DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA 3 April Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.
Advertisements

TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Pengambilan Keputusan
ALGORITMA 7 April 2017 Flowchart #3 STIKOM.
< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari
2.4. Struktur Branching Branching atau percabangan adalah diagram yang alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita.
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Algoritma dan Struktur Data
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart Bag. 2 Dalam suatu program perulangan dan percabangan begitu penting utk menyusun program yg ingin dbuat.
Flowchart.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN 1A
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Kontrol Keputusan
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Flowchart dan Pseudocode
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pertemuan 2.
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar-dasar Algoritma Dan Representasi Algoritma
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
Algoritma.
Struktur Seleksi (Percabangan)
Struktur Kontrol Keputusan
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
STRUKTUR LOOPING Castaka Agus Suginto, M.Kom., M.CS.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
ALGORITMA Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, seorang ilmuwan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala.
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Pengulangan.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Simbol - Alur Pemograman Terstruktur
Pertemuan 2 Rismayuni.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Latihan menggunakan if majemuk
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember
Bab 2 Struktur Dasar.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Penulisan Teks Algoritma
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 3
Transcript presentasi:

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART) Castaka Agus Sugianto, M.Kom., MCS

Tiga buah cakram yang masing - masing berdiameter berbeda mempunyai lubang di titik pusatnya. Ketiga cakram tersebut dimasukan pada sebuah batang besi A sedemikian hingga cakram yang berdiameter lebih besar selalu terletak di bawah cakram yg berdiameter lebih kecil. Tulislah algoritma untuk memindahkan sebuah cakram tersebut batang besi B: setiap kali hanya satu cakram yang boleh dipindahkan, tetapi pada setiap perpindahan tidak boleh ada cakram yang lebih besar berada di atas cakram kecil. Batang besi C dapat dipakai sebagai tempat peralihan dengan tetap memegang aturan yang telah disebutkan.

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART) Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program. Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut : Proses/prosessing, satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan. Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke dalam memori komputer dari suatu alat input Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’) & sebagai akhir (berisi ‘End’) dari suatu proses alur.

Decision (kotak keputusan) berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil sesuai dgn kondisi yg dipenuhi, yaitu Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching). Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur. Preparation digunakan untuk pemberian harga awal.

Connector/penghubung, digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama. On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain. Flowline, menunjukkan bagian arah instruksi dijalankan

Diagram Alur untuk Program Komputer. Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas : Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.

Flowchart terdiri dari tiga struktur : 1. Stuktur squence / Struktur sederhana Contoh :

2. Struktur Branching Contoh : y t

3. Stuktur Looping Contoh :

Catatan : Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur. Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I) Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya. Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel : X = 5 variabel X diberi harga sebesar 5

Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk : Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada) Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1) Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T. Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu : Variabel Numerik/bil., Variabel untai kata/string, C= P - Q N = N + 1 S =S + T

Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II) Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read, STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan . A=A*2 Input A END START Keterangan : 1. Masukan Nilai Variable A mis : 3 2. Proses A dengan A*2 3. Cetak hasil proses diatas A=A*2 yg menghasilkan A=6 Cetak A

1. IF STRUKTUR BRANCHING (Percabangan) Bersyarat 2. IF......ELSE 3. NESTED IF atau IF ELSE Majemuk 4. SWITCH.....CASE Tidak Bersyarat Goto

A. Bersyarat 1. IF Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH. Bentuk Umum : if (kondisi) pernyataan ; Struktur Branching/percabangan: y t

2. IF ...... ELSE Bentuk umum : if (kondisi) perintah1; else perintah 2; Diagram alur dr pemakaian IF......ELSE sbb: kondisi Perintah 2 Perintah 1 t y

Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain Bentuk umum : Nested IF Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain Bentuk umum : if (syarat) if (syarat) y ....perintah; t else ....perintah; y else t ....perintah; y else t ....perintah; kondisi1 perintah kondisi2 kondisi3

IF.....ELSE Majemuk (bertingkat) If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana. Bentuk umum : if (syarat) { ... Perintah; } else if (syarat) else

4. Switch Case untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif. Bentuk Umum :   switch (ekspresi integer atau karakter) { case konstanta1: ...perintah; break; case konstanta2: default : }

B. Tidak Bersyarat Go To Hitung : statement; statement; Goto hitung; Bentuk umum : goto label; Contoh : Hitung : statement; statement; Goto hitung;

Latihan : Tentukan Output dari Flowchart dibawah ini : INPUT X X=2*X X=X+10 X=X+7 X=5*X X=X+5 START END INPUT A INPUT B A > B ? START END Y T Cetak ‘A lebih besar’ Cetak ‘B lebih besar’ CETAK X

TUGAS KELOMPOK (Max 5 orang) dibuat menggunakan Microsoft Office Visio 1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini: a. Masukan kode barang b. Masukan harga barang c. Masukan Jumlah barang d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount 10%, selain dari itu tidak mendapat discount f. Hitung total bayar = bayar - discount g. Cetak total bayar

2. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini: a. Diketahui phi=3.14 b. Masukan nilai jari-jari (r) c. Hitung Keliling = 2 * phi * r d. Cetak Keliling e. Ingin menghitung kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika Tidak maka program berhenti.

3. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini: a 3. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini: a. Masukan pilihan b. Jika pilihan=1 maka menu=“nasi goreng” jika pilihan=2 maka menu=“mie goreng” jika pilihan=3 maka menu=“capcay” c. Cetak menu d. Ingin pilih kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika Tidak maka program berhenti.

LATIHAN SOAL

1. Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan. akhir 1. Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah…. a. Terminal d. Input b. Preparation e. Output c. Decision 2. Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan flowchart menggunakan simbol…. a. d. b. e. c . .

3. Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung 3. Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung dalam satu halaman yang sama adalah …... a. d. b e. c. 4. Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang menggunakan bahasa awam disebut : a. Algoritma d. Flowchart b. Pseudocode e. Program c. prosedur

5. Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk 5. Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk mencetak keluaran adalah…. a. d. b. e. c.