SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER STMIK BANTEN JAYA 21 – 25 Juli 2011
RENCANA PENGAJARAN IMK & TUJUANNYA PERANCANGAN TAMPILAN KOMPONEN ANTAR MUKA GRAFIS MENU BAHASA PERINTAH
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena- fenomena besar yang berhubungan dengannya.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Titik berat : perancangan dan evaluasi antar muka pemakai (user interface). Antarmuka pemakai adalah bagian system komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Sistem yang efektif menghasilkan rasa keberhasilan, kompetensi, penguasaan, dan kejelasan dalam komunitas pemakai.
TUJUAN Fungsionalitas yang semestinya. # Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan. # Sistem dengan fungsionalitas berbahaya : implementasi, pemeliharaan, belajar dan penggunaan sulit.
TUJUAN Kehandalan, ketersediaan, keamanan, integritas data. # Kehandalan (reability) : berfungsi seperti yang diinginkan. # Ketersediaan (avaibility) : tersedian ketika hendak digunakan. # Keamanan (security) : terlindung dari akses yang tidak diinginkan dan kerusakan yang disengaja. # Integritas data (data integrity) : keutuhan data terjamin
TUJUAN Standardisasi, integrasi, konsistensi, portabilitas # Standardisasi : keseregaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda. Gunakan standar industri yang ada. # Integrasi : keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools. # Konsistensi : keseragaman dalam suatu paket aplikasi. # Porbalitas: dimungkinkan data dikonversi pada berbagai hardware dan software.
TUJUAN Penjadualan dan anggaran # Perencanaan yang hati-hati dan manajemen yang berani diperlukan karena proyek harus sesuai jadual dan dalam anggaran.