BAB 3 PERANTI MASUKKAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
03 Peranti Masukan Dosen: Muniardi, S.Kom. Jenis-jenis peranti masukan
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
KOMPUTER HARDWARE.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Perangkat keras teknologi informasi
ALAT-ALAT INPUT.
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
Bab 4 Input dan Output.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERANGKAT KERAS MASUKAN
PERALATAN INPUT KOMPUTER
Pengantar Teknologi Informasi
APLIKASI KOMPUTER PER - 3
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Multimedia
LOGO DEDED RAMAD KAMDA,S.KOM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
COMPUTER HADRWARE PERTEMUAN 3 : PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI AHMAD FARISI, S. KOM.
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
H A R D W A R E K O M P U T E R.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Hardware: Input and Output
PIRANTI INTERAKSI.
TEKNIK ANTARMUKA.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
PERANGKAT INPUT TONY ROHMAN.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Definisi hardware input
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Input & Output Devices Bab V.
PERALATAN INPUT(INPUT DEVICE)
Pengantar Teknologi Informasi
PERTEMUAN 7 Pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
PERANGKAT KERAS Komponen Alat Masukan (input device)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Komponen Sistem Komputer
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

BAB 3 PERANTI MASUKKAN

DEFINISI Secara Terminologi Peranti masukan (bahasa Inggris: input device), sedangkan menurut Etimologi, Piranti Masukan (Input Device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. 

JENIS PIRANTI MASUKKAN PAPAN KETIK a. KEYBOARD Berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan yang dapat dipakai mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai perangkat masukan dan merupakan perangkat yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card). 

b. ATM ( AUTOMATED TELLER MACHINE ) Biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Perangkat ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang.

c. POS ( POINT OF SALE ) Merupakan perangkat yang digunakan pada toko-toko untuk memasukan data pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit atau fkartu debit.

PIRANTI PENUNJUK a. MOUSE Mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus.

b. TRACK BALL Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik. Sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak.

c. POINTING STICK Pointing Stick/Tongkat Penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B'. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna. Yang sesuai "mouse" tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah spasi . Hal ini juga ditemukan pada mouse dan beberapa keyboard lainnya.

d. TOUCHPAD Touchpad atau Trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner yang biasanya digunakan pada laptop. Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan menekan pada pad.

e. TOUCH SCREEN Touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dan atau menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari-jari atau beberapa alat bantu lainnya.

f. JOYSTICK Joystick atau Tuas Kendali adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

g. LIGHT PEN Joystick atau Tuas Kendali adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

h. DIGITAZING TABLET Graphic Tablet adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

PIRANTI PENGAMBIL GAMBAR TERFORMAT a. BARCODE READER Pembaca barcode (atau barcode scanner) adalah sebuah alat elektronik untuk membaca barcode. Seperti flatbed scanner, terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.

b. MAGNETIC INK CHARACTER RECOGNITION Karakter MICR dicetak dalam tipografi khusus dengan tinta magnetik atau toner, biasanya mengandung oksida besi . Sebagai teks mesin MICR decode, pertama magnetizes karakter dalam bidang kertas. Kemudian karakter yang melewati kepala membaca MICR, sebuah perangkat yang mirip dengan kepala pemutaran tape recorder . Karena setiap karakter melewati kepala itu menghasilkan unik gelombang yang dapat dengan mudah diidentifikasi oleh sistem.

c. OPTICAL MARK RECOGNITION Teknik untuk mendeteksi keberadaan kertas yang ditandai dengan warna hitam, contohnya kertas ujian nasional yang mengisi nya menggunakan pensil 2b, pensil 2b tersebut memiliki beberapa unsur sehingga ketika kertas ujian discan menggunakan OMR bekas coretan yang ada pada kertas ujian tersebut akan dipantulkan. OMR sering juga digunakan untuk entri data.

d. OPTICAL CHARACTER RECOGNITION Teknik yang digunakan untuk mengedit file printer atau gambar yang diambil dari scanner, tekhnik OCR ini memerlukan software yang mampu melakukan tekhnik OCR.

PIRANTI MASUKKAN TIDAK TERFORMAT a. IMAGE SCANNER Dalam komputasi, image scanner sering disingkat hanya scanner yaitu perangkat optikal yang berfungsi memindai gambar, teks tercetak, tulisan tangan, dan objek yang mengkonversinya menjadi citra digital.

b. KAMERA DIGITAL Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensor CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

c. PEMBACA RETINA MATA

d. PEMBACA SIDIK JARI Pengenalan sidik jari atau otentikasi sidik jari mengacu pada otomatis metode verifikasi pertandingan antara dua manusia sidik jari. Sidik jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi identitas. 

PIRANTI MASUKKAN SUARA a. MIKROFON Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi- energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

b. AUTOMATIC SPEECH RECOGNITION Dalam ilmu komputer, speech recognition (SR) adalah terjemahan dari kata-kata yang diucapkan menjadi teks. Hal ini juga dikenal sebagai "pengenalan suara otomatis", "ASR", "komputer pengenalan suara", "pidato ke teks", atau hanya "STT". 

c. TOUCH TONE  Touchtone atau biasa disebut DTMF (Dual Tone Multi Frequency) adalah piranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk masukan informasi atau perintah. Pada prakteknya, touchtone tidak bekerja sendirian, tetapi dirangkai dengan piranti-piranti lainnya guna mengendalikan atau menjalankan sebuah makro komputer secara otomatis atau dari jarak jauh.

BAB 3 AL HAVIZ FAUZI ALDO MALENA PUTRA HAWU