Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan Di susun oleh: Mardandi Hudaya : 1209203052 Ranran Siti Nurhasanah : 1209203067 Taufik Fauzan Ginanjar : 1209203080
Pengertian Multimedia Secara etimologis multimedia berasal dari Bahasa latin dan terdiri dari dua kata yaitu kata multi yang berarti banyak, bermacam- macam, dan medium yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Macam-macam media
Dapat di simpulkan bahwa: Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media yang berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), dan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
BAGAIMANAKAH MEDIA MENJADI MULTIMEDIA ????
2. Multimedia pembelajaran Aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pilihan, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.
Macam-macam multimedia multimedia linier yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna, contoh: TV dan film. multimedia interaktif yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas
Manfaat multimedia Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu meng ajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prestasi belajar meng ajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan
Pemanfaatan Multimedia Sebelum pemanfaatan, harus: Memenuhi karakteristik multimedia pembelajaran Memenuhi fungsi multimedia pembelajaran Menggunakan metode yang sesuai
Hal yang dilakukan dalam pemanfaatan multimedia: Memahami materi Menyusun materi secara sistematik Mempelajari kebiasaan yang disukai oleh peserta didik, terutama yang berkaitan dengan unsur bahasa visual (icon, bahasa, jargon, ilustrasi musik, dan lain sebagainya) Pesan disajikan melalui gagasan yang unik
Macam-macam pemanfaatan multimedia Tutorial Drill dan Practice Simulasi Percobaan atau Eksperimen Permainan
Tutorial Informasi dilakukan dengan teks, gambar, baik diam maupun bergerak Drill dan Practice melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
Simulasi Mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata Percobaan atau Eksperimen kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia Permainan Permainan yang disajikan tetap mengacu pada proses pembelajaran
Contoh ruang multimedia
Sekian……… TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT