SWITCH Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 6 Dasar Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
Advertisements

Struktur Kendali Proses (Bab 4) Dr. Anto Satriyo Nugroho, M.Eng Web: Mata Kuliah: Dasar.
Bab 4 Percabangan.
Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Dasar-Dasar Komputer FKIP Prodi Matematika Univ. Muhammadiyah Gresik
Penyeleksian Kondisi Pertemuan ke-4 Bahasa C.
Komentar, Identifier dan Tipe Data
STRUKTUR KENDALI PROSES
Pertemuan 17 ENUM & STRUCT Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Operator Logika dan Pernyataan If
Struktur (Struct).
FUNGSI (Method) Bag.3 Pertemuan 20 Dasar Pemrograman
Pengulangan WHILE.
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Pertemuan 6 IF Bersarang / IF Bertingkat Nested IF Dasar Pemrograman.
Pertemuan 19 FUNGSI (Method) Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
WHILE & DO-WHILE Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 8
Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom.
Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Pertemuan 19 FUNGSI (Method) Bag.2 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
OPERASI FILE Bag.2 Pertemuan 27 Dasar Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
STRUKTUR, ENUM, UNION, BIT-FIELD DAN TYPEDEF
Bahasa Pemrogrman Dasar Pertemuan 4
PERCABANGAN (DECISION)
Statement Control (if dan switch)
Nested IF IF Bersarang / IF Bertingkat Pertemuan 6 Dasar Pemrograman
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Operasi Operator dalam C++ Pertemuan 4 Dasar Pemrograman
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
PERULANGAN (LOOPING).
Pertemuan 21 POINTER Bag.1 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Pemprograman Berorientasi Objek
ARRAY (Array Dimensi Satu) Pertemuan 15 Dasar Pemrograman
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
ARRAY (Array Dua Dimensi) Pertemuan 16 Dasar Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 5
SELEKSI KONDISI Oleh : Sri Supatmi.
Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
FUNGSI (Method) Bag.1 Pertemuan 18 Dasar Pemrograman
PERNYATAAN DASAR DALAM C++.
Latihan UTS.
Penyeleksian Kondisi.
STATEMENT if Bentuk umum dari statement if if (kondisi) statement; atau if(kondisi) { statement1; statement2; }
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
Pemrograman Terstruktur
SELEKSI KONDISI Oleh : Sri Supatmi.
SWITCH Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 7 Dasar Pemrograman
PERCABANGAN (DECISION)
Pengantar Pemrograman
PENGULANGAN (Loop).
Algoritma dan Struktur Data
PERCABANGAN.
FOR Perulangan Menggunakan Pertemuan 10 Dasar Pemrograman
STRUKTUR KONTROL DALAM PHP
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
PERCABANGAN BY HARIFUDDIN.
Latihan menggunakan if majemuk
Operator Unary & Operator Ternary Pertemuan 9 Dasar Pemrograman
Akademi Komunitas Negeri Lamongan
KONDISI PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Operator.
Dasar Pemrograman Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Transcript presentasi:

SWITCH Struktur Kendali Percabangan Pertemuan 6 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.

SWITCH Pernyataan switch adalah pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan berdasarkan nilai dari sebuah variabel. Pada pernyataan switch, ungkapan berupa variabel. Jika dibandingkan dengan pernyataan if, maka pernyataan switch adalah pernyataan if dengan kondisi "=="

Syntax SWITCH switch (ungkapan) { case ungkapan1 : pernyataan1; break; … default : pernyataan ke-N; } Penting : Jangan lupa dengan break;

Adapun untuk ungkapan1, ungkapan2, dan seterusnya dapat berupa sembarang konstanta bertipe int atau char. Pencocokan ungkapan dengan ungkapan1, ungkapan2, dan sebagainya dilakukan secara berurutan, dimulai dari yang pertama. Sekiranya cocok, pernyataan yang mengikuti case bersangkutan dijalankan. Kalau selanjutnya pernyataan break ditemukan, eksekusi dari pernyataan switch berakhir. Bagian default hanya akan dijalankan kalau ungkapan pada bagian case tidak ada yang cocok dengan ungkapan switch.

Flowchart SWITCH ungkapan==ungkapan1 Pernyataan1; Y Break; T PernyataanN;

#include <iostream> #include <conio.h> using namespace std; void main() { int kode_hari; cout<<"Masukkan kode hari : "; cin>>kode_hari; switch (kode_hari) { case 1 : cout<<"Hari ini hari Senin"; break; case 2 : cout<<"Hari ini hari Selasa"; break; case 3 : cout<<"Hari ini hari Rabu"; break; case 4 : cout<<"Hari ini hari Kamis"; break; case 5 : cout<<"Hari ini hari Jumat"; break; case 6 : cout<<"Hari ini hari Sabtu"; break; case 7 : cout<<"Hari ini hari Minggu"; break; default : cout<<"Kode hari salah"<<endl; } _getch();

Peranan Break Tanpa perintah break pada masing-masing pilihan switch, perintah-perintah di bawah kondisi yang terpenuhi akan dieksekusi semuanya. Biasanya hal ini tidak diinginkan. Oleh karena itu, break sudah menjadi suatu standar dalam pernyataan switch.

#include <iostream> #include <conio.h> using namespace std; void main() { int kode_hari; cout<<"Masukkan kode hari : "; cin>>kode_hari; switch (kode_hari) { case 1 : case 2 : case 3 : case 4 : case 5 : cout<<"Hari ini adalah hari aktif bekerja"; break; case 6 : cout<<"Hari ini adalah hari akhir pekan ”; cout<<“ada yang tetap bekerja ”; cout<<“ada yang tidak bekerja"; break; case 7 : cout<<"Hari ini adalah hari minggu ”; cout<<“dimana adalah hari libur "; break; default : cout<<"Kode hari salah"<<endl; } _getch();

LATIHAN Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan nama dan harga barang sesuai pilihan kode barang berikut ini : (gunakan IF dan SWITCH) kode_barang nama_barang harga A Mouse Optik 50000 B Keyboard 750000 C Monitor LCD 2000000 D Flashdisk 2GB 80000 E Cooling Fan 100000 F Speaker 125000 lainnya Kode Salah

Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut ini : (gunakan SWITCH) Bila user memilih ‘1’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi, bila user memilih ‘2’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi panjang, bila user memilih ‘3’ maka akan dilakukan perhitungan luas segitiga, dan bila user memasukkan pilihan lain akan muncul pesan kesalahan memilih. (seperti tampilan berikut)

-- Sekian -- Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.