DIALOG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

RAGAM DIALOG ADISTI DEWI N (0610U0 ) AJENG (0611U019)
Gaya Interaksi.
RAGAM DIALOG.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Pemodelan & Kualifikasi
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Ragam Dialog Interaksi
Merancang User Interface
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
DIALOG IMK-M6.
Ir. Essy Malays Sari Sakti M.MSI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Bina Sarana Informatika
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia dengan Komputer
Aspek Ergonomi dalam IMK
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
komponen antarmuka pengguna
Ragam Dialog 1.
SISTEM MENU DATAR DAN MENU TARIK
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interface Metaphors dan Model Konseptual
KONSEP INTERFACE
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi manusia komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Ragam Dialog.
Ikan Sepat Ikan Gabus.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Ragam Dialog.
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Ragam Interaksi.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Ragam Dialog|pertemuan VI
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Ragam Dialog.
Transcript presentasi:

DIALOG

Dialog Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer. Dialog itu sendiri merupakan “interface” yang digunakan oleh komputer agar manusia bisa memberikan sejumlah parameter yang akan diolah oleh komputer.

Dialog Beberapa sifat penting yang perlu dimiliki oleh setiap ragam dialog adalah: Inisiatif Keluwesan Kompleksitas Kekuatan Beban Informasi Konsistensi Umpan Balik Observabilitas Kontrolabilitas Efisiensi

Dialog Kategori Dialog : Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line Dialogue) Perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language). Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman (Programming language dialogue) Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumalah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file.

Dialog Kategori Dialog : Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (Natural Language Interface) Dalam film fiksi ilmiah kita seringkali melihat komunikasi antara manusia dengan komputer lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami (natural language). Sistem Menu Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.

Sistem Menu Ditinjau dari teknik penampilan pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu, dikenal dua jenis sistem menu: Sistem menu datar

Sistem Menu Sistem Menu Tarik (Pulldown) yang Berbasis pada Struktur Hirarki Pilihan (Struktur Pohon Pilihan)

Sistem Menu Dialog Berbasis Pengisian Borang (form filling dialogue)

Sistem Menu Antarmuka Berbasis Icon

Sistem Menu Sistem Penjendelaan (Windowing system) Manipulasi Langsung (Direct Manipulation) Kontrol Proses Editor Teks Simulator Kontrol Lalu Lintas Penerbangan Perancangan Bentuk/Model (Computer Aided Design) Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis.