Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom Poltek Harber Tegal Teknik Komputer
Form Form adalah komponen turunan Screen yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung (container) bagi komponen lain. Fungsi Form pada J2ME sama seperti Form pada HTML. Form selain memiliki obyek Item biasanya juga mempunyai obyek Command. Command berfungsi sebagai trigger untuk memulai suatuproses,Form juga dapat memasukkan String ataupun Image.
Form Cont…. Tidak ada batasan berapa jumlah minimum dan maksimum obyek Item yang dapat dimasukkan ke Form. Form sebaiknya dibuat sependek dan sesederhana mungkin karena pada umumnya pengguna perangkat bergerak tidak menyukai scrolling dan Form yang terlalu kompleks. Form merupakan subclass dari Screen. Form merupakan conntainer untuk item subclass, seperti TextField, StringItem, ImageItem, DateField dan ChoiceGroup. Item ditambahkan dan dimasukkan ke dalam sebuah Form menggunakan method append() dan insert() berturut-turut.
Item Item adalah komponen antarmuka tingkat atas yang bukan merupakan turunan Displayable. Item ini mempunyai sifat tidak dapat berdiri sendiri tanpa kehadiran komponen antarmuka tingkat tinggi lain yaitu Form. Agar Item dapat digunakan, obyek Item harus berada di dalam Form. Secara teknis yang dimasukkan ke dalam Form bukan obyek /instance dari Item tapi obyek/instance dari kelas turunan Item. Kelas‐kelas turunan Item adalah StringItem, ImageItem, TextField, Datefield, Gauge, ChoiceGroup, Spacer dan CustomItem. Masing‐masing turunan Item ini memiliki atribut ukuran dan layout masing‐masing.
Pembagian Item
TextField TextField adalah komponen turunan Item yang menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format input. Beberapa vendor mengimplementasikan TextField sehingga ukuran TextField dapat secara otomatis membesar sesuai dengan input string yang dimasukkan.
Format TextField
Contoh Aplikasi TextField
StringItem StringItem merupakan komponen untuk menampilkan tulisan pada layar. StringItem ini membungkus obyek String supaya dapatdiperlakukan sama dengan turunan obyek Item yang lainnya. Ada tiga jenis tampilan dari StringItem yaitu PLAIN, BUTTON dan HYPERLINK. Secara default suatu obyek StringItem memiliki penampilan PLAIN. Perbedaan antara BUTTON dan HYPERLINK terletak pada tampilannya. Dengan menggunakan BUTTON akan ditampilkan StringItem dengan tampilan seperti tombol sedangkanHYPERLINK akan menampilkan StringItem seperti link pada web.
Contoh Aplikasi StringItem
ImageItem ImageItem seperti halnya StringItem merupakan pembungkus untuk obyek lain, seperti Image. Secara default ImageItem akan ditempatkan di sebelah StringItem atau ImageItem yang telah berada sebelumnya, Jika tempat untuk ImageItem tersebut tidak cukup maka akan dimasukkan kedalam baris baru. ImageItem selain mempunyai layout warisan dari Item, juga mempunyai layout sendiri untuk penempatkannya didalam Form. Layout‐layout itu yaitu LAYOUT_DEFAULT, LAYOUT_CENTER, LAYOUT_RIGHT, LAYOUT_LEFT, LAYOUT_NEWLINE_BEFORE dan LAYOUT_NEWLINE_AFTER
DateField DateField merupakan komponen untuk memilih dan menampilkan tanggal atau waktu pada antarmuka J2ME. Tampilan komponen ini berbeda‐beda untuk masing‐masing perangkat. DateField dapat diatur apakah digunakan untuk menampilkan informasi tanggal, waktu atau keduanya dengan memilih tipe DATE,TIME atau DATE_TIME pada saat pembentukan obyek DateField
ChoiceGroup ChoiceGroup menampilkan daftar elemen yang dapat dipilih di dalam Form seperti halnya List. ChoiceGroup memungkinkan memilih satu atau lebih dari satu elemen yang terdapat dalam daftarnya. Sering kali ChoiceGroup ini diasosiasikan dengan RadioButton atau CheckBox. ChoiceGroup memungkinkan mode POPUP dimana hanya satu elemen yaitu elemen yang telah dipilih saja yang ditampilkan dilayar. Elemen lain akan ditampilkan jikauser ingin memilih elemen lain. POPUP ini hanya memungkinkan pemilihan satu elemen.
Contoh Aplikasi ChoiceGroup
Gauge Gauge merupakan komponen yang fungsinya sama dengan ProgressBar pada J2SE. Gauge merepresentasikan nilai dari 0 sampai bilangan yang dapat didefinisikan sendiri. Gauge dapat bersifat interaktif dimana user dapat berinteraksi dengan Gauge (menggunakan ItemStateListener) ataupun non‐interaktif dimana Gauge hanya berfungsi seperti ProgressBar biasa. Untuk Gauge non‐interaktif nilai maksimum dapat di set pada nilai tak terhingga. Gauge non‐interaktif dengan nilai maksimum tak terhingga dapat berupa gambar animasi yang bergerak‐gerak
Contoh Aplikasi Gauge
CustomItem CustomItem memungkinkan terbentuknya komponen baru yang dapat dimasukkan ke dalam Form. CustomItem adalah kelas abstract karena itu untuk membuat komponen baru kita perlu membentuk kelas yang merupakan turunan dari CustomItem. CustomItem mempunyai sifat‐sifat yang mirip dengan Canvas.
CostumItem Cont…. Kelas yang merupakan turunan CustomItem harus mengimplementasi lima method yaitu: a. protected int getMinContentWidth() b. protected int getMinContentHeight() c. protected int getPrefContentWidth() d. protected int getPrefContentHeight() e. protected abstract void paint(Graphics g, int w, int h)
Contoh Aplikasi CostumItem
Terima Kasih