Introduction Manajemen Proyek Software

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Manajemen Proyek & Teknologi Informasi
Advertisements

Manajemen Proyek Perangkat Lunak SIK (MPPL SIK)
Project Closure Penutupan Proyek.
Profesi di Bidang Teknologi Informasi
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
PERTEMUAN II Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
MANAJEMEN EKSEKUSI, PENGENDALIAN & PENUTUPAN PROYEK
PLANNING A SOFTWARE PROJECT Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I.
Analisis Kebutuhan PERANGKAT LUNAK
Aktifitas Pengembangan Sistem
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
Proyek Pengembangan Sistem Informasi
GRUP PROSES MANAJEMEN PROYEK
THE REQUIREMENTS ANALYSIS PHASE
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
Managing Software Requirement 1
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
SESI 4. PERENCANAAN PROYEK PL
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
Apakah manajemen itu ? Sebuah Universitas terbuka menyampaikan bahwa manajemen itu terlibat dalam aktifitas berikut : Perencanaan – memutuskan apa yang.
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Manajemen Sumber Daya Teknologi Informasi
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Pengelolaan Sistem Informasi
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
GRUP PROSES MANAJEMEN PROYEK
Penyelesaian Masalah Mutu dan Penjaminan Mutu pada Yankes
System Life Cycle Nurhayati, S.Kom., M.Kom Dosen STMIK Kaputama 1.
Manajemen Proyek.
Pertemuan III PROJECT CHARTER
Anna dara andriana., M.kom
Pertemuan III Dosen : Fajar Y. Zebua
Pengelolaan Proyek sistem informasi
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pertemuan 03 Materi : Buku Wajib & Sumber Materi :
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
4 Managing Software Requirement Analisis Kebutuhan
Tutorial Ke-8 Manajemen Proyek Sistem Informasi
Materi Pertemuan 9 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek SI Part 2.
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
Manajemen Proyek SI Part 2.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SDLC (System Development Life Cycle)
Anna dara andriana., M.kom
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Step Wise: an overview of
PENGANTAR.
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle)
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
Tujuan pembelajaran Mendefinisikan batasan manajemen proyek perangkat lunak (MPPL) Membedakan pengembangan proyek perangkat lunak dengan lainnya Memahami.
Information System Analysis and Design
Manajemen Proyek TI /Perangkat Lunak (MPPL)
CORPORATE INFORMATION SYSTEM (Sistem Informasi Organisasi)
Pertemuan 1: Pengantar Manajemen Proyek Software.
Pertemuan 1: Pengantar Manajemen Proyek Software.
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek TI Pertemuan 1 Pengantar Manajemen Proyek TI
Materi Pertemuan 9 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Mayang Saroiyaroh Siklus Hidup Proyek. Siklus hidup proyek suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah proyek direncanakan,
Transcript presentasi:

Introduction Manajemen Proyek Software pertemuan 1: Introduction Manajemen Proyek Software

Apakah Proyek itu ? Beberapa karakteristik utamanya adalah: Melibatkan tugas-tugas yang tidak rutin. Memerlukan perencanaan. Mempunyai obyektif tertentu yang harus dicapai atau produk tertentu yang harus dibuat. Proyek mempunyai perencanaan waktu yang masuk akal (bisa absolut atau relatif). Mengutamakan pekerjaan orang lain bukan diri sendiri. Pekerjaan melibatkan beberapa spesialis. Sumber daya yang mampu dilibatkan dalam proyek tersebut terbatas. Proyek tersebut besar atau kompleks

Tipe Proyek Lain vs Proyek SI (Software) Invisibility Proyek fisik prosesnya terlihat nyata, sedang proyek software prosesnya tidak nampak secara jelas. Complexity Setiap dollar, pound atau euro yang dibelanjakan, produk software akan mempunyai tingkatan kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan produk rekayasa lainnya. Flexibility Software merupakan subyek dengan tingkat perubahan yang tinggi.

Aktifitas dalam Manajemen Proyek SW Feasibility Study investigasi untuk memastikan apakah sebuah proyek yang prospektif diawali dengan hal yang baik. Planning Formulasi sebuah kerangka rencana untuk proyek keseluruhan dan kerangka rencana yang lebih detil. Project Execution Melaksanakan proyek berdasarkan rencana yang ada

Siklus Proyek SW Spesification Design Coding Implementasi/Installasi Requirement Analysis Spesification Design Coding Verification & Validation Implementasi/Installasi Maintenance & Support

Apa itu Manajemen? Beberapa aktifitas yang terlibat dalam manajemen adalah: Planning – memutuskan apa yang akan dikerjakan Organizing - membuat pengaturan Staffing - memilih orang-oang yang tepat untuk pekerjaan tertentu Directing - memberikan instruksi. Monitoring - mengecek kemajuan Controlling - melakukan tindakan untuk pengendalian proyek Innovating - datang dengan solusi baru. Representing – “liasing” dengan pemakai, dll

Apa itu Manajemen? Tantangan dalam manajemen proyek, antara lain : Keterbatasan waktu(85%) Keterbatasan sumber daya (83%) Berkomunikasi secara efektif antar tim pelaksana (80%) Meningkatkan komitmen antara tim anggota (74%) Membuat milestone yang terukur (70%) Seringnya terjadi perubahan (60%) Bekerja sesuai dengan rencana proyek yang telah disepakati oleh anggota tim (57%) Meningkatkan komitmen dari manajemen (45%) Terlibat dengan konflik (42%) Pengaturan vendor dan sub kontraktor (38%)

Problem terkait dengan Proyek Software Terkait dari sisi manajer proyek Lemahnya estimasi dan perencanaan Lemahnya standar dan pengukuran kualitas Lemahnya bantuan dalam hal pengambilan keputusan dalam organisasi Lemahnya teknik untuk membuat progres bisa terpantau Lemahnya peranan definisi – who does what Kriteria keberhasilan yang tidak tepat.

Problem terkait dengan Proyek Software Problem lainnya Spesifikasi kerja yang tidak sesuai Manajemen kegagalan IT Lemahnya pengetahuan area aplikasi Lemahnya standar Lemahnya dokumentasi yang up-to-date Ada beberapa aktifitas yang tidak selesai sesuai dengan waktunya – termasuk terlambatnya penyerahan peralatan Lemahnya komunikasi antara pemakai dan teknisi Lemahnya komunikasi yang mengakibatkan duplikasi pekerjaan Lemahnya komitmen – terutama pada saat sebuah proyek terikat dengan seseorang yang kemudian pindah. Batasan teknis yang terlalu melebar. Perubahan kebutuhan Perubahan lingkungan software Lemahnya pengendalian kualitas Manajemen jarak jauh Lemahnya pelatihan

Siklus Pengendalian Proyek Data Collection Data Processing Make decision/plans Implementation modelling Define object The Real Word Action Information Decisions

Stakeholders Internal dari tim proyek Ini berarti bahwa mereka berada dibawah kendali langsung pemimpin proyek. Eksternal dari tim proyek tetapi masih berada di organisasi yang sama. Sebagai contoh, pemimpin proyek memerlukan bantuan dari kelompok manajemen untuk menambahkan data tertentu kedalam sebuah database atau bantuan dari pemakai untuk menguji sistem. Disini perlu komitmen orang-orang yang terlibat. Eksternal baik dari tim proyek maupun dari organisasi. Stakeholder eksternal bisa pelanggan ( atau pemakai) yang akan memanfaatkan sistem tersebut pada saat proyek tersebut diimplementasikan atau kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Spesifikasi Kebutuhan Proyek Untuk proyek yang berbasis produk, obyektifnya akan didefinisikan berdasarkan. Kebutuhan fungsional. Definisi dari fungsi-fungsi yang diharapkan ada pada sistem. Kebutuhan kualitas. Atribut kualitas sistem yang ingin dicapai bila diimplementasikan, misalnya: waktu respons, kemudahan penggunaan sistem dan reliabilitasnya. Kebutuhan sumber daya. Informasi mengenai seberapa besar organisasi yang dibutuhkan oleh sebuah sistem.

Informasi & Pengendalian Organisasi Garis keatas : aliran informasi manajemen Garis kebawah : aliran kendali.