PENGEMBANGAN APLIKASI SPELLING CHECKER BHS. INDONESIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
Advertisements

PERTEMUAN VI Penggunaan Array.
LAPORAN SKRIPSI Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Camat Karanganyar Kabupaten Demak LAILA ERMAWATI
SKRIPSI.
Flow Control & Exception Handling
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
Rancang Bangun APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA dIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI RUMUS DAN Nulykanti Giatrias Hutami, for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI ZAKAT PADA PERANGKAT Muhammad Abdulah
APLIKASI PENGENALAN HURUF,ANGKA,DAN GAMBAR MELALUI HANDPHONE Pajar Ahmad Kurniawan for further detail, please visit
Algoritma dan Struktur Data
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Algoritma dan Pemrograman
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Penulisan Ilmiah, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi BELAJAR ”VOCAB” DENGAN BANTUAN TELEPON SELULAR for further detail, please.
APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI CHATING MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS Pandu Danuarso
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
Dasar-dasar Visual Basic
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
Praktikum Java Script.
Perancangan Sistem Informasi
Pemrograman VB.NET Pertemuan 3.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA SYSCOM DATA
Struktur kontrol.
Dessy Agustini PENDAHULUAN  Aplikasi ini dibuat untuk handphone berbasis Java dengan J2ME. Aplikasi ini memberikan satu alternatif untuk.
Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
IMPLEMENTASI ALGORITME DAMERAU-LEVENSHTEIN UNTUK KOREKSI EJAAN QUERY BAHASA INDONESIA PADA SEARCH ENGINE     Oleh: Utis Sutisna G  
Pencarian pada Array Tim PHKI Modul Dasar Pemrograman
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Kelas : 3IA07 Nama : Agus Soetanto
Nama : Anita NPM : Jurusan : Teknik Informatika
Command line argument.
Tumpukan Dengan Array Ika Menarianti.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Pseudo-code.
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Flow Control & Exception Handling
Aplikasi Teknologi Informasi bagian 2
Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Pada Mobile Menggunakan Java 2 Micro Arif yulianto, for further detail, please visit
PERTEMUAN 8 PHP 1.
PERANCANGAN TRANSAKSI APLIKASI PENJUALAN PONSEL Khendrik
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENSIUN DI BAGIAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PT GREAT GIANT PINEAPPLE BERBASIS ONLINE RUDI YANTO PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA.
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Sidang Skripsi 8 Februari 2012 Carli Darmansah
KUG1E3/ Pemrograman Terstruktur 1
Penguji 2 : Nelly Indriani W,S.Si. M.T.
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
PERANGKAT LUNAK SIMULASI ALGORITMA BANKER
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
Pemrograman Berorientasi Objek
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
Nugraha Iman Santosa ( )
Pembangunan E-Learning di SMAN 1 RANCAEKEK
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
Pemrograman Berorientasi Objek
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
MEMBANGUN KELAS VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN PHP, JAVA Ilham Riyadi.
APLIKASI PEMBELAJARAN Nurhapipah
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN APLIKASI SPELLING CHECKER BHS. INDONESIA Latar Belakang Ruang Lingkup Tujuan Penulisan Metode Penelitian Konsep Program Use Case Diagram Aplikasi Notepad Java Class Diagram Spelling Checker bahasa Indonesia Algoritma untuk Spelling Checker Algoritma untuk Suggestion Tampilan Spelling Checker Bahasa Indonesia Form Tambah Kata Tampilan Help Tampilan About Me & Netbeans Grafik Hasil Kuesioner Kesimpulan & Saran

LATAR BELAKANG Pada word processor diimplementasikan berdasarkan bahasa Inggris. Masih banyak mengalami kesalahan ejaan dan tidak sesuai EYD. Contoh Microsoft Word menggunakan bahasa Inggris sebagai default-nya, bahasa lain seperti bahasa Indonesia tidak terdeteksi kesalahannya. Bila user melakukan kesalahan penulisan pada Microsoft Word yang berbasis bahasa Inggris, maka akan muncul garis merah, karena kata-kata tersebut tidak sesuai dengan ejaan bahasa Inggris. Back

Ruang lingkup Membahas perancangan aplikasi pemeriksaan ejaan yang ada di Notepad versi Java. Pertama memberi tanda pada kata-kata yang salah dan memperbaiki kata tersebut dengan menggunakan Netbeans IDE 6.8. Pembukaan file hanya dapat membuka file berextention .txt .rtf dan .dic Back

TUJUAN PENULISAN Mengembangkan Notepad Versi Java sehingga memiliki kemampuan Spelling Checker bahasa Indonesia. Back

METODE PENELITIAN Mengumpulkan referensi-referensi yang menunjang penulisan, baik studi perpus, Internet maupun dari program-program spelling checker yang sudah ada. Didukung dengan experimen dan uji coba. Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap. Pembuatan rancangan sistem aplikasi menggunakan flowchart. Pembuatan rancangan tampilan. Pembuatan nasakah program Pengujian dan evaluasi Back

KONSEP PROGRAM Spelling Checker Untuk melakukan pengecekan terhadap setiap ejaan kata yang dituliskan oleh user. Suggestion Berfungsi memungkinkan user mendapatkan pilihan kata-kata yang ejaanya dianggap mendekati ejaan kata yang salah. Contoh : search engine pada Google Back

Use case diagram aplikasi notepad java Back

Class diagram spelling checker bahasa indonesia Back

Algoritma untuk spelling checker Back

Algoritma untuk suggestion Back

Tampilan spelling checker indonesia

Back

Form tambah kata

Tampilan ketika menekan button tambah kata Back

Tampilan help Back

Tampilan about me & netbeans Back

Grafik hasil kuesioner Back

kesimpulan Kunci awal dari pembuatan program ini terletak pada penggunaan kelas JTextPane yang menggantikan penggunaan kelas JTextArea. Kelas JTextPane ini mendukung pengguna styled-document dalam implementasinya. fitur spelling checker dan fitur suggetion mampu memberikan panduan bagi pengguna dalam aktivitasnya yang berkaitan dengan pembuatan dokumen berbahasa Indonesia. Berdasarkan hasil dari kuesioner yang telah disebarkan bahwa dengan adanya aplikasi spelling checker bahasa Indonesia ini dapat membantu pada setiap penulisan.

saran Kekurangan program ini adalah tidak adanya fitur autocorrect. Grammar checker adalah salah satu fitur yang dapat ditambahkan untuk melengkapi program ini dalam pengembangan selanjutnya Back

Algoritma levenshtein distance function levDis (s1 : string, s2 : string) : integer kamus i, j, cost : integer m : array [0 .. s1.length, 0 .. s2.length] of integer algoritma for i 0 to s1.length do for j 0 to s2.length do if i = 0 then m[i,j] j {perbandingan dengan kosong} else if j = 0 then m[i,j] i {perbandingan dengan kosong} else {implementeasi pemrograman dinamis}

if s1[i] = s2[j] then cost 0 else cost 1 m[i,j] = minimum ( m[i-1, j-1] + cost, {substitusi} m[i-1,j] + 1, {penghapusan} m[i ,j-1] + 1, {penambahan} ) return m[s1.length, s2.length]

HASIL MATRIKS ALGORITMA LEVENSHTEIN DISTANCE Elemen terakhir (yang paling kanan bawah) adalah elemen yang nilainya menyatakan jarak kedua string yang dibandingkan. M A N G E 1 2 3 4 5 6 7 8 9 J