Pemrograman Perangkat Mobile

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
Menggunakan Event dan Property
Penggunaan Struktur Kontrol IF
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
  Setelah anda selesai membuat Aplikasi,anda pilih add, new project lalu anda pilih “Other Project Types”.  Pilih “Setup and Deployment”,lalu klik.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Struktur Project Android
Pemrograman Bergerak Penyiapan Lingkungan Pengembangan.
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
Instroduksi Pemrograman Android
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Instalasi Xampp dan Wordpress
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pengelolaan Database Lanjutan
Pemrograman Perangkat Mobile
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Mendapatkan Input dari Keyboard
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
Slide 4 – Mobile Technology
Command line argument.
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Struktur Class Java Android
Materi Agung Brastama Putra.
Pemrograman Mobile Android # 4
Menggunakan Event dan Property
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
MEMBUAT TABEL DI MICROSOFT ACCESS
Mekanisme penyimpan data pada Android
Instalasi JME & Uji Coba
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Content Provider pada Android
An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom
Pemrograman Perangkat Mobile
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
ALGORITMA DAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Mendapatkan Input dari Keyboard
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Perangkat Mobile Haris Triono Sigit, M.Kom Hp : 0818487117 Email : haris.t.sigit@gmail.com

PEMBAHASAN Membuat project aplikasi android baru pada IDE Eclipse Membuka emulator Coding pada Java & xml Running aplikasi pada emulator

Membuat Project Baru Langkah-langkahnya : Buka Program Eclipse Pilih File-New-Android Project

Membuat Project Baru cont… Langkah-langkahnya : Pada jendela yang tampil, isi seperti di bawah ini : Setelah selesai mengisi seperti di atas, lalu klik Finish. Project Name : MyAndroid1 Build Target Android 2.3 Application name myandroid1 Package name com.praktek.myandroid1 Activity Myandroid1 Min SDK 9

Membuka Emulator Penting bagi kita untuk membuka emulator & tetap menghidupkannya selagi kita masih ingin mencoba-coba me-Running aplikasi karena dibutuhkan waktu yang lama untuk membuka emulator sampai pada kondisi Ready.

Membuka Emulator cont… Selanjutnya pilih seperti di bawah ini : Pilih Android2.3, lalu klik tombol Start

Membuka Emulator cont… Setelah muncul tampilan di bawah ini, maka klik tombol Launch untuk menampilkan emulator.

Membuka Emulator cont… Tampilan emulator seperti terlihat di bawah ini :

CODING JAVA & XML Pada gambar di samping ini terlihat susunan file project pertama kita. Cara membuka editor untuk mengetik syntax program adalah : Double click pada : myandroid1.java untuk membuka coding Java Double click pada : main.xml untuk membuka coding xml. Coding pada xml ini digunakan untuk pengaturan User Interface.

Pada jendela myandroid1.java, ketik kode program di bawah ini : package com.praktek.myandroid1; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; public class myandroid1 extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); }

Pada jendela main.xml, ketik kode program di bawah ini : <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" android:background="#ff00ff00" > <TextView android:layout_height="wrap_content" android:color="#ffffff00" android:background="#ff0000ff" android:text="Ini aplikasi pertama androidku" /> <Button android:text="Tombolku" </LinearLayout>

Running Aplikasi Langkah-langkah running aplikasi: Klik kanan pada nama project (MyAndroid1) Pilih : Run As – Android Aplication

Project 2 Buatlah project baru dengan ketentuan sebagai berikut : Project Name : MyAndroid2 Build Target Android 2.3 Application name myandroid2 Package name com.praktek.myandroid2 Activity Myandroid2 Min SDK 9

Project 2 Ketikkan kode berikut pada : main.xml main.xml – project MyAndroid2 Ketikkan kode berikut pada : myandroid2.java myandroid2.java – project MyAndroid2

Tugas Buatlah aplikasi android dengan tampilan seperti di bawah ini : Ketentuan Proses : Pada saat program dijalankan, TextView1 menjadi tulisan : “Ketik Nama Anda : “ Selanjutnya User menginput nama pada EditText. Setelah selesai menginputkan nama, user dapat mengklik salah satu tombol. Apabila tombol OK diklik oleh user, maka pada TextView2 akan menampilkan output : “Nama anda adalah : (sama dengan yang diketik pada EditText). Apabila tombol Hapus diklik, maka EditText & TextView2 menjadi kosong. TextView1 EditText TextView2 OK Hapus