Human Computer Interaction (1)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

Pertemuan ke-1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER ( Muhtajuddin Danny )
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
Faktor Manusia pada Perangkat Lunak Interaktif
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Human Computer Interaction
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Human Computer Interaction
2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,S.Kom.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Interaksi Manusia dan KomputerInteraksi Manusia dan Komputer Ita Erliyani S.Kom M.MIta Erliyani S.Kom M.M.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Human Computer Interaction (1) Faktor Manusia Pada Software interaktif

Outline: Pengertian: Disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif Tujuan: Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (User Interface) Titik Berat: Agar Mhs dapat memahami konsep IMK Agar dapat melakukan evaluasi kinerja sistem IMK Akar IMK: Desain grafis Teknik Industri Psikologi Kognitif Antropometri Ergonomi (Human Engineering)

User Interface (Antarmuka Pemakai) 1 Pengertian: Bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer Tujuan: Agar sistem komputer dapat digunakan oleh pemakai Fungsi: ManusiaUser InterfaceSistem komputer

User Interface (Antarmuka Pemakai) 2 Aspek Kemudahan penggunaan user interface: Efektifitas Kemudahan dipelajari Fleksibilitas/luwes Sikap orang terhadap sistem

Tujuan Rekayasa Sistem IMK: Tugas” apa saja yang diperlukan Fungsi sistem yang kurang memadai sehingga mengecewakan pemakaisering ditolak dan tidak digunakan Fungsi sistem yang berlebihan dan membahayak implementasi, pemeliharaan, proses belajar dan penggunaan yang sulit

Komponen (1): Kehandalan berfungsi seperti yang diinginkan dengan tampilan yang akurat Ketersediaan tersedia ketika digunakan dan tidak mengalami masalah Keamanan terlindung dari yang tidak diinginkan dan kerusakan yang disengaja Integritas Data keutuhan data terjamin, tidak mudah rusak dan tidak diubah orang yang tidak berhak

Komponen (2): Standarisasi keseragaman sifat” UI pada aplikasi yang berbeda Integrasi kesatuan dari berbagai paket aplikasi dan software tools Konsistensi keseragaman dalam suatu program aplikasiurutan perintah, istilah, satuan, warna, tipografi dll Portabilitas dimungkinkan UI dipakai di berbagai lingkungan hardware dan software Penjadwalan dan Anggaran Sistem perlu siap tepat pada waktunya Sistem yang mahal sulit diterima Adanya persaingan dengan vendor lain

Motivasi bagi faktor User dalam perancangan (1): Live critical system/sistem yang kritis Biaya tidak masalah, asal kehandalan dan efektifitas sistem terjamin Waktu pelatihan lama tidak msalah, asalkan bebas kesalahan Retensi diperoleh dari seringnya latihan dan penggunaan Industrial and commersial user/ Pemakaian Komersian dan Industri Biaya rendah lebih disukai, mengorbankan kehandalan Proses dan kemudahan belajar penting Retensi dari seringnya penggunaan Kepuasan subjektit diutamakan

Motivasi bagi faktor User dalam perancangan (2): Aplikasi kantor, rumah dan hiburan Kemudahan belajar, tingkat kesalahan rendah dan kepuasan subjektif diutamakan Pembelajaran berlapis Biaya rendah penting karena persaingan Retensi kurang, perlu online help Sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama Motivasi dan ekspektasi pemakai tinggi Perancangan sistem sulit Pengukuran faktor manusia sulit