Pengembangan Tool Pembuat Media Pembelajaran Animatif Berbasis Gambar dan Teks Sebagai Sarana Alternatif Pengayaan Konten Multimedia Pada portal e-Learning.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
WELCOME TO MYPRESENTATION
Advertisements

Abdul Karim Heri Nugroho
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS KOMPUTER Yonathan Widyachandra Hendrakusuma for further detail, please visit
Protyping IMK-M5.
MACROMEDIA FLASH 8 APLIKASI MULTIMEDIA HADO DAN KRISTAL AIR MENGGUNAKAN for further detail, please visit
MULTIMEDIA INTERAKTIF APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG BENCANA BANJIR BERBASIS for further detail, please visit
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
LOKASI PEMETAAN for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI GAME PUKUL BINATANG MENGGUNAKAN Satria Putra Mandiri for further detail, please visit
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
Pembuatan Aplikasi Peta Digital Interaktif Wilayah Jakarta Timur Menggunakan Ifan Ferianto for further detail, please visit
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
ALIPKASI DESAIN GRAFIS DENGAN FOTOMIX. Suharyadi Eko Nugroho for further detail, please visit
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH Ade Robby Hidayat
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX 2004 APLIKASI PEMBIMBINGAN AGAMA KRISTEN UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
OLEH : CHANDRA SOLIHIN ( ) PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
APLIKASI TAMPILAN HANDPHONE DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS Indra Pasga Satria for further detail, please visit
Story Board.
Analisa Desain Sistem Informasi
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
Multimedia Authoring For Health Information
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
Analisa Perancangan Sistem
UNIVERSITAS GUNADARMA 2010
PI Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Animasi Pengenalan Angka Dengan Macromedia Flash Mx for further detail, please visit.
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
Blended Learning Versus E-Learning
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
APLIKASI Ria Waryati for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI SEJARAH RASUL ULUL AZMI MENGGUNAKAN Hendry Reza
Interaksi Manusia dan Komputer
KEPULAUAN JAWA PEMBUATAN MEDIA INFORMASI TENTANG
PENGEMBANGAN COMPUTER BASED LEARNING MENGGUNAKAN Jamhari
SISTEM INFORMASI PERNJUALAN BATIK BERBASIS WEBSITE PADA RILA BATIK
E-Learning Fungsi Implementasi Oleh: Izzul Fatawi, M.Pd.I.
APLIKASI PENGENALAN ORGAN TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM Prastia Puspita Saputri, for further detail, please visit
Analisa Desain Sistem Informasi
VISUALISASI KATALOG PRODUK PRINTER EPSON DENGAN SWiSHmax Rahendra Haryo Herlangga for further detail, please visit
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
Story Board.
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
Sartika Prasasti for further detail, please visit
Analisa Perancangan Sistem
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
UNIVERSITAS GUNADARMA 2010
Transcript presentasi:

Pengembangan Tool Pembuat Media Pembelajaran Animatif Berbasis Gambar dan Teks Sebagai Sarana Alternatif Pengayaan Konten Multimedia Pada portal e-Learning 28 September 2012 Lukmanh@ugm.ac.id

Latar belakang Portal e-learning minim konten multimedia Kesulitan membuat multimedia pembelajaran Multimedia sederhana = gambar + teks

Tujuan penelitian Memudahkan pembuatan multimedia pembelajaran sederhana Tujuan khusus : memanfaatkan fungsi serta komponen grafis dari bahasa pemrograman visual Mengimplementasikan format media pembelajaran animatif yang merupakan integrasi dari animasi dan penjelasannya dalam bentuk teks

Urgensi penelitian optimalisasi pemanfaatan portal e-learning untuk proses pembelajaran yang mendukung student centered learning Portal e-learning sebagai salah satu media pendukung untuk student centered learning akan sangat optimal pemanfaatannya jika didukung oleh konten – konten yang lebih informatif yang dalam hal ini adalah konten multimedia dalam jumlah masif

Multimedia pembelajaran

Animasi komputer Translasi horizontal Translasi vertikal

Metode penelitian 1. Studi literatur yang berkaitan dengan pembuatan media pembelajaran animatif dan karakteristik konten pembelajaran pada portal e-learning 2. Analisis fitur dan menu yang akan diimplementasikan pada tool pembuat media pembelajaran animatif berbasis gambar dan teks ini 3. Perancangan desain tool pembuat media pembelajaran animatif 4. Implementasi desain tool pembuat media pembelajaran animatif 5. Pengujian terhadap tool pembuat media pembelajaran animatif yang dideskripsikan dalam penelitian ini kepada pengguna portal e- learning Universitas Gadjah Mada (Elisa UGM)

Rancangan penelitian SISTEM

Deskripsi sistem SISTEM

Fungsi sistem SISTEM

Context diagram SISTEM

Hierarchy Chart sistem

struktur data Skenario animasi = list of gambar Gambar = record ID = string Bitmap = Tbitmap Teks = string List cursor = list of cursor Cursor = record Nama = string Koordinat1 = point Koordinat2 = point

Ilustrasi penggunaan struktur data sistem

TERIMA KASIH