PENGENALAN DESAIN EKSPERIMEN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Advertisements

DESAIN EKSPERIMEN MURNI DAN QUASI
Disusun oleh : Alex Harchy Saputra (080210)
DESAIN EKSPERIMEN Prof. Dr. H. Djaali.
EKSPERIMENTASI.
RANCANGAN PERCOBAAN (EXPERIMENTAL DESIGN) Ke-1
Nama : Muhammad Mirza NPM : Kelas : B
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Experimen Dalam Agroforestry.
METODE TAGUCHI UNTUK OPTIMASI INTI TRAFO PADA PROSES ANIL
PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Taguchi Experiment Design for Investigation of Freshened Properties of Self-Compacting Concrete Yoyok Setyo Hadiwidodo and Sabarudin Bin Mohd Oleh : ELIN.
VARIAN DAN KONTROL PADA PENELITIAN EKSPERIMEN
PERANCANGAN PERCOBAAN DAN APLIKASI METODE TAGUCHI DALAM ANALISIS ARUS KAPASITAS POMPA GEAR MINYAK Eha Julaeha
RANCANGAN DASAR EKSPERIMEN
Tugas Pengendalian Mutu
Rancangan Penelitian Rancangan Eksperimen.
PRINSIP-PRINSIP PERANCANGAN PERCOBAAN
1 Peran Statistika Dalam Engineering Dr. Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc.
Rancangan Percobaan Diah Indriani
Nuryanti Laboratorium Farmasetika FKIK Unsoed
Desain 2k-p Fractional Factorial
DESAIN TIGA FAKTORIAL.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
DESAIN EKSPERIMEN Prof. Dr. H. Djaali.
Two-Stage Nested Design
Perancangan Percobaan
RANCANGAN PENELITIAN EKSPERIMEN.
METODE EKSPERIMEN LANJUTAN DALAM RANCANGAN PENELITIAN PENDIDIKAN
Pendekatan gabungan analisis eigenvalue kompleks dan desain eksperimen (DOE) untuk mempelajari disc brake penggilingan M. Nouby1*, D. Mathivanan2*, K.
Bio Statistika Jurusan Biologi 2014
Penelitian Eksperimen (Experimental Research)
Metode Penelitian.
PENGENALAN RANCANGAN PERCOBAAN (EXPERIMENTAL Design)
PERANCANGAN PERCOBAAN
PENGENALAN RANCANGAN PERCOBAAN (EXPERIMENTAL Design)
PSIKOLOGI EKSPERIMEN T. Dicky Hastjarjo FAKULTAS PSIKOLOGI
Between subjects factorial designs
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
PENELITIAN EKSPERIMEN
CARA PENGUMPULAN DATA SENSUS DATA POPULASI ANALISIS NILAI PARAMETRIK
PENGANTAR RANCANGAN EKSPERIMEN
Oleh : RIKZAN BACHRUL ‘ULUM (071263)
Penelitian eksperimen
SRI PANUTI Reguler A PENINGKATAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR Tham Sook Chan, Sha'ri M. Yusof * Fakultas.
Perancangan Percobaan (Rancob)
Desain 2k-p Fractional Factorial
Psikologi Eksperimen: Desain riset eksperimen (03-05)
Rancangan Faktorial Factorial Design
Metodologi penelitian
PENGENALAN RANCANGAN PERCOBAAN (EXPERIMENTAL Design)
The Analysis of Variance (ANOVA) : Analisis dengan Satu Faktor
Bismillahirahmanirahim
Prof. Dr. Ir. Loekito Adi S., M.Agr
TUGAS RESUME JURNAL PRA UTS
METODE PENELITIAN.
M. I. Hussain, Z. M. Zain & M. S. Salleh
Psikologi Eksperimen Pertemuan ke II By: Uul.
Desain Percobaan Untuk Percobaan Lapangan
PENELITIAN EKSPERIMEN
Rancangan Acak Lengkap
 JADI, bila terjadi interaksi antar-faktor, maka:
RANCANGAN PERCOBAAN : FAKTORIAL DESIGN
The Analysis of Variance (ANOVA) : Analisis dengan Satu Faktor
DESAIN TIGA FAKTORIAL.
Solomon Desain Empat Grup Sharmaine Joy M. Fajardo.
Requirement: Windows 7/8/10 Excel 2007/2010/2013/2016
Rancangan Percobaan Diah Indriani
VARIANS DAN CONTROL DALAM
BIAYA KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS
Transcript presentasi:

PENGENALAN DESAIN EKSPERIMEN OLEH : DR. LILY AMELIA

PENGERTIAN EKSPERIMEN Suatu atau serangkaian pengujian terhadap suatu proses atau produk atau sistem tertentu. Desain eksperimen diperlukan dalam : - pengembangan produk baru - pengembangan/peningkatan proses

SASARAN Untuk mengidentifikasi pengaruh perubahan pada variabel-variabel input dalam suatu proses atau sistem terhadap output yang dihasilkan Untuk mengembangkan proses yang robust yaitu proses yang sangat minimum dipengaruhi oleh variabilitas dari sumber-sumber eksternal.

PROSES/SISTEM FAKTOR YANG DAPAT DIKONTROL X1 X2 X3 Xn PROSES INPUT OUPUT (Y) Z1 Z2 Z3 ZM FAKTOR YANG TIDAK DAPAT DIKONTROL

TUJUAN DARI EKSPERIMEN Untuk menentukan variabel-variabel mana yang paling besar pengaruhnya terhadap output Y Untuk menentukan Xi sehingga Y hampir selalu berada pada nilai mendekati yang diinginkan. Untuk menentukan Xi sehingga variabilitas Y kecil Untuk menentukan Xi sehingga efek dari variabel yang tidak dapat dikontrol (Zi) dapat diminimumkan . Untuk menentukan berapa besar pengaruh setiap faktor Xi terhadap output Y.

CONTOH Faktor-faktor yang mempengaruhi skor permainan golf : Jenis stick (ukuran besar atau regular) Jenis bola (balata atau 3piece) Jenis sepatu (metal atau soft) Minum (air mineral atau isotonik) Waktu Bermain (pagi hari atau sore hari) Cuaca (panas atau sejuk) Angin (berangin atau tenang)

Cont Ada 7 faktor yang mempengaruhi skor permainan golf. Dari ketujuh faktor tersebut, berdasarkan pengalaman faktor 5-7 tidak memberikan pengaruh yang signifikan (dapat diabaikan) Faktor 1-4 dapat dilakukan uji eksperimen untuk melihat pengaruhnya terhadap skor permainan golf.

STRATEGI EKSPERIMEN Pendekatan Best Guest Pendekatan 1 Faktor Pendekatan Faktorial (2 Faktorial, 3 Faktorial, Block Factorial, Faktorial Campuran, Fractional Factorial, dll.)

Pendekatan Best Guest Dilakukan dengan memilih kombinasi dari faktor-faktor secara acak dan melihat pengaruh/hasilnya. Misal : kombinasi stik besar, bola balata, sepatu metal dan minum air mineral dipilih  skor : 88. Kemudian, si penguji melakukan uji kombinasi yang lain secara acak. Praktis, dapat dilakukan bila ada pengalaman, tetapi tidak menjamin kombinasi yang dihasilkan adalah yang paling optimal.

Pendekatan 1 Faktor Menguji pengaruh hanya 1 faktor terhadap output pada satu waktu dengan memvariasikan nilai-nilai dari faktor tersebut, sedangkan faktor-faktor lain nilainya konstan. I M B R BL 3P Skor S M Jenis stik Jenis bola Sepatu Minuman

Kesimpulan dari gambar : pilih kombinasi stik besar, sepatu metal dan minuman isotonik , sedangkan jenis bola tidak berpengaruh, Kelemahan metode ini : - tidak mempertimbangkan seluruh kemungkinan kombinasi dari setiap faktor - tidak dapat menggambarkan interaksi yang terjadi antara seluruh faktor.  Kurang efisien

Pendekatan Faktorial Pendekatan yang paling baik apabila ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam eksperimen. Pada pendekatan ini, semua faktor akan divariasikan secara bersama-sama dalam satu waktu percobaan.

Pendekatan 2 Faktorial Misal pada kasus bola golf, hanya 2 faktor yaitu jenis stik dan jenis bola yang dianggap paling mempengaruhi. Faktor : Jenis stik, jenis bola Level : 2 level untuk masing2 faktor - jenis stik : Besar dan Regular - jenis bola : Balata dan 3Piece

Cont 22 Faktorial (2 Faktor, 2 level)  ada 4 kombinasi percobaan. Kombinasi 1 : Stik besar, bola balata Kombinasi 2 : Stik besar, bola 3Piece Kombinasi 3 : Stik regular, bola balata Kombinasi 4 : Stik regular, bola 3Piece 2n Faktorial ( n Faktor, 2 level) Replikasi : pengulangan percobaan untuk masing-masing kombinasi (misal 2 kali replikasi untuk setiap kombinasi).

Fractional Factorial Suatu desain faktorial dimana hanya dilakukan sebagian dari semua kombinasi percobaan. Biasanya digunakan untuk eksperimen yang besar yang melibatkan ≥ 4 faktor.

Block Factorial Tujuannya adalah memblok faktor-faktor yang memiliki pengaruh kepada output percobaan tetapi tidak menjadi faktor yang akan diujikan dalam eksperimen.

PRINSIP DASAR DESAIN EKSPERIMEN Randomisasi : penggunaan prinsip statistik, urutan percobaan random Replikasi : perulangan pada setiap percobaan untuk menjamin ketelitian Blocking : suatu teknik untuk meningkatkan ketelitian dari percobaan dengan mengurangi atau menghilangkan varabilitas dari faktor2 lain yang memberikan pengaruh tetapi tidak menjadi interest/tidak diujikan.

Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Pemilihan faktor, level dan rentang (range) Pemilihan dari variabel respon (output) Pemilihan metode desain eksperimen Cara melakukan percobaan (berapa kali replikasi dll.) Analisa statistik dari data

Terima Kasih