Fisika Dasar (FR-302) Topik hari ini (minggu 4)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KINEMATIKA Kinematika adalah cabang ilmu Fisika yang membahas gerak benda tanpa memperhatikan penyebab gerak benda tersebut. Penyebab gerak yang sering.
Advertisements

GERAK LINEAR dan NON LINEAR.
PERSAMAAN GERAK LURUS smanda giri.
Fisika Dasar I (FI-321) Topik hari ini (minggu 2)
Fisika Dasar I (FI-321) Topik hari ini (minggu 3)
KINEMATIKA GERAK LURUS PARTIKEL Nita Murtia.H./19/x9
KINEMATIKA ROTASI TOPIK 1.
Fisika Umum (MA-301) Topik hari ini (minggu 2)
Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd. PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL PERENCANAAN
3. KINEMATIKA Kinematika adalah ilmu yang membahas
Kinematika.
3. KINEMATIKA Kinematika adalah ilmu yang membahas
KINEMATIKA PARTIKEL Pertemuan 3-4
Gerak 2 Dimensi 2 Dimensional Motion
1 Pertemuan 3 Matakuliah: K0614 / FISIKA Tahun: 2006.
ilmu yang mempelajari gerak benda tanpa ingin tahu penyebab gerak
GERAK 2 DIMENSI Pertemuan 5 - 6
Berkelas.
ILMU DASAR SAINS Ferdinand Fassa GERAK SATU DIMENSI Oleh:
Berkelas.
KINEMATIKA Mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak benda dan pengaruh lingkungan terhadap gerak benda. Mempelajari gerak benda tanpa.
Matakuliah : K0614 / FISIKA Tahun : 2006
Berkelas.
Gerak Parabola Sukainil Ahzan, M.Si
KINEMATIKA PARTIKEL Gerak Lurus Beraturan, Berubah beraturan, Peluru, Melingkar PERTEMUAN 2 DRA SAFITRI M M.Si TEKNIK INDUSTRI – FAKULTAS TEKNIK.
Pertemuan 1 Pendahuluan
Matakuliah : D0564/Fisika Dasar Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Kinematika Kinematics
Kinematika.
Fisika Dasar (Fr-302) Topik hari ini (Pertemuan ke 3)
Pujianti Donuata, S.Pd M.Si
BAB 3. GERAK LURUS 3.1 Pendahuluan 3.1
KINEMATIKA.
KINEMATIKA PARTIKEL Pertemuan 1-2
FISIKA DASAR MUH. SAINAL ABIDIN.
Arif hidayat Gerak Pada Garis Lurus Arif hidayat
Gerak Peluru atau Gerak Proyektil
ANIMASI GERAK JATUH BEBAS
Bumi Aksara.
Gerak 1 Dimensi Pertemuan 4
PERTEMUAN III KINEMATIKA PARTIKEL.
FISIKA DASAR By: Mohammad Faizun, S.T., M.Eng.
BAHAN AJAR FISIKA KLS XI SEMESTER 1 KINEMATIKA DENGAN ANALISIS VEKTOR
Kinematika Partikel Pengertian Kecepatan dan Percepatan
KINEMATIKA PARTIKEL.
BAB 2 GERAK SATU DIMENSI 3.1.
GERAK DALAM DUA DIMENSI (BIDANG DATAR)
M.SYAIFUL RIZAL WICAKSONO
BAB II KINEMATIKA GERAK
Kinematika.
Kinematika Mempelajari tentang gerak benda tanpa memperhitungkan penyebab gerak atau perubahan gerak. Asumsi bendanya sebagai benda titik yaitu ukuran,
ilmu yang mempelajari gerak benda tanpa ingin tahu penyebab gerak
Perpindahan Torsional
GERAK DALAM BIDANG DATAR Gerak Melingkar Berubah Beraturan
Dinamika.
A. Posisi, Kecepatan, dan Percepatan
Gerak Peluru Disusun Oleh: Cahya Ahmad Hidayatullah Nim
KINEMATIKA GERAK LURUS PARTIKEL
FISIKA UMUM MEKANIKA FLUIDA TERMODINAMIKA LISTRIK MAGNET GELOMBANG
GERAK DUA DIMENSI Pertemuan 5 dan 6.
Minggu 2 Gerak Lurus Satu Dimensi.
GERAK PADA BIDANG DATAR
Perpindahan Torsional
ILMU DASAR SAINS Ferdinand Fassa GERAK SATU DIMENSI Oleh:
BAB 3 GERAK LURUS 3.1.
OM SWASTYASTU. NAMA KELOMPOK  I Gede Made Indra Adi Suputra( )  Wayan Dhani Saputra ( )  Wayan Mahendra Pratama( )
MEKANIKA Oleh WORO SRI HASTUTI
KINEMATIKA PARTIKEL.
GERAK DALAM BIDANG DATAR
BAB 3 GERAK LURUS 3.1.
Transcript presentasi:

Fisika Dasar (FR-302) Topik hari ini (minggu 4) Gerak dalam Dua dan Tiga Dimensi Posisi dan Perpindahan Kecepatan Percepatan Gerak Parabola Gerak Melingkar

Gerak dalam Dua dan Tiga Dimensi Menggunakan tanda + atau – tidak cukup untuk menjelaskan secara lengkap gerak untuk lebih dari satu dimensi Vektor dapat digunakan untuk menjelaskan gerak lebih dari satu dimensi Masih meninjau perpindahan, kecepatan dan percepatan

Perpindahan Posisi sebuah benda dijelaskan oleh vektor posisi nya, r Perpindahan sebuah benda didefinisikan sebagai perubahan posisinya Δr = rf - ri

Kecepatan Kecepatan rata-rata adalah perbandingan antara perpindahan dengan selang waktu dari perpindahan tersebut Kecepatan sasaat adalah limit dari kecepatan rata-rata dimana selang waktunya menuju nol Arah dari kecepatan sesaat adalah sepanjang garis yang menyinggung kurva lintasan benda dan searah gerak

Percepatan Percepatan rata-rata didefinisikan sebagai perbandingan perubahan kecepatan terhadap selang waktu (laju perubahan kecepatan) Percepatan sesaat adalah limit dari percepatan rata-rata dengan selang waktu menuju nol

Benda Mengalami Percepatan Jika: Besarnya kecepatan (laju) berubah Arah kecepatan berubah Meskipun besar kecepatannya (laju) tetap Baik besar maupun arahnya berubah

Hubungan Umum antara Posisi, Kecepatan dan Percepatan (Differensiasi)

Hubungan Umum antara Posisi, Kecepatan dan Percepatan (Integrasi)

Latihan 1. Sebuah benda bergerak dari titik (0,1,0) dengan kecepatan Tentukan: Posisi benda setelah 2 detik! Kecepatan rata-rata benda dalam selang 0 -2 detik! 2. Percepatan sebuah partikel adalah . Pada t=0 detik bahwa diketahui kecepatan partikel adalah dan posisinya berada di pusat koordinat. Tentukan: a. Kecepatan dan posisinya sebagai fungsi waktu! b. Bentuk dan persamaan lintasan benda! c. Bila sumbu y menyatakan ketinggian, berapakah tinggi maksimum yang dicapai benda! d. Pada jarak berapa dari pusat ketika ketinggian benda kembali nol!

Contoh-contoh Gerak 2 Dimensi: 1. Gerak Peluru Sebuah benda yang bergerak dalam arah x dan y secara bersamaan (dalam dua dimensi) Bentuk gerak dalam dua dimensi tersebut kita sepakati dengan nama gerak peluru Penyederhanaan: Abaikan gesekan udara Abaikan rotasi bumi Dengan asumsi tersebut, sebuah benda dalam gerak peluru akan memiliki lintasan berbentuk parabola

Catatan pada Gerak Peluru: Ketika benda dilepaskan, hanya gaya gravitasi yang menarik benda, mirip seperti gerak ke atas dan ke bawah Karena gaya gravitasi menarik benda ke bawah, maka: Percepatan vertikal berarah ke bawah Tidak ada percepatan dalam arah horisontal

Gerak Peluru

Aturan Gerak Peluru Pilih kerangka koordinat: y arah vertikal Komponen x dan y dari gerak dapat ditangani secara terpisah Kecepatan, (termasuk kecepatan awal) dapat dipecahkan ke dalam komponen x dan y Gerak dalam arah x adalah GLB ax = 0 Gerak dalam arah y adalah jatuh bebas (GLBB) |ay|= g

Aturan Lebih Rinci: Arah x ax = 0 x = vxot Persamaan ini adalah persamaan hanya dalam arah x karena dalam arah ini geraknya dalah GLB.

Aturan Lebih Rinci: Arah y Ambil arah positif ke atas Selanjutnya: Problem jatuh bebas Gerak dengan percepatan konstan, persamaan gerak telah diberikan di awal

Kecepatan dari Peluru (Benda) Kecepatan peluru (benda) pada setiap titik dari geraknya adalah penjumlahan vektor dari komponen x dan y pada titik-titik tersebut Animasi 3.1

Contoh Gerak Peluru: Sebuah benda dapat ditembakkan secara horisontal Kecepatan awal semuanya pada arah x vo = vx dan vy = 0 Semua aturan tentang gerak peluru dapat diterapkan

Gerak Peluru tidak Simetri Mengikuti aturan gerak peluru Pecah gerak arah y menjadi Atas dan bawah simetri (kembali ke ketinggian yang sama) dan sisa ketinggian

Contoh soal: Sebuan pesawat penyelamat menjatuhkan barang bantuan pada para pendaki gunung. Pesawat bergerak dalam horisontal pada ketinggian 100m terhadap tanah dan lajunya 40.0 m/s. Dimanakah barang tersebut menumbuk tanah relatif terhadap titik dimana barang dilepaskan? 1. Kerangka Koordinat: Oy: y arah ke atas Ox: x arah ke kanan Diketahui: laju: v = 40.0 m/s tinggi: h = 100 m Dicari: Jarak d=? 2. Ingat: vox= v = + 40 m/s voy= 0 m/s d

2. Gerak Melingkar Dalam koordinat polar: y Posisi : v(t) Kecepatan : Percepatan : v(t) r(t) θ(t) s(t) x y Panjang Busur : s(t) = θ(t) R

Percepatan Sentripetal Sebuah benda yang bergerak melingkar, meskipun bergerak dengan laju konstan, akan memiliki percepatan karena kecepatannya (arah) berubah Percepatan ini disebut percepatan sentripetal Percepatan ini berarah ke pusat gerak

Percepatan Sentripetal dan Kecepatan Sudut Hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linier v = ωr Percepatan sentripetal dapat juga dihubungkan dengan kecepatan sudut Segitiga yang sama! Sehingga:

Percepatan Total Apa yang terjadi apabila kecepatan linier berubah? Dua komponen percepatan: komponen sentripetal dari percepatan bergantung pada perubahan arah komponen tangensial dari percepatan bergantung pada perubahan kecepatan (laju) Percepatan total dapat dirumuskan dari komponen tsb:

Gerak Melingkar (lanjutan) Gerak Melingkar Beraturan (GMB): Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB): Animasi 3.2

PR Buku Serways Hal 100 - 110 Pilih 2 nomor saja