Ekonomi dan Lingkungan Sosiokulturalnya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Solusi ketertinggalannya negara-negara Islam
Advertisements

PENGANTAR Tahukah kalian apa itu kitab Allah ?. Apa saja kitab-kitab Allah itu ? dan kepada siapa kitab-kitab itu diturunkan?. Serta kepada siapa kitab-kitab.
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
PERTEMUAN PERTAMA KONSEP EKONOMI DAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS (MAX WEBER ) a. Struktur Ekonomi dan Masyarakat b. tindakan social c. agama,hukum,
Kepentingan Wahyu Bagi Kehidupan Gereja Wahyu 1:1-3 Oleh :
AGAMA DAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH
II DOKTRIN ISLAM Apa itu Islam? 30 Oktober 2004
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
TUHAN DALAM AGAMA KRISTEN
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
PERSPEKTIF TEORI PSIKOLOGI SOSIAL
Weber tentang sosiologi agama 2009
Bismillaahirrohmaanirrohiim
SEJARAH DAN ILMU-ILMU SOSIAL
PERINTIS & TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI
AGAMA DI INDONESIA.
SUMBER-SUMBER DAN NILAI DALAM PERILAKU ETIKA
SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
ARIF ABDUL AZIZ EA09 UNIVERSITAS GUNADARMA
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ETIKA BISNIS “Perspektif Etika Bisnis dalam Ajaran Islam (Sudut Pandang) dan Barat, dan Etika Profesi” Nurdesri Wahyu Ningtyas 4EA Fakultas.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
ETIKA PROFESI.
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Fungsi agama.
KETIKA SAINS MENDIKTE AYAT
Prinsip-Prinsip Etika
ILMU POLITIK? George Ikbal Joyopawiro
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Pemasaran Syariah Pengertian Pemasaran Syariah
Pendekatan Fenomenologis
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PUTRI NOVIAWATI /4EA09 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
PERTEMUAN KELIMABELAS
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
STUDI ISLAM III BAB V MASALAH ORIENTALISME
ISLAM: AGAMA DAN IDEOLOGI
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
SEJARAH DAN ILMU-ILMU SOSIAL
TASAWWUR ISLAM II WEEK 5 PENYELESAIAN MASALAH MENURUT ISLAM
Disusun oleh: maizafikri Prodi: komunikasi Ket: 9 slide
Prinsip-Prinsip Etika
BAB 3 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA AGAMA LAIN
PERTANYAAN FUNDAMENTAL: Bagaimana saya harus hidup dan bertindak???
TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
TUJUAN PEMBELAJARAN :  DAPAT MENYEBUTKAN AGAMA-AGAMA YANG ADA DI INDONESIA.  DAPAT MENYEBUTKAN NAMA TEMPAT IBADAH MASING-MASING AGAMA TERSEBUT.  DAPAT.
NORMA SOSIAL. PENGERTIAN NORMA SOSIAL Norma merupakan perwujudan atau aplikasi dari nilai- nilai yang dianut oleh suatu masyarakat Contoh : Dalam rumah.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Transcript presentasi:

Ekonomi dan Lingkungan Sosiokulturalnya PERTEMUAN KETUJUH Ekonomi dan Lingkungan Sosiokulturalnya A. Ekonomi dan Agama B. Ekonomi dan Politik

A. Ekonomi dan Agama Buku Max Weber The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism (1904-5) menggambarkan  hubungan erat antara (ajaran-ajaran) agama dan etika kerja, atau antara penerapan ajaran agama dengan pembangunan ekonomi. Weber mulai dengan analisis ajaran agama Kristen Protestan, dan menjelang akhir hayatnya dibahas pula (sosiologi) agama Cina (1915, Taoisme dan Confucianisme), India (1916, Hindu dan Budha), dan Yudaisme (1917).

Yang menarik, meskipun Weber merumuskan kesimpulannya setelah mempelajari secara mendalam ajaran-ajaran agama besar di dunia ini, namun berulang kali dijumpai kontradiksi-kontradiksi. The church did influence people’s attitudes toward the economy but mostly in a negative manner because the economic mentality it furthered was essentially traditionalistic. The church like hierocracy  more generally has casually encouraged a ”non-capitalistic and partly anti-capitalistic” (mentality) 7) Swedberg, Richard, Max Weber and The Idea of Economic Sociology. Prienceton UP, 1998, up at 112

Dalam ekonomi Islam etika agama kuat sekali melandasi hukum-hukumnya Dalam ekonomi Islam etika agama kuat sekali melandasi hukum-hukumnya. Namun juga disini banyak keberhasilan ekonomi malahan didasarkan pada penyimpangan ajaran-ajarannya. Maka terkuaklah ”rahasia” kontradiksi. Kapitalisme berhasil di kalangan umat Kristen karena perintah-perintah agama dikesampingkan, dan sebaliknya umat Islam miskin karena banyak firman Allah ditinggalkan.

Etika dan Perilaku Ekonomi Etika dan Perilaku Ekonomi. Etika sebagai ajaran baik-buruk, benar-salah, atau ajaran tentang moral khususnya dalam perilaku dan tindakan-tindakan ekonomi, bersumber terutama dari ajaran agama. Itulah sebabnya banyak ajaran dan paham dalam ekonomi Barat menunjuk pada kitab Injil (Bible), dan etika ekonomi Yahudi banyak menunjuk pada Taurat. Demikian pula etika ekonomi Islam termuat dalam lebih dari seperlima ayat-ayat yang dimuat dalam Al-Quran. Namun jika etika agama Kristen-Protestan telah melahirkan semangat (spirit) kapitalisme, maka etika agama Islam tidak mengarah pada Kapitalisme maupun Sosialisme.

Jika  Kapitalisme menonjolkan sifat individualisme dari manusia, dan Sosialisme pada kolektivisme, maka Islam menekankan empat sifat sekaligus yaitu: Kesatuan (unity) Keseimbangan (equilibrium) Kebebasan (free will) Tanggungjawab (responsibility) Manusia sebagai wakil (kalifah)Tuhan di dunia tidak mungkin bersifat individualistik karena semua (kekayaan) yang ada di bumi adalah milik Allah semata, dan manusia adalah kepercayaannya di bumi.