Kuliah Jaringan Komputer
1.3. Perangkat Lunak Jaringan Merupakan pertimbangan utama pada perancangan jaringan Sangat terstruktur 1.3.1 Hirarki protocol Diorganisasi dalam layer atau level Layar ke n berkomunikasi dengan layer ke n dari mesin lain perlu protocol Protocol aturan yang disetujui semua pihak untuk berkomunikasi Di layer ke n Entity pada layer yang sama tetapi beda mesin peer Lapisan atas : N + 1 disebut user Lapisan bawah : N disebut provider
Media Fisik Hirarki protocol Host 1 Host 2 Protocol Layer 5 Layer 5 Antar muka layer 4/5 Protocol Layer 4 Layer 4 Layer 4 Antar muka layer 3/4 Protocol Layer 3 Layer 3 Layer 3 Antar muka layer 2/3 Protocol Layer 2 Layer 2 Layer 2 Antar muka layer 1/2 Protocol Layer 1 Layer 1 Layer 1 Media Fisik
1.3.2. Masalah rancangan Layer Service-Pelayanan Satu set primitive (operasi) yang mana suatu layer tertentu melayani layer di atasnya Arsitektur Jaringan Himpunan layer dan protocol 1.3.2. Masalah rancangan Layer Memerlukan mekanisme pengidentifikasi, pengirim dan penerima Pengalamatan Pengaturan transfer data Simple Communication Half Duplex Full duplex Pengendalian error
1.3.3. Antarmuka & Layanan Pengurutan Paket Perbedaan kecepatan pengirim dan penerima Penjaluran 1.3.3. Antarmuka & Layanan IDU Hubungan antara layer-layer pada suatuinterface Layer N + 1 ICI SDU SAP Antar muka ICI SDU Layer N ICI = INTERFACE CONTROL INFIRMATION SAP = SERVICE ACCESS POINT IDU = INTERFACE DATA UNIT SDU = SERVICE DATA UNIT PDU = PROTOCOL DATA UNIT
Bertukar N-PDUs pada prototcol layer N Entity-entity layer N SDU Bertukar N-PDUs pada prototcol layer N N-PDU Header
SAP (Service Access Point SAP layer n tempat dimana layer n + 1 dapat mengakses layanan yang diberikannya. Setiap SAP mempunyai alamat unik untuk identifikasi Mis : SAP soket tempat telepon modular dihubungkan pada sistem telepon IDU (Interface Data Unit) Perlu ada persetujuan interface yang dipakai Terdiri dari - SDU(Service Data Unit) - Beberapa informasi kontrol
SDU Informasi yang dikirimkan pada jaringan ke peer entity hingga sampai di layer n + 1 Pengiriman SDU dilakukan dengan menjadikan beberapa bagian Setiap bagian disebut dengan PDU (Protocol Data Unit) dan dikirimkan dengan diberi header Header PDU berfungsi untuk menandakan bahwa PDU yang dikirimkan berupa : data informasi jumlah nomor urut dll Seperti paket
Komunikasi yang sebenarnya : Peer proses Komunikasi dengan menggunakan protokol antara layer n dari satu mesin le layer n pada mesin yang lain Komunikasi yang sebenarnya : Terjadi pada Media Fisik
1.3.4. Layanan Connection Oriented & Connectionless Oriented Layanan yang dimiliki oleh layer Connection Oriented Services Connectionless Service Connection Oriented Services : Melakukan ketersambungan lebih dahulu Menggunakan koneksi (ketersambungan tsb) Menghentikan koneksi Hubungan telepon Contoh :
Connectionless Services : Mengutamakan pengalamatan Memungkinkan penggunaan jalur yang berbeda Urutan pesan tidak dijamin selalu urut Tidak membutuhhkan ketersambungan lebih dulu Sistem pengiriman pos Unjuk kerja layanan dapat ditentukan oleh : Kualitas layanannya Reliabel tidak ada data yang hilang (Dengan menggunakan acknowledgement) Dengan acknowledgement overhead delay Delay kecil Contoh :
Connection oriented cocok untuk file transfer Connection Oriented yang realibel : Urutan pesan berupa beberapa pesan Aliran byte utuh, tidak ada batasan pesan Delay Kurang berpengaruh pada voice Sangat berpengaruh pada data video data Connectionless Service Tidak selalu membutuhkan ack. Probabilitas sampai ke tujuan tidak 100 % Disebut juga layanan : unrealible connection atau datagram
Layanan yang lain request & reply digunakan pada model client-server Bila diresumekan : Layanan Contoh Reliable message stream Sequence of pages Berorientasi koneksi Reliable byte stream Remote Login Unrealible connection Digitized Voice Unrealible datagram Electronic Junc Mail Tanpa Koneksi Acknowledge datagram Registered Mail Request - reply Database Query
1.3.5. Service Primitive (Operasi) Suatu layanan terdiri dari beberapa kelas primitive Request suatu entity meminta layanan mengerjakan sesuatu Indication suatu entity yang mengindikasikan request Response suatu entity yang memberi tanggapan confirm persetujuan terhadap permintaan sebelumnya Macam-macam primitive : CONNECT, DATA, DISCONNECT
1.4. MODEL-MODEL REFERENSI 1.4.1. Model Referensi OSI Model OSI memiliki 7 layer. Prinsip yang digunakan bagi layer adalah : Sebuah layer harus dibuat dimana diperlukan tingkat abstraksi yang berbeda Setiap layer harus menjalankan fungsi-fungsi tertentu Fungsi setiap layer harus dipilih dengan teliti sesuai dengan ketentuan standard protocol international Batas-batas layer dipilih agar meminimalkan aliran informasi yang melewati interface Jumlah layer harus banyak, agar yang berfungsi berbeda tidak perlu disatukan dalam satu layer. Tetapi layer sesedikit mungkin agar arsitektu jaringan tidak rumit
Presentation Protocol Presentation Presentation Application Protocol Application Application Presentation Protocol Presentation Presentation Session Protocol Session Session Transport Protocol Transport Transport Communication subnet boundary Network Network Network Network Internal subnet protocol Data link Data link Data link Data Link Physical Physical Physical Physical Network layer host-router protocol Data linklayer host-router protocol Physical layer host-router protocol
Physical Layer Pengiriman data secara fisik Transmisi dalam bentuk bit Berapa volt untuk menyatakan : bit 1 bit 0 1 bit berapa sec (pulse width) Bagaimana konektor jaringan ? Pin mana yang dipakai?
Data Link Layer Framing Acknowledgement Error Detection & error correction bagaimana kalau ada transmission error Datanya sudah sampai belum
Network Layer Transport Layer Paket dikirim lewat jalur mana? Routing dari source destination Kecepatannya berapa? Congestion Control Transport Layer Data sudah diolah 3 layer atas ( 5, 6 dan 7) data semakin membengkak Perlu dipecah ? Perlu dikirimkan secara similtan? Multiplex? Error Free point to point ~ end to end
Session Layer Presentation Layer Formatted Text? Kemana arahnya? Bisa satu arah ~ 2 arah? Sinkronisasi Presentation Layer Perlu konversi EBCDIC ke ASCII? Pengirim Penerima Text Compression Misalnya
Application Layer Dipakai manusia Penanganan File Transfer Electronic Mail Remote Job Entry
Sending proses Receiving proses Application Layer Application Layer Data Application Layer Application Layer Applicatiopn protocol AH Data Presentation Layer Presentation Layer Presentation protocol PH Data Session Layer Session Layer Session protocol SH Data Transport Layer Transport Layer Transport protocol TH Data Network Layer Network Layer Network NH Data protocol Data link Layer Data link Layer DH Data DT Physical Layer Physical Layer bit Actual data transmission path