Animasi dan Game pada android

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media Presentasi Dengan Power Point
Advertisements

Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Bab 6 Multimedia.
ULEAD VIDEO STUDIO Direktorat e-Business
PENULISAN NASKAH.
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
Variasi Animasi dalam Flash
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
Plugin Gui builder berbasis xml generator untuk membuat user interface aplikasi android pada netbeans ide 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( ) Rendy.
Buat AUDIO -Rekam sebuah audio (bisa suara sendiri atau suara orang lain) -Rekam Background lagu / musik lain seperti gambar dibawah ini -Cara Rekam ->
Animasi.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Pengantar Teknologi Mobile 9 Antonius Rachmat C, S.Kom XHTML – Mobile Profile.
Pemrograman Mobile Android # 6
PENGENALAN MICROSOFT POWER POINT 2007
Tutorial Power Point 2007 Ketik_nama_anda HAL 1 HAL 2 HAL 3 HAL 4
Pengantar Teknologi Mobile
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Sekilas Impress Open Office.org.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
Storyboard.
Instroduksi Pemrograman Android
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Materi TIK Kelas XII Semester Genap Membuat Dokumen Presentasi
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
Pengantar Teknologi Mobile
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Design by Ayu Tri Pamulangsih Akuntansi D
Content Provider pada Android
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
Mengubah dan Memperbaiki Tampilan Form
Macromedia Flash.
Pemanfaatan Sistem Multimedia Sebagai Media Pembelajaran
Mekanisme penyimpan data pada Android
Deskripsi Screen Play of Animation Pertemuan 01
Karaoke カラオケ.
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Macromedia Flash.
( Cascading style sheets)
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Content Provider pada Android
Animasi Tweening.
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
STIESS BATANG.
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Macromedia Flash.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
11/9/2018.
Aplikasi Komputer Pertemuan 5 Mengenal Aplikasi Power Point
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
ANIMASI.
JAVA 2 STANDART EDITION MEDIA PLAYER YANG DISERTAI ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN for further detail, please visit
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

Animasi dan Game pada android 30/31 mei 2013

Tipe animasi pada android Animasi Frame by frame Animasi Layout Animasi View/view animation Tweening animation

Animasi frame by frame gerakan gambar secara berurutan sehingga membentuk “ilusi” gambar bergerak Pada contoh animasi ini membuat bola berputar

Teknik ini memerlukan banyak gambar dengan perubahan-perubahan tertentu untuk menghasilkan suatu animasi.  Sebagai contoh teknik animasi frame yang sering kita temui sehari-harinya adalah pada roll film(bioskop). Biasanya, bioskop-bioskop memutar film dengan memutar frame film yang sangat banyak yang digulung dalam roll film, mirip pada roll film kamera.

Animasi frame by frame Harus disiapkan gambar bola sebagai image untuk animasi. (contoh : bolawarna_1.jpg) Gambar tersebut disimpan di folder /res/drawable

Menambahkan animasi pada activity Android memanfaatkan resource ID pada R.Drawable.frame_animation pada file xml Object backgroundObject = view.getBackground(); AnimationDrawable ad = (AnimationDrawable)backgroundObject;

Layout animation Pada layout animation, animasi berbentuk seperti perubahan properti, perubahan warna, transparansi dll

Tweening animation Scale animation animasi perubahan skala (besar-kecil, tinggi-rendah) Rotate animation perubahan perputaran objek Translate animation perpindahan objek animasi Alpha animation perubahan transparansi

Tween Animation merupakan animasi yang diterapkan pada aplikasi berbasiskan widget, yang menerima input form biasa, lalu menggerakkannya sehingga menghasilkan (suatu) anmiasi. Perbedaan antara Tween dengan Frame Animatiions adalah pada Tween, Anda tidak perlu memerlukan banyak gambar yang terdefinisi sebelumnya, karena animasi ini akan menggerakkan satu gambar dengan pola-pola tetap yang dimiliki API Android

Tweening animation (lanj) Objek animasi diidentifikasikan dari folder res/anim Contoh code animasi di folder res/anim <set xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:interpolator="@android:anim/accelerate_interpolator"> <scale android:fromXScale="1" android:toXScale="1" android:fromYScale="0.1" android:toYScale="1.0" android:duration="500" android:pivotX="50%" android:pivotY="50%" android:startOffset="100" /> </set>

referensi http://android-developers.blogspot.com/2011/02/animation-inhoneycomb.html: http://android-developers.blogspot.com/2011/05/introducingviewpropertyanimator.html: http://developer.android.com/guide/topics/graphics/prop-animation.html Primary documentation on property animations from the Android SDK. http://developer.android.com/guide/topics/graphics/animation.html: Android documentation links to all animation types, including property animations and old-style animations. http://developer.android.com/reference/android/view/animation/packagesummary.html: The Java doc API for the older animation package android.view.animation. http://developer.android.com/guide/topics/resources/animationresource. html: XML tags for various animation types.

Android Media Framework Record audio Play audio Video player

Android menyediakan fungsi multimedia yang komprehensip Pengolahan image, record, voice, play music

Format multimedia yang didukung

permission Aplikasi yang merekam berbagai tipe media meminta settingan permission pada AndroidManifest. Misal: <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_AUDIO”/> <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_VIDEO”/>

Game pada Android Tersedia library Game engine yang mempermudah pembuatan game pada android yang disebut AndEngine AndEngine berfokus pada pembuatan game 2D

Fitur AndEngine Opsi grafis  resolusi, landscape, portrait Sprite, animasi, dll Collision detection/tubrukan Texture dan font Event Touch dan accelerometer Particle dll

Download AndEngine di : http://wiki.andengine.org/AndEngine.jars

plugIn tambahan AugmentedRealityExtension LiveWallpaperExtension Multiplayer Extention Dll

Project:andenginetest; andengineline, Contoh  line, rectangle, font

Text/font Text adalah elemen yang dapat menampilkan tulisan dengan font pada posisi tertentu. Ticker text Changeable text

Project: andfont; andstroke; andfontcustom

texture Digunakan untuk membuat objek dalam game project: andtexture

Final Sprite spriteNormal = new Sprite (50,20,textureRegion) Sprite adalah grafis dalam game yang memiliki kemampuan bergerak, animasi, tubrukan dll Sprite biasanya terdiri dari satu texture region sebagai sumber grafis yang akan ditampilkan. Contoh: Final Sprite spriteNormal = new Sprite (50,20,textureRegion)

Project: andsprite ;andspriteanimasi,

background Background salah satu aspek yang membuat game menjadi menarik. Entitiy background  color Background, Repeating sprite Background, Parallax Background Contoh : Color Background (255,0,0)  merah Project: backgroundRumput

Background colorBackground  Latarbelakang yang menampilkan image biasa. Biasa digunakan pada game sederhana repeatingBackground  background yang menampilkan beberapa image. Biasa digunakan dalam game RPG, platform (mario bross dll) parallaxBackground  background yang terdiri dari sub background, agar latar belakang tampak hidup

Parallax background Sub background yang berada di dalam layer paling jauh akan bergerak mengikuti player paling sedikit. Background yang bergerak se layer akan bergerak sama jauhnya dengan player

Project: andbackgroundparalax; andbackgroungrepeat

Deteksi input Touch screen Touch drag Accelerometer Analog control Digital control

Touch screen Project: andtouch; andtouchdrag

Audio Aspek multimedia tidak dapat dihilangkan dari game . Dibagi dua Music  biasanya terus menerus seperti musik latar Sound  biasanya hanya sesaat seperti suara pintu, benda jatuh dll

Project: andaudio

Pengembangan game Tahapan pengembangan game Konsep  dana, analisa pasar, jumlah orang, segmentasi dll Perancangan game  desain cerita, level, pengguna, audio, kerumitan dll Pengembangan game  dikerjakan sesuai bidang keahlian Pengujian Deployment

Contoh Game sederhana menembak musuh Objek : player, proyektil, target Player = pemain, yang menembak objek dengan proyektil Player tidak pernah kalah Target yang tertembak akan hilang

Project: andgame Berisi game sederhana

referensi

Referensi (lanj) https://github.com/MasDennis/RajawaliExamples http://www.andengine.org/blog/ http://www.matim-dev.com/introduction-to-the-andengine.html

Tugas kelompok (kelas malam) Buatlah kelompok maksimal 4 orang Carilah jurnal atau paper tentang topik - context awareness application - mobile computing - next generation mobile technology 3. Tugas dipresentaskan tanggal 20 Juni 2013

Reminder (kelas Pagi) Tugas kelompok Buatlah kelompok maksimal 4 orang Carilah jurnal atau paper tentang topik - context awareness application - mobile computing - next generation mobile technology 3. Tugas dipresentaskan tanggal 14 Juni 2013

Tugas kelompok Buatlah aplikasi android untuk dipresentasikan di depan kelas pada tanggal 20 juni (kelas pagi), 28 Juni (kelas malam) Tema (opsi) Player Game Pendidikan Religi dll