KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

animasi dan multimedia
PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
animasi dan multimedia
Bab 6 Multimedia.
OTOMASI PERPUSTAKAAN & MULTIMEDIA
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
TEKNIK MULTIMEDIA.
PUSAT KOMUNITAS KREATIF
Dasar-dasar multimedia
SMK PGRI 1 Kota Tangerang Alir Proses Produksi Produk Multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
Komputer untuk Pendidikan
MULTIMEDIA.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
MULTIMEDIA.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Teknologi Informasi Multimedia
MULTIMEDIA Kelompok 3 Fika Novika ( ) Ikka Rihhadatul Aisy( ) Ratna Yunita( ) Rina Rohmawati ( )
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Sistem Multimedia.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Dasar-dasar Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
Produksi Multimedia (KMN 504)
Pemrograman Multimedia
SISTEM INFORMASI MULTIMEDIA
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
DOKUMENTASI MULTIMEDIA
Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA.
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
Produksi Konten Multimedia
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MY FLASH MULTIMEDIA & KONVERSI
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pengenalan multimedia
MULTIMEDIA Pert. 1.
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Sistem Multimedia Pertemuan ke-2.
Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Memahami Etimologi Multimedia
desain multimedia dasar
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
& Pengelolaan Sumber Daya
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Pemrograman Multimedia
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA KONSEP DASAR KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA Oleh : Anwari S.Sos., M.Si

Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut : “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw-Hill/Osborn, California, 2002) Yang artinya kurang lebih adalah : “ Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar pergerakan.”

Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri. Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu: a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi. b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dan lain sebagainya

Pengertian Multimedia MULTI (latin nouns) : banyak; bermacam-macam MEDIUM (latin) : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) 2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996) 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002) 4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001) 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi

MENGAPA MULTIMEDIA? Multimedia dapat digunakan dalam: 1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif 2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah p embelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik 3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR): 1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat 2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar 3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat 4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.

Kemampuan Multimedia 1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking,para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:Netmeeting! 2. Mengubah cara belanja. homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya. 3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

Kemampuan Multimedia 4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. 5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book. 6. Internet Multimedia juga bersaing dengan televisi dan radio.

SISTEM MULTIMEDIA A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991]. Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia? 1. Kombinasi Media Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video. 2. Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah. 3. Computer-supported Integration Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi: 1. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. 2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

KARIER MULTIMEDIA Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.