Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SI122 Interaksi Manusia dan Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SI122 Interaksi Manusia dan Komputer"— Transcript presentasi:

1

2 SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 3 Season 1

3 Faktor Manusia Saluran masukan-keluaran : Belajar Penglihatan Berfikir
Membaca Mendengar Suara Sentuhan Gerakan Otak manusia Belajar Berfikir Pemecah masalah Ketrampilan Kesalahan dan model mental Psikologi kognitif dan desain sistem interaktif

4 Faktor Komputer Komputer dikenal sebagai elemen yang membantu manusia dalam mengerjakan tugas dan berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer. Untuk bisa memahami interaksi manusia dan komputer maka kita perlu memahami komputer dan bagaimana komputer bekerja.

5 Proses user dan komputer

6 Tugas Komputer : Menerima input Memproses input sesuai perintah
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan Menyediakan output dalam bentuk informasi Memberikan informasi Bekerja secara otomatis

7 Komputer juga disebut sebagai sistem elektronik yang dapat dipergunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah intruksi yang tersimpan dimemori

8 Komponen Komputer Input Devices
memasukkan teks melalui keyboard, speech, dan handwriting menunjuk melalui mouse perangkat penunjuk 3D layar sentuh (touchscreen) pena cahaya (light pen)

9 Komponen Komputer (lanj…)
2. Output devices a. layar (monitor), soundsystem b. pemindai (scanner) c. printer 3. Memory a. memori jangka pendek, yaitu RAM b. memori jangaka panjang, disk magnetik dan disk optik

10 Komponen Komputer (lanj…)
3. Processing a. terlalu cepat b. terlalu lambat

11 Piranti Input/Output Sama halnya dengan manusia, komputer juga bisa menerima masukan secara langsung dan tidak langsung. Direct input (masukan langsung) : mouse dan keyboard Indirect input (masukan tidak langsung) : scanner dan network

12 Masukan secara tidak langsung pada dokumen seperti pemindai dokumen dan download database. Indirect I/O secara normal lebih cepat dibandingkan dengan direct I/O, karena komputer alam melakukan pengontrolan terhadap kecepatan tidak dapat dikontrol oleh manusia. Hal ini disebut dengan Batch input.

13 Sistem Input Komputer Batch Input : digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih besar pada komputer. Hal ini dapat dilakukan karena informasi lebih banyak ditangani oleh komputer dan hanya memerlukan sedikit campur tangan manusia Interactive input : dimasukkan oleh user yang berada didepan komputer, hal ini terjadi dikarenakan :

14 Interaksi manusia mesin menggunakan informasi untuk melakukan manupulasi data sebagai bagian dari proses interaksi Masukan teks Pointing 3D input

15 Perangkat Input Teks : Keyboard : komponen penting bagi komputer untuk memasukkan input ke komputer dengan melakukan penekanan pada tombol-tombol keyboard. Keyboard biasa mempunyai kabel yang tersambung kekomputer, namun saat ini ada keyboard yang tidak memiliki kabel, yaitu keyboard wireless . Keyboard bisa menjadi piranti masukuna yang cepat tergantung dari user yang menggunakannya

16 Tombol keyboard umumnya terdiri dari embat bagian : tombol fungsi, tombol alfanumerik, tombol kontrol dan tombol numerik

17 Jenis-jenis layout keyboard :
QWERTY layout : keyboard qwerty sangat luas pemakaiannya walau memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan dalam penggunaannya. Alphabetic layout : keyboard dengan layout alfabetik merupakan keyboard yang didasarkan pada lafabet bagi negara yang memiliki bahasa selain dari alfabet yang ada, misalnya : arab,rusia,cina dan korea

18 DVORAK layout : design keyboard yang efektif karena tombol karakter sering muncul ditempatkan pada jari-jari yang dominan. Chord Layout : keyboard dengan layout chord juga jarang digunakan user walau lebih efektif karena menggunakan sedikit tombol dan huruf karena diketikan sebagai kombinasi dari penekanan tombol

19 Special layout : dibuat untuk membantu mereka yang memerlukan keyboard khusus, seperti keyboard maltron untuk mereka yang kidal. Dengan keyboard ini user kidal tidak akan terlalu lelah bila dibanding menggunakan keyboard keyboard jenis lain. Keyboard proyeksi : keyboard ini dkembangkan untuk menghemat tempat karena keyboard konvensional membutuhkan tempat yang cukup luas diatas meja

20 B. Keyboard Jari : keyboard ini digunakan hanya dengan menggerakkan jari-jari tangan, tidak harus diatas suatu permukaan, sesuai dengan gerakan jari-jari tangan di keyboard dan sensor akan mengenali tombol yang diinginkan user. Teknologi yang digunakan oleh keyboard ini adalah Bluetooth Wireless networking technology

21 C. Kitty : sejenis keyboard yang berfungsi untuk memasukkan data ke PDA, Pocket PC dan Wearable Computer yang telah dikembangkan oleh University of California di Irvine D. Cursor Key : merupakan suatu fungsi yang selalu ada disetiap keyboard, fungsinya untuk menunjukkan arah dalam melakukan interaksi dengan komputer.

22 E. Phone Pad : alat komunikasi juga menggunakan pad, seperti halnya tombol-tombol yang ada pada keyboard, seperti juga telepon, phone cell, PDA dll. Pada telepon terdapat 9 tombol yang mewakili 26 alfabet dan 10 nomer. Numerik key menggunakan sistem multiple press (kelipatan penekanan tombol)

23 F. Numeric Keypad : digunakan untuk peranti masukan nomor secara cepat
G. Tombol Fungsi : digunakan unutk membuat user mudah dalam melakukan perintah yang telah di atur oleh komputer dengan hanya sekali tekan Keuntungan dari tombol fungsi : Mengurangi beban ingatan Mudah dipelajari Lebih cepat, karena jumlah penekanan tombol berkurang Mengurangi / meminimalisir kesalahan

24 Pengenalan Tulisan Tangan :
Cara lain untuk memasukkan teks ke komputer adalah dengan teknologi pengenalan tulisan tangan (handwriting recognition). Teks yang ditulis dengan tangan dapat dimasukkan kedalam komputer dengan menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital

25 Pengenalan tulisan tangan memiliki permasalahan dalam mendapatkan semua informasi yang berguna seperti : Alur goresan Tekanan Perbedaan tekanan dan goresan Memilih penulisan gabungan ke dalam huruf yang terpisah Interpretasi huruf secara individu

26 Pengenalan Ucapan Pengenalan ucapan (speech recognition) merupakan teknologi di mana untuk mengetikkan teks, user tidak memerlukan keyboard karena sistem sudah didesain secara khusus untuk mengerjakan ssesuatu dengan perintah suara

27 Proses dari pengenalan suara :
User mendiktekan teks dengan menggunakan mikrofon Suatu analog ke digital converter (ADC) menerjemahkan gelombang suara menjadi suatu digital sehingga bisa diproses oleh komputer. Pengukuran suara meliputi : alunan, volume, kesunyian serta fonem dari input suara yang dimasukkan

28 Software yang digunakan unutk pengenalan ucapan membandingkan suara yang dimasukkan dengan database, apakah jenis suara yang diinputkan cocok dengan data yang ada Komputer akan menampilkan input suara yang dimasukkan dengan beragam bentuk tergantung dari software yang digunakan, bisa dalam bentuk suara, teks dan sebagainya

29 Peranti Penunjuk 2D 2D pointing devices merupakan alat bantu untuk memasukkan input ke dalam komputer. Contohnya : Mouse Trackball Joystick Eyegaze Touchscreen Digital tablet Keyboard

30 Mouse Sebagian besar mouse memiliki tiga tombol walau umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan tombol paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol, atau yang dikenal dengan istilah click tergantung pada objek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan sebuah click apabila pointer tidak mengenai area atau objek yang penting

31 Karakteristik Mouse : Pergerakan mendatar
Memiliki tombol, biasanya ada 1 dampai 3 tombol dibagian atas yang berfungsi untuk memilih, mengindikasikan suatu pilihan atau mengawali gambar dll.

32 Sistem Kerja Mouse Mekanik :
a. bola didalam mouse bergerak saat mouse digerakkan b. menggerakkan potensiometer ortogonal c. dapat digunakan pada hampir semua permukaan data

33 2. Optik : a. led (light emiting diode) yang ada didalam mouse b
2. Optik : a. led (light emiting diode) yang ada didalam mouse b. penempatannya menyerupai alas mouse di meja c. Rentan terhadap debu dan kotoran d. mendeteksi perubahan fluktuasi intensitas yang terefleksi saat mouse digerakkan pada bidangnya

34 Trackball Prinsio kerja trackball hampir sama dengan mouse, perbedaannya terletak pada konfigurasi. Pada mouse, user harus menggerakkan seluruh badan, sedangkan trackball, badan trackball tetap diam, user hanya menggerakkan bola untuk memindai kursor

35 Joystick Merupakan piranti yang mempunyai fungsi hampir sama dengan mouse, gerakkan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas dan tombol-tombol yang ada pada joystick. Joystick banyak digunakan untuk menggerakkan karakter-karakter pada permainan komputer (game), seperti permainan pesawat, mobil balap, sepak bola dll

36 Layar Sentuh (Touch Screen)
Merupakan alat input yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse dan keyboard. Touchscreen sangat sensitif terhadap sentuhan, bisa mendeteksi adanya jari-jari atau pena utnuk menulis di layar. Keuntungan TouchScreen : Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus Sangat baik dalam epmilihan menu Layak unutk penggunaan dalam lingkungan yang bersihdan aman

37 Kerugian dari penggunaan touchscreen :
jari-jari dapat mengotori layar Tidak presisi karena jari-jari merupakan instrumen tumpul sehingga sulit untuk memilih daerah kecil atau untuk menggambar secara akurat Menimbulkan kelelahan pada lengan dan mata karena harus berada pada posisi yang dekat dengan layar

38 SEKIAN dan TERIMA KASIH


Download ppt "SI122 Interaksi Manusia dan Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google