JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Dasar dasar GUI programming di Java
Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Membangun Aplikasi GUI
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
DASAR MENGUASAI NETBEANS
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
GUI Event Handling.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
PIBJ (PEMROGRAMAN INTERNET BERBASIS JAVA)
Pemrograman Visual Java
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Obyek
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Mendapatkan Input dari Keyboard
MENGGAMBAR OBJEK GEOMETRIS GeneralPath
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Transcript presentasi:

JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto: abdrohim@yahoo.com Website/Blog: http://www.arsys.or.id Swing

Overview Sekilas mengenai JFC/Swing Konsep-konsep Latihan Container Komponen Layout management Listener Latihan Swing

JFC dan Swing JFC – JavaTM Foundation Classes Terdiri dari fitur-fitur untuk membangun GUI Diimplementasikan sepenuhnya dalam Java Swing adalah nama kode (codename) untuk proyek yang mengembangkan komponen JFC pertama Nama Swing biasa digunakan untuk menyebut komponen baru dan API yang berkaitan dengan Swing

Fitur Swing Komponen: Dialog, Tabbed Pane, Button, File Chooser,… Pluggable Look and Feel Accessibility API: Screen Readers, Braile Display Java 2D API Drag and Drop API Swing

Arsitektur Aplikasi GUI Swing

Komponen UI Swing

Komponen Swing Swing menyediakan banyak komponen standar Komponen ini dibangun dengan konsep MVC Swing menyediakan Containers yang bisa menerima komponen di dalamnya Top Level, Intermediate Level, Komponen Swing

Container Turunan dari java.awt.Container Komponen yang mengandung komponen lain Menggunakan Layout Manager to memposisikan dan mengatur ukuran komponen di dalamnya Bisa null yang artinya posisi dan ukuran komponen diberikan oleh programmer Swing

Top Level Container Ada 3 top level container dalam Swing: JFrame JDialog JApplet Untuk dapat tampil di layar, setiap komponen GUI harus menjadi bagian dari containment hierarchy, dengan Top Level Container sebagai root Setiap top level container memiliki content panel yang mengandung komponen tampak (visible) dalam GUI Swing

Contoh import javax.swing.*; public class HelloWorldSwing { public static void main(String[] args) { JFrame frame = new JFrame("HelloWorldSwing"); final JLabel label = new JLabel("Hello World"); frame.getContentPane().add(label); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); frame.pack(); frame.setVisible(true); Swing

JDialog Bergantung pada frame Dialog bisa bersifat modal Persis seperti dialog di Windows Dialog bisa bersifat modal Ada beberapa dialog standar: JProgressBar, JFileChooser, JColorChooser, ... JOptionPane bisa digunakan untuk menciptakan dialog modal sederhana Meminta input, memberikan info, dll Swing

JComponent Merupakan kelas dasar dari semua komponen di Swing, kecuali Top Level Container JLabel, JButton, … Harus diletakkan di sebuah container Setiap JComponen juga adalah container (misalnya Button bisa mengandung Teks dan Ikon) Swing

Fitur JComponent Pluggable Look and Feel Keystroke handling Tooltip support Accessibility Infrastruktur untuk painting Mendukung border Swing

Intermediate Level Container Dikenal juga sebagai pane atau panes Memudahkan peletakan komponen lain Juga bisa mengatur penampilan komponen: JScrollPane JTabbedPane Default layout manager adalah Flow Layout Swing

Layout Manager Manajemen Layout: Proses menentukan ukuran dan posisi komponen Dapat dilakukan dengan absolute positioning Ukuran setiap komponen harus ditentukan Tidak bisa menyesuaikan diri ketika diresize Tidak bisa menyesuaikan dengan perbedaan sistem (misalnya ukuran font yang berbeda) Swing

Konsep MVC Setiap komponen Swing memakai konsep MVC (Model View Controller) View dan Controller digabung Model memungkinkan kita membuat data dari berbagai sumber data (misal data tabel dapat diambil dari database atau dari file teks) Swing

Event Handling Memakai Konsep Listener Model mengimplementasikan method untuk menambah dan menghapus listener Lightweight Notification Hanya memberi tahu bahwa ada event Listener yang akan mencari tahu perubahannya (contoh: scrollbar di drag) Stateful Notification Event memberitahukan perubahannya Untuk data model yang kompleks Contoh: perubahan di kolom tabel Swing

Listener Event dipropagasikan dengan cara memanggil method pada listener Listener adalah kelas yang mengimplementasikan interface listener tertentu Kita dapat membuat Anonymous Class untuk listener Swing

Penutup Swing adalah suatu arsitektur yang dibangun di atas konsep OO yang baik Swing dibangun agar portable dan usable Untuk saat ini, swing memang lambat karena ditulis 100% dalam Java (ditambah dengan overhead OO) Swing