Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG
Advertisements

PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Meningkatkan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
Perubahan Sosial.
MESIR KUNO TERRY IRENEWATY, M.Hum.
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Epistemologi Nasionalisme
POKOK BAHASAN TEOLOGI ISLAM
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
PERSPEKTIF GLOBAL PERSPEKTIF : - PENDEKATAN, WAWASAN
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
PEMIKIRAN MASA YUNANI ROMAWI KUNA
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
analisis k-13 dalam mata pelajaran sejarah materi wajib dan peminatan
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
POSTMODERNISME DAN TEORI-TEORI RELEVAN UNTUK PENELITIAN BUDAYA (SENI)
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
TIM PENGUSUL: NASIWAN,M.SI PROF.DR. AJAT SUDRAJAT DRS. CHOLISIN, M.SI
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
ESTETIKA TIMUR Estetika Cina Estetika India
TEORI POSKOLONIAL MENGENAI PERUBAHAN SOSIAL
Filsafat Sosiologi Komunikasi
Antropologi.
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
LATAR BELAKANG SEJARAH HUBUNGAN INTERNASIONAL
Pembaharuan dalam Islam
PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
RENAISANS EROPA Oleh rudi irawanto SLIDE 6.
Dinamika Kawasan Eropa
COLD WAR.
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
Pendekatan Sejarah Studi Islam
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
Geografi Politik Untuk analisis Asia Pasifik
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA
Gagasan Nasionalisme dalam Karya Pramoedya Ananta Toer “Tetralogi Buru” A n g i e P e r m a t a S a r i FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS.
KONSEPSI DAN PERAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
Oleh SYUKUR program pascasarjana pai iain salatiga 2015
ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA
Pergertian Globalisasi
Tugas IPS Kolonialisme Barat
KOLONIALISME IMPERIALISME
Perkembangan Perencanaan
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
HUBUNGAN SOSIAL ANTAR KELOMPOK ETNIK
D. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat 1. Dinamika Pancasila sebagai Sistem Filsafat a.Pada era pemerintahan.
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
Assalamualaikum Wr.Wb.. KETERPADUAN IPTEK DAN ISLAM “Pengaruh Ilmu Pengetahuan yang Dikembangkan Umat Islam Terhadap Peradapan Eropa dan Barat” Nama kelompok.
Ilmu Sosial dan Kebudayaan Masalah-masalah/ Isu-isu yang Terjadi pada Abad 21 Gayuh Tristanti Dewi Warsono.
Transcript presentasi:

Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA SEJARAH PERKEMBANGAN STUDI ISLAM DALAM TRADISI OKSIDENTALISME HASSAN HANAFI Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA

Riwayat Hassan Hanafi Hassan Hanafi adalah Guru Besar pada fakultas Filsafat Universitas Kairo. Ia lahir pada 13 Februari 1935 di Kairo Hanafi belajar di Universitas Cairo untuk mendalami bidang filsafat Semangat Hanafi untuk mengembangkan tulisan­- tulisannya tentang pembaharuan pemikiran Islam se­ makin tinggi sejak ia pulang dari Perancis pada tahun 1966

Pengertian Oksidentalisme Oksidentalisme adalah kajian yang dilakukan oleh masyarakat Timur (Islam) tentang kebudayaan dan sejarah Barat. Kajian tersebut menggunakan perspektif dan ukuran-ukuran Timur

Kelahiran Oksidentalisme Munculnya oksidentalisme pada abad 17 sampai dengan abad 18 M Kemunduran bagi dunia Islam dengan adanya disintegrasi kekuasaan Islam, hilangnya rasionalisme dan mengentalnya sufisme Sebagai bentuk mengejar ketertinggalan dan melepas cengekraman kolonial Barat maka dunia Islam, terutama Mesir dan Turki mempelajari kemajuan-kemajuan Barat baik di bidang sains maupun teknologi Oksidentalisme lahir sebagai reaksi daripada disiplin ilmu karena berbagai persoalan dunia Islam yang tidak terpecahkan

Akar Sejarah Oksidentalisme Barat hadir membawa dampak positif dan negatif yang perlu disikapi. Oksidentalisme sebagai respon problem modernitas Oksidentalisme dibangun dari akar sejarah dan khazanah keilmuan Islam Pasif dalam mengkaji pemikiran Barat dan kajiannyapun hanya tekstual tanpa kajian kritis Fase berikutnya mulai kajian secara kontekstual Menguasai kajian dan memberi kritik terhadap teks yang ada hingga pemikiran

Urgensi Oksidentalisme Terhadap Pembaruan Islam Pembaruan Islam dalam Perspektif Hanafi Pemahaman Pembaruan : 1) dipahami sebagai upaya menghidupkan kembali (revitalisasi) tradisi di masa Rasulullah dan sahabat 2) pembaruan sebagai upaya memperbarui pemahaman terhadap agama 3) pembaruan sebagai upaya menyesuaikan paham keagamaan Islam dengan perkembangan baru yang timbul akibat ilmu pengetahuan dan teknologi modern

Latar Belakang Pembaruan Hanafi pertama, keinginan mentransfer prestasi Barat ke dalam dunia Islam. Kedua, masuknya paham yang berkembang di Barat ke dunia Islam. Ketiga, adanya respon dari para pemikir Islam terhadap perubahan yang terjadi akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

2. Hanafi; Tentang Tantangan Barat Modern Menurut Hanafi kolonialisme Barat terhadap bangsa Timur merupakan kejahatan terbesar sejarah manusia Koloni Barat mengeskploitasi sumber daya ekonomi dan membangun koloni di luar wilayahnya Imperialisme sekarang hadir dalam bentuk baru dengan pengaruh bayang-bayang politik Barat seperti beberapa negara Islam dibawah kekuasaan militer Barat, ini terlihat jelas berdirinya Israel Memandang peradaban Timur rendah akibatnya lahir rasialisme peradaban, merasa bangsa barat superioritas, atau klaim sebagai bangsa berperadaban (civilized), lahirnya hegemoni budaya Barat Muncul reaksi perlawanan dikotomik-konfrontatif Pertentangan antara Islam dan Barat dilatarbelakangi oleh faktor politik, teologi, kecurigaan, dan realita yang dikonstruksi

Oksidentalisme; Respon Hanafi Oksidentalisme bersifat reaktif-emosional dan apologis (kekalahan dunia Islam dari Barat, rasa rendah diri umat Islam akibat invasi kultural Barat) Oksidentalisme yang dibangun : Adanya kontrol atau pembendungan atas kesadaran Eropa dari awal sampai akhir, sejak kelahiran hingga keterbentukan Mempelajari kesadaran Eropa dalam kapasitas sebagai sejarah Mengembalikan Barat ke batas alamiahnya, mengakhiri perang kebudayaan, menghentikan ekspansi tanpa batas, mengembalikan filsafat Eropa Menghapus mitos Membuka jalan bagi terciptanya inovasi bangsa non Eropa dan membebaskannya dari “akal” Eropa yang menghalangi nuraninya Menghapus rasa rendah diri Melakukan penulisan ulang sejarah Permulaan filsafat sejarah Barat yang dimulai dari angin Timur Mengakhiri Orientalisme Menciptakan Oksidentalisme sebagai ilmu pengetahuan yang akurat Membentuk peneliti-peneliti tanah air yang mempelajari peradabannya dari kacamata sendiri Dimulainya pemikir baru yang dapat disebut sebagai filosuf, pasca generasi pelopor di era kebangkitan

Sekian Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan