Exception Handling
Apa itu Exception Handling ? Adalah penanganan kesalahan/error saat runtime Ada pada C++ maupun Java Menjadikan program lebih profesional karena jika ada runtime error tidak menghentikan program secara mendadak Terdapat fasilitas throw dan try-catch-finally
Throw Arti secara kata adalah “melempar” Jika terjadi error maka kendali program dilemapkan/diarahkan kepada klas yang didekrarasikan sbagai penangkap error Error yang dilempar ditangkap oleh kelas buatan sendiri yang inherit pada kelas induk bawaan Builder yaitu: Exception Error ditangkap melalui konstruktor kelas Exception yang aktif saat konstruktor kelas buatan sendiri aktif. Error direspon dengan sebuah pesan terjadinya error.
Contoh penggunaan Throw Buatlah form di C++ Bulder sbb: Codingnya seperti berikut ini:
Constructor penangkap error Coding Throw class TForm1 : public TForm{ __published: // IDE-managed Components TLabel *Label1; TLabel *Label2; TEdit *Edit1; TEdit *Edit2; TButton *Button1; void __fastcall FormCreate(TObject *Sender); void __fastcall Button1Click(TObject *Sender); private: // User declarations void __fastcall JikaError(TObject *Sender,Exception *E); public: // User declarations __fastcall TForm1(TComponent* Owner); }; class mythrow:public Exception{ public: mythrow(); const float phi = 3.14; mythrow::mythrow():Exception("jari-jari error") { } void __fastcall TForm1::Button1Click(TObject *Sender) double r = StrToFloat(Edit1->Text ); if (r<1) { throw mythrow(); else { double L = phi * r * r; Edit2->Text = AnsiString(L); Constructor penangkap error Klas penangkap errort
Eksekusi Program Throw Lakukan eksekusi program diatas Amati hasilnya dan silahkan dianalisa Buatlah ringkasan tentang Throw sebagai tugas kelompok