Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Evaluasi.
Advertisements

ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Mohamad Sidiq Magister Komputer Universitas Dian Nuswantoro 2a2a SYSTEM ANALYSIS P E R T E M U A N.
Interaksi Manusia dan Komputer
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Interaksi Manusia dan komputer
Protyping IMK-M5.
Interaksi Manusia dan Komputer
Evaluasi IMK.
Testing dan Implementasi Sistem
MANAJEMEN KONFIGURASI SOFTWARE
DESAIN IMK-M5.
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
PROTOTYPING.
Siklus Hidup Sistem Basis Data
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Analisa Desain Sistem Informasi
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
Interaksi Manusia & Komputer Desain
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
TEKNIK EVALUASI.
Teknik Evaluasi.
TEKNIK EVALUASI.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
PROSES PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Evaluasi IMK.
Teknik evaluasi.
Evaluasi IMK.
Chalifa Chazar edu.script.id
PENGALAMAN PENGGUNA A. Ridwan Siregar.
Interaksi Manusia dan Komputer
Evaluasi
MINGGU 13 Teknik Evaluasi Suzan Agustri.
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Panduan Merancang Interface
Pertemuan 11 Model Kognitif.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-14)
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-14)
Pengenalan Evaluasi dan Evaluasi Framework
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Teknik Evaluasi.
Evaluasi IMK.
PROSES PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Tujuan instruksional umum:
Evaluasi IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
REKAYASA WEB Development Process
SIKLUS HIDUP DAN MANFAAT SISTEM INFORMASI
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Analisa Desain Sistem Informasi
EVALUATING YOUR SISTEM.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Evaluasi IMK.
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Aplikasi dan Rekayasa E-Bisnis
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Teknik evaluasi dan groupware / cscw
Evaluasi IMK.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM D3 MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO

Pendahuluan Mengapa? Memastikan kecocokan dengan permintaan pengguna/tujuan pengguna Untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yg telah dibuat sesuai dengan user

Tujuan Evaluasi Melihat seberapa jauh sistem berfungsi Desain system memungkinkan user melakukan tugas dgn lebih mudah Melihat efek interface bagi pengguna Kemudahan utk mempelajari sistem, usability dan perilaku user. Mengidentifikasi problem khusus yg terjadi pada sistem Ketika menggunakan konteks yg diinginkan tapi hasilnya tdk sesuai Terjadi kekacauan diantara user

Apa yang dievaluasi? Web browser: berapa cepat pengguna temukan item pada produk Ponsel seri terbaru: warna yang paling disukai, rangkain fitur yang disukai Online Catalog: kecepatan menampilkan hasil, variasi fitur pencarian

Di mana evaluasinya? Kapan evaluasi? Di laboratorium Di tempat alami pengguna produk Kapan evaluasi? Produk baru Perbaikan produk

EVALUASI Evaluasi yang dilakukan untuk menguji kesuksesan suatu produk yang sudah selesai yaitu mencapai standar yang ditentukan sebelumnya (ISO) → Summative evaluation Evaluasi yang dilakukan selama desain untuk memastikan produk sesuai dengan yang diinginkan pengguna → Formative evaluation

Pendekatan Evaluasi Usability testing Field study Analytical evaluation

Metode Observasi pengguna Interview pengguna Kuesioner Interview ahli Pengujian oleh pengguna Pemodelan kinerja pengguna

Usability Testing Memastikan konsistensi struktur navigasi, penggunaan istilah, dan bagaimana sistem merespon pengguna Mengukur kinerja pengguna untuk selesaikan tugas tertentu Metode: Mengamati pengguna menggunakan sistem dan merekam kesalahan, waktu Interview/kuesioner untuk mendapatkan pendapat pengguna

Usability Testing Dilakukan di laboratorium Contoh aplikasi : wordprocessor, spreadsheet, database.

Field Studies Memahami apa yang orang lakukan dan bagaimana produk terlibat/berperan dalam kegiatan mereka Identifikasi kesempatan adanya teknologi baru Membangun kebutuhan desain Fasilitasi pengenalan teknologi baru atau meluncurkan teknologi dalam konteks yang beda Evaluasi teknologi

Field Studies Metode Interview observasi

Analytical Evaluation Evaluasi tanpa melibatkan end-user Metode: Inspeksi → heuristic evaluation Menggunakan standar untuk identifikasi masalah usability Walkthrough Melibatkan ahli untuk menjalankan skenario pada prototype aplikasi Gunakan simulasi penyelesaian masalah oleh pengguna Fokus pada evaluasi desain kemudahan sistem untuk dipelajari

Analytical Evaluation Paradigma evaluasi Usability Testing Field Studies Analytical Evaluation Peran pengguna Jalankan serangkaian tugas Berlaku alami Tidak terlibat pengontrol Evaluator mengontrol Evaluator dan pengguna Evaluator ahli lokasi laboratorium Situasi alami Laboratorium dengan situasi pengguna digunakan Dengan prototype atau produk Desain awal untuk cek kebutuhan Prototype atau model Tipe data Kuantitatif, statistik, hasil kuesioner Kuantitatif, sketsa, skenario, dll Studi kasus dari ahli Umpan balik untuk desain Laporan pengujian deskripsi/penjabaran Daftar masalah dari ahli filosofi Pendekatan aplikatif dengan eksperimen Observasi yang objektif

Kombinasi Pendekatan Field study untuk evaluasi ide desain awal dan dapatkan umpan balik Membuat perubahan pada desain Usability test untuk cek fitur desain khusus Field study untuk melihat apa yang terjadi pada lingkungan alaminya Membuat perubahan akhir

Design VS Implementasi Evaluasi pada tingkatan perancangan hanya membutuhkan ahlinya dan akan dianalisa sedangkan evaluasi pada tingkat implementasi membawa user sebagai subyek dari eksperimen.

Laboratory VS. Field studies pada laboratorium merupakan awal tingkatan sedangkan field studies ditempatkan pada tingkatan implementasi.

TUGAS KELOMPOK Tiap kelompok (maks 2 orang) memilih satu aplikasi Temukan hal-hal yang perlu dievaluasi dari aplikasi berikut : Antivirus Zip tools Instant Messenger Search Engine Email application