU’ALAIKUM Wr Wb
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
Kumpulan Materi Kuliah. Algoritma Pembentuk Lingkaran Komputer Grafik.
Persamaan Garis Singgung pada Kurva Fungsi Naik dan Fungsi Turun H O M
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Kedudukan Dua Garis.
Pertemuan 2 – Pendahuluan 2
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
E. Grafik Fungsi Kuadrat
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Bab 2 Fungsi Linier.
FUNGSI LINEAR.
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
MODUL.1 DATA SPASIAL DAN DATA NON SPASIAL
INTEGRAL RANGKAP INTEGRAL GANDA
Transcript presentasi:

Pertemuan II – Grafika Komputer Output Primitive (Sederhana)

Bentuk sederhana Grafik Titik Garis Lingkaran Poligon

Algoritma menggambar garis Ide dasar Lebih lanjut akan diperoleh: Jika |m| < 1, maka x di set mulai dari 1 y dihitung berdasarkan ekspresi sebelumnya

Algoritma menggambar garis Jika |m| > 1, maka y di set mulai dari 1 x dihitung berdasarkan ekspresi sebelumnya Jika |m| = 1, maka x = y di set mulai dari 1 Dihasilkan garis lurus

Algoritma menggambar garis Ide dasar Secara matematis, fungsi persamaan garis adalah: y = mx + b, di mana m  slope atau gradien b  perpotongan dengan sumbu y Jika diberikan dua titik awal dan akhir dari suatu garis yaitu (x1, y1) dan (x2, y2) , maka diperoleh :

Algoritma menggambar garis Algoritma DDA (Digital Diffrential Analyser) Algoritma Bresenham

DDA (Digital Diffrential Analyser) Inti dasarnya, bagaimana menempatkan piksel pada titik awal sampai akhir yang telah diberikan. Berdasar pada perhitungan tingkat perubahan terhadap koordinat x atau terhadap koordinat y. Jika |m| < 1, maka Piksel koordinat y ditentukan dengan menentukan x = 1 dan yk+1 = yk + m Jika |m| > 1, maka Piksel koordinat y ditentukan dengan menentukan y = 1 dan xk+1 = xk + 1/m

Algoritma DDA Diberikan dua titik (x1, y1) dan (x2, y2) Mulai pada titik awal dan hitung gradiennya Gambar titik Melangkah ke kanan 1 piksel dan ke atas (m*perubahan pada x) piksel. Jika perubahan terhadap x = 1 Maka akan naik sebanyak m piksel Gambar piksel Ulangi langkah 4, sampai ditemukan titik ke akhir.

Pseudo code Algoritma DDA versi x Let x = x1; y = y1 dan m = (y2-y1)/(x2-x1) Draw pixel (x, y) While (x < x2) { X = x + 1; Y = y + m Draw pixel (round (x), round (y)); }

Pseudo code Algoritma DDA versi y Let x = x1; y = y1 dan m = (x2-x1)/(y2-y1) Draw pixel (x, y) While (y < y2) { y = y + 1; x = x + m Draw pixel (round (x), round (y)); }

Algoritma Bresenham

Tugas Implementasikan gambar objek, misal rumah, buku, mobil, motor, dll Jelaskan langkah-langkah program anda (keterangan dalam program) Kumpulkan maksimal minggu depan dalam bentuk soft copy Bahasa Pemrograman Bebas Kelompok 2 mhs di about box (Form Tersendiri)