Algoritma & Pemrograman 3 Percabangan & Perulangan Sistem Komputer – S1 Universitas Gunadarma
Topik Percabangan Perulangan Lompatan Break Continue
Percabangan Percabangan adalah suatu keadaan dimana pernyataan dapat dieksekusi apabila suatu kondisi memenuhi syarat untuk mengerjakan pernyataan tersebut. Percabangan di Java: If Switch
Percabangan Program hanya akan menjalankan statement yang ada di dalam percabangan jika kondisi bernilai benar atau true. Kondisi pada percabangan harus berupa operator Boolean.
Percabangan Example : int a = 7; //statement yang bukan merupakan kondisi int a ==7; //statement yang berupa kondisi Kondisi pada java menggunakan operator operator Boolean.
Percabangan If Menyatakan pernyataan akan dieksekusi jika memenuhi syarat atau kondisi tertentu Sintaks percabangan ini adalah : if (kondisi) { //statement } Jika kondisi benar, maka pernyataan akan dijalankan.
Percabangan If Example: Public class if1{ public static void main (String [] args){ int a == 7; if (a==7){ System.out.println(“Nilai a = “ + a);} if (a == 8){ System.out.println(“Nilai a = 8”); } }}
Percabangan If Example: Public class if2{ public static void main(String[]args){ int anInt = 10; if (anInt==10){ System.out.prinltn(“Variabel bernilai sepuluh”); } }}
Percabangan If - Else Percabangan yang digunakan untuk memilih salah satu dari dua atau lebih kemungkinan kemunculan bila memenuhi syarat atau kondisi tertentu. Jika kondisi dievaluasi bernilai true, maka statement yang telah diinstruksikan yang akan dieksekusi. Namun, jika kondisi dievaluasi bernilai false, maka statement pada instruksi else yang akan dieksekusi oleh program.
Percabangan If - Else Bentuk Umum : if (suatu_kondisi) { perintah_1; }
Percabangan If - Else Example of Program : ….. int nilai = 7; if (nilai ==10) { System.out.println(“Sepuluh”); } else { System.out.println(“Bukan bilangan sepuluh”); ……
Percabangan If - Else Bagaimana program Java If-Else outputnya adalah sebagai berikut: Masukkan nilai = 80 //inputan user Nilai lebih dari 50
Percabangan If - Bersarang Percabangan if bersarang merupakan gabungan beberapa if dan dapat pula digabungkan dengan if-else. Bentuk pernyataan if bersayarang adalah sebagai berikut ini :
Percabangan If - Bersarang if (kondisi1) { // perintah kondisi1 } else if (kondisi2) { // perintah kondisi2 } else if (kondisi3) { // perintah kondisi3 } else { // perintah jika semua kondisi tidak ada yang benar }
Percabangan If - Bersarang Contoh: public class bersarang{ public static void main(String[]args){ int a = 2; if (a==0){ System.out.println(“Nilai a = 0”);} else if(a==1){ System.out.println(“Nilai a = 1”);} else if (a==2){ System.out.println(“Nilai a = 2”);} else{ System.out.println(“No Bilangan”);{ }}
Percabangan If - Bersarang Kasus: Bagaimana program Java, jika output nya adalah : Nilai A diantara 86 – 100 Nilai B diantara 70 – 85 Nilai C diantara 56 – 69 Nilai D diantara 41 – 55 Nilai E diantara 0 - 40
Percabangan Swicth Pernyataan switch memberikan suatu cara untuk mengirim bagian program berdasarkan nilai suatu variabel atau pernyataan tunggal. Percabangan switch dimaksudkan untuk menangani banyak kemungkinan kemunculan.
Percabangan Swicth Bentuk umum percabangan switch: switch (expression) { case valeue1: break; case value2; case valueN; default; }
Percabangan Swicth Pernyataan switch bekerja dengan cara seperti ini: Nilai Expression dibandingkan dengan setiap nilai pada pernyataan case. Jika ada yang cocok maka urutan program yang ada dibelakang pernyataan case akan dijalankan. Jika tidak ada yang cocok, maka pernyataan default yang dijalankan. Pernyataan default merupakan pilihan juga. Jika tidak ada yang cocok dan tidak ada default, tidak ada yang dikerjakan.
Percabangan Swicth Kata kunci break sering digunakan dalam pernyataan switch tanpa label. Di dalam pernyataan switch, break tanpa label menyebabkan eksekusi percabangan langsung menuju akhir pernyataan switch. Jika kita tidak menuliskan break, maka eksekusi akan dilanjutkan ke dalam case selanjutnya.
Percabangan Swicth Catatan ekspresi hanya bisa berbentuk nilai bilangan bulat (int, short, dan sejenisnya) atau karakter, sehingga kita tidak bisa menggunakan switch untuk mengevaluasi ekspresi yang berbentuk String.
Percabangan Swicth public class Switch1 { public static void main(String[] args) int a; a = 5; switch (a) { case 0: System.out.println("Nol"); case 1: System.out.println("Satu"); case 2: System.out.println("Dua"); case 3: System.out.println("Tiga");
Percabangan Swicth case 4: System.out.println("Empat"); case 5: System.out.println("Lima"); case 6: System.out.println("Enam"); case 7: System.out.println("Tujuh"); case 8: System.out.println("Delapan"); case 9: System.out.println("Sembilan"); default: System.out.println("bukan karakter digit"); } } }
Percabangan Swicth Public class Switch2{ public static void main (String[]args){ int a = 3; switch(a){ case 1: System.out.println(“Nilai 1”);break; case 2: System.out.println(“Nilai 2”);break; case 3: System.out.println(“Nilai 3”);break; default: System.out.println(“Nilai tidak match”); }}